PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK PEMBAHASAN MENGENAL IBADAH PADA BULAN RAMADHAN DI KELAS VI SDN SUMBERSARI 04 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Nastiti Nurul Jannah Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Walid Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ni'matuz Zuhroh Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: discussion, performance, ramadan worship

Abstract

ABSTRACT

This research is based on the problem of (a) How can the application of the discussion method in the Islamic Religious Education (PAI) subject, the topic of discussion about Getting to Know Worship in the Month of Ramadan, improve student learning achievement in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year? Meanwhile, the aim of this research is to determine the application of the discussion method in the subject of Islamic Religious Education (PAI), the main topic of discussion about Getting to Know Worship in the Month of Ramadhan can improve student learning achievement in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class VI students for the 2022-2023 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that the low results of the Islamic Religious Education test at SDN Sumbersari 04 is a challenge for educators to improve the quality of education at SDN Sumbersari 04. Therefore, the author is interested in conducting research related to discussion methods in the subject of Islamic Religious Education ( PAI) which the author formulated in the title "Application of Active Learning with Discussion Methods to Improve Student Achievement in Islamic Religious Education Subjects. Discussion Points: Getting to Know the Worship of the Month of Ramadan in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year".

 

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok pembahasan tentang Mengenal Ibadah pada Bulan Ramadhan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok pembahasan tentang Mengenal Ibadah pada Bulan Ramadhan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Tahun pelajaran 2022-2023.  Data  yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa rendahnya hasil tes Pendidikan Agama Islam di SDN Sumbersari 04 merupakan tantangan bagi para pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN Sumbersari 04.  Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berhubungan dengan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang penulis formulasikan dalam judul “Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pokok Pembahasan Mengenal Ibadah Bulan Ramadhan di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. 6th ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Depdikbud. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 1999.

Dimyati, and Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 2009.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Riski, Anisa. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018.” Undergraduate, IAIN Metro, 2018. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1965/.

Soedarsono, Fx. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka., 2001.

Sutrisno, Hadi. Metode Research I. Yogyakarta: Afsed, n.d.

Suyanto. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen P dan K Depdikbud Bagian Proyek Pendidikan Tenaga Akademik IKIP Yogyakarta, 1997.

Wardani, I.G.A.K. “Penelitian Tindakan Kelas.” Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011, 2007.

Zuhairini, dkk, and dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

PlumX Metrics

Published
2023-08-10
How to Cite
Jannah, N., Walid, M., & Zuhroh, N. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK PEMBAHASAN MENGENAL IBADAH PADA BULAN RAMADHAN DI KELAS VI SDN SUMBERSARI 04 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 228-237. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i3.6952