EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI FIQHLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI TATA CARA SHALAT JENAZAH

  • M Imamul Muttaqin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lutfi Uzlifatul Jannah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Fiqhline, Prayer of the Body, Motivation to Learn

Abstract

The cause of the students' lack of understanding of the material presented is that the teacher explains the material only using the lecture method, e-learning is difficult to access and in delivering the material only uses PPT (Power Point) media which makes students less understanding and less enthusiastic in participating. learning activities because they seem monotonous and saturated in the explanation of the material. The results of the development of the FIQHLINE application after being tested on class X Religion 1 MAN 1 students above, it can be concluded that the average pre-test and post-test is 8.706. Furthermore, based on the results of the t-test analysis obtained T count of 13.356 with a significance of 0.000. The T table value with 5% significance is 2.032 with a significant value less than 0.05 (p = 0.000). From the explanation above, it can be interpreted that there is a significant increase in student learning outcomes for class X Religion 1 MAN 1 Ponorogo .. So it can be interpreted that the FIQHLINE application learning media can improve student learning outcomes so that it is effective for growing student learning motivation.

 

Abstrak

Penyebab dari kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan yaitu guru menjelaskan materi hanya dengan metode ceramah, e-learning yang susah diakses serta dalam penyampaian materi hanya menggunakan media PPT (Power Point) yang mana hal tersebut menjadikan siswa menjadi kurang paham dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena terkesan monoton dan jenuh dalam penjelasan materi. Hasil dari pengembangan aplikasi FIQHLINE setelah diuji cobakan terhadap siswa kelas X Agama 1 diatas dapat disimpulkan bahwasannya rata-rata pre test dan post test yaitu 8,706. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh T hitung sebesar 13,356 dengan signifikasi 0,000. Nilai T table dengan signifikasi 5% yaitu 2,032 dengan nila signifikan kurang dari 0,05 (p = 0,000). Dari pemaparan diatas dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan secara signifikan pada hasil belajar siswa kelas X Agama 1. Sehingga dapat diartikan media pembelajaran aplikasi FIQHLINE dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga efektif untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, Haris. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2017): 75–83.

Budiyono Saputro. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.

Rifa’i, Mohammad. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Cet. II. Semarang: Karya Toha Putra, 2014.

Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran, Teori Dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana, 2010.

Sarwat, Ahmad. Fiqih Shalat Jenazah. Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Sugianti, Yudi Hari Rayanto dan. Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori Dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Akademik dan Research Institute, 2020.

Suprapti, Sri. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018.” Jurnal Pendidikan 30, no. 3 (2021): 463. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1717.

Surahman, Ence, and Herman Dwi Surjono. “Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4, no. 1 (2017): 26. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723.

Woodill, G. The Mobile Learning Edge: Tools and Technologies for Developing Your Teams. New York: McGraw-Hill, 2011.

PlumX Metrics

Published
2022-09-15
How to Cite
Muttaqin, M., & Jannah, L. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI FIQHLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI TATA CARA SHALAT JENAZAH. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 177-187. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i2.2198