KONSEP MODERASI BERAGAMA: Perspektif Husein Ja'far Al Hadar dan Urgensinya pada Pendidikan Agama Islam

  • Annisa Nur Fadilah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Keywords, Understanding, Husein, Religious Moderation, PAI, UUD 1945

Abstract

The Concept of Religious Moderation in the Perspective of Husein Ja'far Al Hadar and Its Relevance to Islamic Religious Education and the 1945 Constitution (The Study of God's Book Library in Your Heart) No exception to the conception of religious moderation in the book There is God in Your Heart by Habib Husein Ja'far Al Haddar this is a hot topic of discussion. From his perspective book, we can then draw a clear conclusion, namely that Islamic teachings are not only approached through literal understanding but also require horizontal practice, namely joint practice with other humans. Habib Husein in his book describes the phenomena that are currently happening in a practical way but still sourced from classic books, namely the Al-Quran and hadith. This research uses the library study method. The results of this study, the concepts presented related to diverse moderation are closely related to Islamic Religious Education and the 1945 Constitution.

 

Abstrak

Konsep Moderasi Beragama Perspektif Husein Ja’far Al Hadar dan Relevansinya Pada Pendidikan Agama Islam dan UUD 1945(Studi Pustaka Buku Tuhan ada Di Hatimu) Tak terkecuali dengan konsepsi moderasi beragama yang ada pada buku ada Tuhan di Hatimu karya Habib Husein Ja’far Al Haddar ini menjadi sebuah perbincangan yang hangat. Dari buku perspektif beliau ini kita dapat kemudian ditarik benarnag merah yakni ajaran Islam itu tidak hanya didekati melalui pemahaman yang leterlek namun juga memerlukan praktik secara horisoantal yakni praktik bersama dengan manusia yang lain. Habib Husein dalam bukunya tersebut menjabarkan fenomena yang sedang terjadi saat ini dengan praktis namun tetap bersumber kepada kitab klasik yakni Al-Quran dan hadits. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka. Hasil dari penelitian ini kosnep yang disajikan terkait moderasi beramagam berkaitan erat dengan Pendidikan Agama Islam dan konstitusi UUD 1945

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Muhammad Fathul. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 9 Malang.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/22615.

Cariustad. “Husein Ja’far Al Haddar.” 2020-12-02. Last modified 2022. https://cariustadz.id/ustadz/detail/Husein-Ja’far-Al-Hadar.

al Faruq, Umar dan Dwi Noviani.2021.Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme Di Lembaga Pendidikan. Taujih 14, no. 01. hal. : 59–77.

Fauzi, Afif. 2020. Beragama Dalam Bingkai Indonesia.” BDK Jakrta Kemenag RI. Last modified. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/beragama-dalam-bingkai-indonesia.

Habibie, M Luqmanul Hakim, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, and Anggoro Sugeng.2021. Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 1.hal: 121–141.

Hadar, Husein Ja’far Al.2022. Ada Tuhan Di Hatimu. 9th ed. Jakarta Selatan: Penerbit Noura Books PT Mizan Publika.

Majid, Abdul.2014.Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Mohammad, Dicky Zulfikar. 2020. “Tuhan Ada Di Hatimu, Bukan Di Masjid Atau Di Tembok Ratapan.” 3 AgustusLast modified 2022. https://islami.co/tuhan-ada-di-hatimu-cara-habib-husein-jafar-berdakwah-dengan-cinta/.

Muhaimin.2012.Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Ramanda, Riskha, Zarina Akbar, and R. A. Murti Kusuma Wirasti.2019.Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 5, no. 2 hal: 121.

Susanto, Mei.2021.Kedudukan Dan Fungsi Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945: Pembelajaran Dari Tren Global.” Jurnal Legislasi Indonesia 18, no. 2 hal: 184.

Umar, Achsanul. 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Buku Tak Di Kabah Di Vatikan Atau Ditembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Jafar Al-Hadar Skripsi. Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto:Uin Saifudin Pres

PlumX Metrics

Published
2022-11-27
How to Cite
Fadilah, A. (2022). KONSEP MODERASI BERAGAMA: Perspektif Husein Ja’far Al Hadar dan Urgensinya pada Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 317-333. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.2115