PENGOPTIMALAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI MELALUI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA PROBOLINGGO

  • Irma Agustiana Agustiana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Hasil belajar, teknologi, quizizz, peserta didik.

Abstract

The rapid development of technology must of course be followed by proper utilization. However, the optimization of technology in learning is not implemented and is actually used for things that are less useful. This actually causes technology to be considered a bad influence on learning. One of the efforts to optimize technology and improve student learning outcomes is to use learning technology. Quizizz is an effort that can be used to improve learning outcomes, especially in the subject of Islamic Cultural History (SKI). This research uses Classroom Action Research (CAR). This research was conducted at MAN 1 Probolinggo City with the research subject being class X-A, totaling 20 students. The results of this study indicate that quizizz can improve student learning outcomes. The first cycle of the study showed an average of 83.4 learning outcomes and increased to 93.8 in the second cycle. So it can be said that quizzz is one of the efforts that can be used to improve student learning outcomes

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat tentunya harus diikuti dengan pemanfaatan yang tepat. Meskipun demikian, optimalisasi teknologi dalam pembelajaran kurang dilaksanakan dan justru digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Hal itu justru menyebabkan teknologi justru dianggap berpengaruh buruk bagi pembelajaran. Salah satu upaya untuk dapat mengoptimalkan teknologi dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan teknologi pembelajaran yang menarik. Quizizz merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Probolinggo dengan subjek penelitian adalah kelas X-A yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Siklus pertama penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar 83,4 dan meningkat menjadi 93,8 pada siklus kedua. Sehingga dapat dikatakan bahwa quizizz merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, Kunti Dian Ayu, and Meirza Nanda Faradita. “Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19.” Proceeding, 2020, 209–18.

Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 123–33. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Aini, Vera Nur. “Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Kelas VIII Di MTsN 1 Kota Surabaya.” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi 1, no. 3 (2021): 1–8.

Noor, Sugian. “Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Hayati 6, no. 1 (2020): 1–7.

Purba, Leony Sanga Lamsari. “Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 1 (2019): 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028.

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ| 4, no. 2 (2020): 163–73.

Sulastri, Imran, and Arif Firmansyah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di.” Jurnal Kreatif Online 3, no. 1 (2014): 90–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf.

Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati, and Nyata. Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, Dan Mudah. Bandung: Alfabeta, 2020.

Tekege, Martinus. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire.” Jurnal Teknologi Dan Rekayasa 2, no. 1 (2017): 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38.

Wijaya, Candra, and Syahrum. Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Medan: Citapustaka Media Perintis, 2013.

Yaumi, Muhammad. “Terminologi Teknologi Pembelajaran.” Terminologi Teknologi Pembelajaran 5, no. 1 (2016): 191–208. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/download/3471/3259.

Published
2022-11-30