PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGAK KECAMATAN PAGAK

  • Trifika Hidayati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, SD Negeri 1 Pagak
  • Ahmad Sholeh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muh Hambali Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: TGT, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Asmaul Husna

Abstract

This research is based on the problem (1) How does the TGT (Teams Games Tournament) learning model apply in improving the learning outcomes of Class IV students for the 2022/2023 academic year on the Asmaul Husna Noble Example material? (2) How can the learning outcomes of noble Asmaul Husna's exemplary material be improved through the application of the TGT (Teams Games Tournament) learning model for Class IV students at SD Negeri 1 Pagak for the 2022/2023 academic year? Meanwhile, the objectives of this research are (1) To describe the application of the TGT (Teams Games Tournament) learning model in improving the learning outcomes of Class 4 students for the 2022/2023 academic year on the material of Asmaul Husna's Noble Example. (2) Describe the improvement in learning outcomes of Class 4 students for the 2022/2023 academic year on the Noble Asmaul Husna Example material through the application of the TGT (Teams Games Tournament) learning model. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: Action Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class IV students for the 2022-2023 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the analysis results, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, cycle I (67%), cycle II (93%). Conclusions from this research 2. Learning PAI material from Mulia Asmaul Husna's Example in class IV of SD Negeri 1 Pagak through the TGT Learning Model for class IV students of SD Negeri 1 Pagak has encouraged an increase in student learning outcomes. This can be proven by the increase in the value of the percentage of completeness of students, where in the pre-cycle the percentage of completeness of students' learning outcomes only reached 33%, while in cycle I it increased to 67%, and in cycle II it increased again to 93%. This shows that the Class Action Assessment research was declared successful, because the target for achieving PTK completeness was 90% while the results exceeded the planned target, namely reaching 93%.

 

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IV tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi teladan mulia asmaul husna melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) peserta didik Kelas IV SD Negeri 1 Pagak Tahun Pelajaran 2022/2023 ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar pesertadidik Kelas 4 tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pesertadidik Kelas 4 tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Teladan Mulia Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan Tindakan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun pelajaran 2022-2023.  Data  yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (67%), siklus II (93%). Simpulan dari penelitian ini 2.   Pembelajaran PAI materi Teladan Mulia Asmaul Husna di kelas IV SD Negeri 1 Pagak melalui Model Pembelajaran TGT pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pagak telah mendorong peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai prosentase ketuntasan peserta didik yang pada pra-siklus prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya mencapai 33%, sementara pada siklus I meningkat menjadi 67%, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 93 %. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian Penilaian Tindakan Kelas dinyatakan berhasil, karena target pencapaian ketuntasan PTK adalah 90% sedangkan hasilnya melebih dari target yang direncanakan yaitu mencapai 93%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkarina Sofiyatudz, Dzikri. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH.” Undergraduate, UIN KH Achmad Siddiq Jember, 2023. http://digilib.uinkhas.ac.id/25258/.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, and Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2021.

Djamaroh, Saiful Bakri. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 1994.

Gagne, R.M. Kondisi Belajar Dan Teori Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti., 1989.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Hasanah, Uswatun, Rica Wijayanti, and Metty Liesdiani. “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3, no. 2 (November 13, 2020): 104–11. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334.

Hikmah, Msy, Yenny Anwar, and Riyanto Hamid. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA HEWAN KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG.” Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya 5, no. 1 (2018): 46–55. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049.

Isjoni. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2010.

Mahardi, I. Putu Yogik Suwara, I. Nyoman Murda, and I. Gede Astawan. “MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 2, no. 2 (September 6, 2019): 98–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821.

Rosihin, Rosihin. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI.” Paedagogie 16, no. 1 (December 23, 2021): 29–34. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4952.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018.

Shobirin, Ma’as, and Siti Rochmana. “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3 (December 29, 2017): 91. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.997.

Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2014.

Supriyono, Agus. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Susanna, Susanna. “Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI Man 4 Aceh Besar.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2017): 93–105. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832.

Sutrisno, Hadi. Metode Research I. Yogyakarta: Afsed, n.d.

Yulianto, Wisnu D., Kamin Sumardi, and Ega T. Berman. “MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK.” Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin) 1, no. 2 (2014): 323–30. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3820.

PlumX Metrics

Published
2023-06-23
How to Cite
Hidayati, T., Sholeh, A., & Hambali, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGAK KECAMATAN PAGAK. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 130-140. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i2.6944