UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SONOWANGI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN MALANG

  • Andika Bramantara Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ahmad Nurul Kawakip Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mohammad Asrori Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: Demonstration, Learning achievement, Friday prayer

Abstract

This research is based on the problem of (a) Can the application of the Demonstration method improve the learning outcomes of Friday Prayer material for class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi (b) How can the application of the Demonstration method improve the learning outcomes for Friday Prayer material for class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi? The results of this research are (a) To describe the process of implementing the demonstration method in improving student learning achievement in PAI subjects on Friday prayers at SD Negeri 1 Sonowangi. (b) To prove whether the application of the demonstration method in learning PAI Friday prayer material can improve learning achievement in class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class IV students for the 2023-2024 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the analysis results, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, pre-cycle (30%), cycle I (65%), cycle II (90%). The conclusion of this research is that efforts to increase learning achievement in Islamic jurisprudence on the main subject of Friday prayers through the demonstration method in class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi, Ampelgading District, Malang Regency are increasing. Therefore, we need an innovative way of packaging learning in delivering learning to students. One of them is by demonstrating or giving examples and carrying it out together so that students experience the experience of praying directly with the guidance of the teacher, and to strengthen their memorization of the prayer readings which are programmed before study time starts regularly together reading the prayer readings starting with intention, takbiratul Ikhram to greetings, this is done every two days alternating with reading juz Amma.

 

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi Shalat Jumat peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi (b) Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar materi Shalat Jumat peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat Jumat di SD Negeri 1 Sonowangi. (b) Untuk membuktikan apakah dengan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI materi shalat Jumat dapat meningkatkan prestasi belajar belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun pelajaran 2023-2024.  Data  yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (30%), siklus I (65%), siklus II (90%). Simpulan dari penelitian ini bahwa Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fikih Materi Pokok Shalat Jum’at Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV  SD Negeri 1 Sonowangi Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang meningkat. Oleh karena itu diperlukan suatu cara mengemas pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikan pembelajaran ke siswa. Salah satunya adalah dengan mendemosnstrasikan atau memberi contoh dan dilaksanakan bersama-sama sehingga siswa merasakan pengalaman melaksanakan shalat secara langsung dengan bimbingan guru, dan untuk memperkuat hafalan bacaan shalat di programkan sebelum jam belajar dimulai secara rutin secara bersama-sama membacara bacaan shalat mulai niat, takbiratul ikhram sampai dengan salam, hal ini dilaksanakan setiap dua hari sekali bergantian dengan membaca juz Amma.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud, UU RI NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta : Sinar Grafika, 2003

Suwaliyah, Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here SD Negeri 1 Sonowangi Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang, Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga : STAIN Salatiga, 2008

Ahmat Jazuli, Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keaktifan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoharjo Kec. Sedayu Kab.Bantu. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta : FITK UIN Sunan Kalijaga, 2010

Siti Zulaiklhah, Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui Strategi Reading Guide Pada Siswa Kelas V Di MI Negeri Karanganom Klaten. Skripsi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011

Haji Abdullah Siddik, Asas-Asas Hukum Islam, Jakarta : Widjaya Jakarta, 1982 Hasbi, Dasar-dasar Fiqih Islam, Medan: 1953

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remadja Rosdakarya, 1990

Soemanto, Wasty. Psykologi Pendidikan.Jakarta : Renika Cipta, 1983.

Sayekti Kartika, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surakarta : Pustaka Mandiri, 2000

Muchlisin Riadfi, pada Kamis, Oktober 2012, pukul 15.35, http:/w/ww.darussalaf.or.id /fiqih/hukum-Sholat-jumat (diakses senin, 17 februari 2014 jam,16.35).

Rifa’i, Moh, Ilmu Fiqih Islam Lengkap, Semarang : CV. Toha Putra, 1978

Anis Tanwir Hadi, Pengantar Fiqih 3, Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009

PlumX Metrics

Published
2023-08-10
How to Cite
Bramantara, A., Kawakip, A., & Asrori, M. (2023). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SONOWANGI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN MALANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 219-228. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i3.6951