PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERWUDHU PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 1 KARANGNONGKO

  • Ina Fahyuna Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Marno Marno Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Indah Aminatuz Zuhriyah Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: Inquiry, Learning Outcomes, ablution

Abstract

This research is based on the problem of (a) Can the application of the inquiry learning model improve the learning outcomes of ablution material for class 1 students at SD Negeri 1 Karangnongko (b) How can the application of the inquiry learning model improve the learning outcomes for ablution material for class 1 students at SD Negeri 1 Karangnongko? Meanwhile, the objectives The results of this research are (a) To find out whether the application of the inquiry learning model can improve the learning outcomes of ablution material for class 1 students at SD Negeri 1 Karangnongko (b) To find out the application of the inquiry learning model in improving the learning outcomes for ablution material for class 1 students at SD Negeri 1 Karangnongko . This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is grade 1 students for the 2023-2024 school year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, pre-cycle (35%), cycle I (65%), cycle III (85%). The conclusion of this research is that the application of the Inquiry learning model has a positive effect on the learning outcomes of grade 1 students at SD Negeri 1 Karangnongko and this learning model can be used as an alternative PAI learning

 

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar materi berwudhu  peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Karangnongko (b) Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar materi berwudhu peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Karangnongko Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar materi berwudhu  peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Karangnongko (b) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar materi berwudhu peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Karangnongko. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tahun pelajaran 2023-2024.  Data  yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (35%), siklus I (65%), siklus III (85%). Simpulan dari penelitian ini Penerapan model pembelajaran Inkuiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Karangnongko serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanafiah, N & C. Suhana. 2019. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wena, M. 2019. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabani. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. 2016. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nasih, A & L. Kholidiah. 2009. Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama

Suyanto, Kasihani K.E. 2002. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Refleksi Pengajaran. Malang: PPS-Universitas Negeri Malang

Hairawati, 2021 . “Meningkatkan Kemampuan Praktik Wudhu Menggunakan Metode Inquiry Learning Terbimbing” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 1 No. 1

PlumX Metrics

Published
2023-06-26
How to Cite
Fahyuna, I., Marno, M., & Zuhriyah, I. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERWUDHU PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 1 KARANGNONGKO. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 172-180. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i2.6939