PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT SISWA KELAS III SD NEGERI 1 DONOMULYO

  • Faridotul Khonifah Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Abdul Fattah Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Devi Pramitha Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: Learning Methods, Explicit Instruction,, Learning Outcomes

Abstract

This research aims to determine: 1) the application of the Explicit Instruction learning model. 2) improvement in PAI learning outcomes regarding the harmony between student movements and prayer reading after implementing explicit instruction for class III students at SD Negeri 1 Donomulyo. This research is classroom action research that uses a qualitative approach although the data analysis also uses a simple quantitative strategy which aims to describe the percentage increase in PAI learning outcomes regarding the harmony between movements and prayer readings for class III students at SD Negeri 1 Donomulyo. Data collection used in this research, namely. 1) observation. 2) Documentation. 3) Test. 4) interview. Then the results of this research are reviewed from planning, application or execution, observation and reflection to reach conclusions. The conclusions from the results of this research are: 1) Application of the Explicit Instruction learning model to class III A students at SD Negeri 1 Rejosari. The implementation of PAI learning in class III of SD Negeri 1 Donomulyo which is carried out by the teacher is in reality less than satisfactory. The application of the Explicit Instruction learning model to this subject can be accepted with positive responses from students which always increase significantly. Step-by-step learning of students' learning activities can actually improve PAI learning outcomes, including the harmony between movements and prayer readings for students to continue to be active in learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) peningkatan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa setelah diterapkan explicit instruction siswa kelas III SD Negeri 1 Donomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan strategi kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan persentase peningkatan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa kelas III   SD Negeri 1 Donomulyo. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni. 1) observasi. 2) Dokumentasi. 3) Tes. 4) wawancara. Kemudian Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sampai pada mencapai kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III A SD Negeri 1 Rejosari. Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas III SD Negeri 1 Donomulyo yang di laksanakan oleh guru pada realitanya kurang memuaskan. Penerapan Model pembelajaran Explicit Instuction terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan respon positif dari siswa yang selalu meningkat secara signifikan. Pembelajaran selangkah demi selangkah terhadap aktivitas belajar siswa ternyata dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa untuk terus aktif dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. “Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar.” Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2011. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14776294819761776666&hl=en&oi=scholarr.

Aqib, Zainal. Model-Model Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya, n.d.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, and Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2021.

Depdiknas. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, 2005.

———. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, 2016.

Dimyati, and Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Kesuma, Ameliasari T. Menyusun PTK Itu Gampang. Ciracas: Penerbit Esensi Erlangga Group, 2013.

Nurulwati. Model Pembelajaran. Bandung: Algesindo, 2000.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018.

Satori, Djam’an. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2014.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Indonesia, 2015.

Sutirman. Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2015.

Tirtonegoro, Sutratinah. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha 72 Nasional, 2011.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit kencana, 2009.

PlumX Metrics

Published
2023-08-10
How to Cite
Khonifah, F., Fattah, A., & Pramitha, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT SISWA KELAS III SD NEGERI 1 DONOMULYO. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 199-207. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i3.6949