PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XII IIK 2 ERA PANDEMI MAN 4 JOMBANG

  • Fatatin Nuriana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Google Classroom, Hasil Belajar, model Problem Based Learning

Abstract

In the era of the covid 19 pandemic, all activities including learning must be done from home. As a result, not a few students' learning outcomes are low. One of the factors is the implementation of models and the use of learning media, especially in the Islamic Culture History Subject. Thus, educators must develop creativity and innovate in learning by utilizing technology with google classroom as an online learning medium and present interesting learning models such as problem based learning models. The results of this research are: 1) planning the use of google classroom to improving learning outcomes of problem.based.learning models,.is by compiling lesson plans, compiling teaching materials, preparing teaching media, and making learning outcomes measuring tools. 2) implementation the use of google classroom to improving learning outcomes of the problem based learning model was carried out in 2 cycle stages with pre action pretest, posttest in cycles I and II. 3) evaluation the use of google classroom to improving learning outcomes of the problem.based.learning.model there is an increase in learning outcomes from pretest to cycle I with average values, namely pretest (67,5), posttest cycle I (75) and posttest cycle II (93,5).

 

Abstrak

Di era pandemi covid 19, segala aktivitas termasuk pembelajaran harus dilakukan dari rumah. Akibatnya, tidak sedikit hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Salah satu faktornya yaitu penerapan model dan penggunaan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran SKI. Sehingga, pendidik harus mengembangkan kreativitas dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan google classroom sebagai media belajar daring dan menyuguhkan model pembelajaran menarik seperti model problem based learning. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan penggunaan google classroom dalam meningkatkan hasil belajar model problem based learning yaitu menyusun RPP, bahan/materi ajar, menyiapkan media ajar, dan membuat alat ukur hasil belajar. 2) Pelaksanaan penggunaan google classroom dalam meningkatkan hasil belajar model problem based learning dilakukan 2 tahap siklus dengan pra tindakan pretest dan posttest pasca tindakan di siklus I dan II, 3) Evaluasi penggunaan google classroom dalam meningkatkan hasil belajar model problem based learning ada peningkatan hasil belajar dari pretest hingga siklus I dengan nilai rata-rata, yaitu pretest (67,5), posttest siklus I (75) dan posttest siklus II (93,5).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, d. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Dewi, W. A. (April 2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 56.

Dewi, W. A. (April 2021). “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 56.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ernawati. (2018). Skripsi: “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan”. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Fahyuni, N. d. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fauzi, A. M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Bidang Pendidikan Agama Islam Teori dan Praktik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fitrianingtyas, A. (Agustus 2017). “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discoveru Learning Siswa IV SDN Gedanganak 02”. e-jurnalmitrapendidikan, Vol. 1, No. 6, 710.

Haidir.dan.Salim. (2012). Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan: Perdana Publishing.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ichsan, A. S. (Juli 2020). “Pandemi Covid -19 dalam Telaah Kritis Sosiologi Pendidikan”. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 7, No. 2, 99.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV. Budi Utama.

Rasyid, A. (2018). “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi”. Scolae: Journal of Pedagogy, Vol. 1, No. 1, 18.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sabara, S. d. (n.d.). “Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran”. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar ‘Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual’, 122.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syahmahasadika, A. (2021). Skripsi: Penggunaan Metode Inquiry Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Nganjuk. Malang: ethesis UIN Malang.

Ubaidah, C. (Maret 2021). “Best Practice Penggunaan Google Classroom dan Whatsapp Group sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Seni Budaya". Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 117.

Vania Sartika Putri Lahinda, d. (April 2021). “Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Masyarakat tentang Kebijakan Pemerintah dalam Upaya Pengendalian Corona Virus Disease 2019”. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, Vol. 2, No. 2, 32.

Wahyu Purwanto, d. (September 2016). “Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol.1, No. 9, 1700.

Zaman, B. (Januari-Juni 2020). “Penerapan Active Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI”. Jurnal As-Salam, Vol. 4, No. 1, 16.

PlumX Metrics

Published
2022-11-27
How to Cite
Nuriana, F. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XII IIK 2 ERA PANDEMI MAN 4 JOMBANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 345-370. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1662