IMPLEMENTASI MODEL KURIKULUM KUTTAB DALAM MEMBANGUN PERILAKU KETAUHIDAN SANTRI: Studi Kasus di lembaga pendidikan Kuttab Al Fatih Malang

  • Nurul Izzah UIN Malang
  • Triyo Supriyatno Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Keywords: Implementation; Kuttab Curriculum; the Oneness of Allah SWT Behavior, Kata-Kata Kunci: Implementasi; Kurikulum Kuttab; Perilaku Ketauhidan

Abstract

This study aims to investigating more deeply the implementation of the Kuttab Al- Fatih Malang curriculum in developing students' onesses of Allah Subhanahu wa Ta’ala behavior. The researcher uses a qualitative field research model with descriptive research method. Through this method and approach, the researcher come right away to Kuttab Al- Fatih Malang to obtain data. To obtain data, the researchers uses instruments, namely: observation sheets, field notes, a voice recorder for interview, and camera to take pictures as documentation. The data obtained are analyzed through the sequences of data collection, data reduction, then interpreting the data, and ended by making conclusions. The result of the study proves that the planning, implementation and evaluation process as a form of managing the Kuttab curriculum are carried out using the concept of Faith before Al Qur'an. The planning of Kuttab activities is designed based on a module that focuses on developing Faith. The way teachers teach at Kuttab refers to the book Ar Rasul al Mu'allim, always instilling muraqabatullah related to his divine values. The implementation of the faith teaching is able to develop onesses of Allah Subhanahu wa Ta’ala behavior so that the students' longing for the Al Qur'an is increasingly formed. The dialogue method of faith and nature is used as washilah in growing the oneness of Allah SWT. behavior of the students through tafakkur of the universe as well as tadabbur of Al Qur’an verses that are adapted to the sub themes-of learning. Meanwhile, the evaluation model in the Kuttab curriculum uses two types of assessment, namely the assessment of courtesy and the assessment of students' understanding. The taking of these two scores is found in the daily score (60%) and the Final Semester Test scores (40%). The form of the questions that are given can be in the form of integration questions and general science.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam implementasi kurikulum Kuttab Al-Fatih Malang dalam membangun perilaku ketauhidan santri. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan metode deskriptif research. Melalui metode dan pendekatan tersebut peneliti sebagai instrumen utama akan terjun langsung ke Kuttab Al Fatih Malang untuk mendapatkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan di analisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, kemudian menginterpretasikan data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan perencanaan, proses implementasi dan evaluasi sebagai wujud dari pengelolaan kurikulum Kuttab dilaksanakan menggunakan konsep Iman sebelum Alquran. Perencanaan kegiatan Kuttab dirancang sesuai modul yang berfokus pada penggemburan Iman. Cara mengajar guru di Kuttab merujuk pada kitab Ar Rasul al Mu’allim, selalu menanamkan muraqabatullah terkait dengan tauhidnya. Pengimplementasian pengajaran Iman mampu membangun perilaku ketauhidan sehingga rasa rindu santri kepada Alquran semakin terbentuk. Metode dialog Iman dan alam dijadikan wasilah dalam menumbuhkan tauhid para santri, melalui tafakkur alam dan tadabbur ayat Alquran yang disesuaikan pada subtema pembelajaran. Sedangkan model evaluasi dalam kurikulum Kuttab menggunakan dua jenis penilaian yaitu penilaian adab dan penilaian pemahaman santri. Pengambilan kedua nilai tersebut terdapat dalam nilai harian (60%) dan nilai UAS (40%). Bentuk soal yang diberikan dapat berupa soal integrasi dan per murofaqot.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Machmud.Model-model Layanan.Jakarta: Perpustakaan Sekolah Luar Biasa, 2008.

Amini, AA, Yu rnita, SY, & Hasnidar, HH.”The Development of Character Education ModelTrough an Integrated Curriculum at Elementary Education Level in Medan City”.International Journal on Language, Research and Education Studies 1, no. 2 (2017): 298– 311.

Amir, AZ.Kurikulum Kuttab Al Fatih Pembangkit Peradaban Islam.Abana Online, 2017. Aziz, Abdul dan Humaizi.“Implementasi Kebijakan Publik Studi Tentang Kegiatan PusatInformasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara ”, Jurnal Dinas Kominfo pemerintah Provinsi Sumatera Utara 1, (2012): 4.

Badarudin.Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Purwokerto: UMP Press, 2020.

Baharun, Hasan.Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.Probolinggo: Pustaka Nurja, 2017.

Elias, AA.Good Character Comes Before Knowledge of Islamic Sciences, April 5.

Hermawan, Yudi Candra Wikanti Iffah Julianti, dkk.“Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam.”Jurnal MUDARRISUNA 10, no. 1 (2020): 37.

Hidayat, Rahmat.Ilmu Pendidikan Islam.Medan: LPPPI, 2016.

Husaini, Adian.Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045.Depok: Yayasan Pendidikan Islam At Taqwa, 2018.

Ida Novianti.Reorientasi Model Pendidikan Islam Klasik di Indonesia.Yogyakarta: Lontar Mediatama, 2018.

Kemdikbud.“Kamus Besar Bahasa IndonesiaDaringEdisiIII.”https://kbbi.web.id/implementasi Diakses tanggal 26 oktober 2021.

Matta, Muhammad Anis.Membentuk Karakter Cara Islam.Jakarta Timur: Al I’tishom Cahaya Umat, 2002.

Mawar, Indri.“Kurikulum Pendidikan Berbasis Tauhid: Landasan Filosofis dan Manajemen Kurikulum SMP ar Rohmah Putri Boarding School Malang.” Jurnal Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman 8, no. 2 (2019): 163-165.

Rusman.Manajemen Kurikulum.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Sayyida.”Ayat-ayat Tauhid terhadap Budaya Pemeliharaan Keris di Jawa (Studi Kasus Buku Mt. Arifin).”Journal of Qur’an and Hadith Studies 6, no 1(2017): 27.

Saidul Amin.”Eksistensi Kajian Tauhid dalam Keilmuan Ushuluddin.”Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 22, no.1 (2019): 76.

Trianto Ibnu Badar Al Tabany.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual.Jakarta: Kencana, 2017.

Yasin, Abu.Strategi Pendidikan.Bogor: Thariqul Izzah, 2012.

Yunus, Mahmud.Sejarah Pendidikan Islam: Dari zaman Nabi Muhammad Saw. Khalifah- khalifah Rasyidin, Bani Umayyah dan Abbasiyah sampai zaman Mamluks dan Utsmaniyyah Turki.Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1990.

PlumX Metrics

Published
2023-03-01
How to Cite
Izzah, N., & Supriyatno, T. (2023). IMPLEMENTASI MODEL KURIKULUM KUTTAB DALAM MEMBANGUN PERILAKU KETAUHIDAN SANTRI: Studi Kasus di lembaga pendidikan Kuttab Al Fatih Malang. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60-77. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i1.2498