MELACAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Keywords: Character Education Values, Animation Movie of Nussa, Islamic Education

Abstract

With the sophistication of technology, the process of inculcating character education values nowadays can be done by utilizing the movie as a media. The existence of this media will help the process of inculcating character education values in the society, especially for children and teenagers who often enjoy it. One of the most popular animation movies today is an animation movie created by Indonesia with a title “Nussa” which is shown on YouTube. The animation movie of Nussa contain many characters education values that are relevant to Islamic Education. Acording to the background, this research article focuses to determine: (1) character education values in animation movie of Nussa, and (2) the relevance of character education values in animation  movie of Nussa to Islamic Education values. This research uses a qualitative approach and it is a library research type. This research focuses on 5 episodes in animation movie of Nussa which is found in the second season. The data was collected through documentation technique and it was analyzed through content analysis technique, namely analyzing the contents of the dialogue among the characters, settings, and events contained in the movie. By using content analysis to analize the film, The authors come to the conclusion (1) there are 10 values of character education in animation movie of Nussa, namely religious value, honest value, tolerance value, creative value, curiosity value, appreciate achievement value, friendly/communicative value, environmental care value, social care value, and responsibility value. (2) Character education values in animation movie of Nussa have relevance to Islamic Education values. Religious value is relevant to faith value. Religious value, honest value, tolerance value, and social care value are relevant to sharia value. Religious value, honest value, tolerance value, creative value, curiosity value, appreciate achievement value, friendly/communicative value, environmental care value, social care value, and responsibility value are relevant to moral value.

Abstrak

Dengan kecanggihan teknologi, proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memanfaatkan media film. Keberadaan media film akan membantu proses penanaman nilai-nilai pendidikan  karakter di masyarakat, khususnya pada anak-anak dan remaja yang gemar menonton film. Salah satu film animasi yang digemari adalah film animasi buatan Indonesia yang berjudul “Nussa” yang ditayangkan di YouTube. Film animasi Nussa memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan dengan pendidikan Islam. Berdasarkan hal tersebut, artikel penelitian ini fokus untuk meneliti (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Nussa, dan (2) relevansiny dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research).  Penelitian ini berfokus pada 5 episode dalam film animasi Nussa yang terdapat pada musim kedua. Dengan menggunakan analisis isi (content analysis) untuk menganalisis film ini, penulis menyimpulkan (1) terdapat 10 nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa, yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai kreatif, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa memiliki relevansi dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Nilai karakter religius relevan dengan nilai akidah. Nilai karakter religius, jujur, toleransi, dan peduli sosial relevan dengan nilai syariat. Nilai karakter religius, jujur, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab relevan dengan nilai akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Lutfi Icke. “Nilai-Nilai Islam Dalam Serial Animasi Nussa.” Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2019.

Astuti, Riskiana Widi, Herman J Waluyo, and Muhammad Rohmadi. “Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences 2, no. 4 (2019): 215–19. doi:10.33258/birci.v2i4.610.

Demillah, Airani. “Peran Film Animasi Nussa Dan Rara Di Channel Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD.” Jurnal Interaksi 3, no. 2 (2019): 106–15. doi:10.30596%2Finteraksi.v3i2.3349.

Eko Irwantoro, Moch., Abd. Jalil, and Ach. Faisol. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2019): 65–71. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3195.

Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, and Andi Subhan Amir. “Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram.” Jurnal Komunikasi KAREBA 5, no. 2 (2016): 259–72. doi:10.1080/14639947.2015.1006801.

Faiqah, Nurul, and Toni Pransiska. “Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia Yang Damai.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (2018): 33–60. doi:10.24014/af.v17i1.5212.

Fattah, Abdul, and Benny Afwadzi. “Pemahaman Hadits Tarbawi Burhan Al Islam Al Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17, no. 2 (2016): 197–217. doi:10.18860/ua.v17i2.3831.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Istianah Istianah. “Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis.” Riwayah: Jurnal Studi Hadis 1, no. 2 (2015): 249–70. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/riwayah/article/view/1802.

Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya, 2004.

Malik, Abdul. “Reformulasi Pendekatan Pendidikan Islam Dalam Problem Kontemporer.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17, no. 1 (2016): 19–30. doi:10.18860/ua.v17i1.3384.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mujtahid, Mujtahid. “Model Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Perkuliahan Pada Jurusan PAI-FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17, no. 2 (2016): 230–52. doi:10.18860/ua.v17i2.3832.

Nugroho, Bekti Taufiq Ari, and Mustaidah Mustaidah. “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri.” Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2017): 69–90. doi:10.21043/jupe.v11i1.2171.

Nussa Official. “About Nussa.” Accessed December 19, 2019. https://www.nussaofficial.com/.

Purwanto, Yedi, Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifatanini, and Ridwan Fauzi. “Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education in Public Higher Education.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110–24. doi:10.32729/edukasi.v17i2.605.

Raharjo, Sabar Budi. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 3 (2010): 229–38. doi:10.24832/jpnk.v16i3.456.

Rijaluttaqwa, Hasan. “Penggunaan Metode Amśāl Qur’ani Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal Tarbawi 1, no. 2 (2012): 125–34. http://jurnal.upi.edu/file/05_Penggunaan_Metode_Amtsal_Qurani_-_Hasan.pdf.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2012.

Saputro, Anip Dwi. “Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17, no. 1 (2016): 110–33. doi:10.18860/ua.v17i1.3264.

Setiadi, Hari, and Muhyani Muhyani. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kesadaran Beragama Dan Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Sosial Media.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2020): 17–26. doi:10.24042/atjpi.v11i1.6310.

Suryadi, Rudi Ahmad. “Hadits: Sumber Pemikiran Tujuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 9, no. 2 (2011): 161–85. http://jurnal.upi.edu/file/06_Hadits_Sumber_Pemikiran_Tujuan_Pendidikan_-_Rudi.pdf.

Zubaedi, Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Zuhairini, Zuhairini. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah IAIN Sunan Ampel, 1985.

Published
2023-01-25