MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA/GADGET KELOMPOK B2 DI TK TANWIRUL HUDA PADANGSARI MAJENANG

  • Neli Alfi Nur Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nurul Yaqien Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Imron Rossidy Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: multimedia, hijaiyah letters

Abstract

This research is based on the problem of (a) How is the application of multimedia/gadget methods in improving the ability to memorize Hijaiyah letters in Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang? (b) What is the impact of using multimedia/gadget methods on children's motivation and interest in memorizing the Hijaiyah Letters at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang? Meanwhile, the aim of this research is (a) Improving the ability to memorize the Hijaiyah letters of children at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang through the use of multimedia/gadget methods. (b) Knowing the impact of using multimedia/gadget methods on children's motivation and interest in memorizing Hijaiyah Letters at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is grade 1 students for the 2023-2024 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, pre-cycle (35%), cycle I (65%), cycle III (75%). The conclusion of this research is that the increase in the ability to memorize Hijaiyah letters using the Multimedia/Gadget Method for Group B2 at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang is very significant

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan metode multimedia/gadget dalam meningkatkan kemampuan menghafal huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang? (b) Apa dampak penggunaan metode multimedia/gadget terhadap motivasi dan minat anak-anak dalam menghafal Huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Meningkatkan kemampuan menghafal Huruf Hijaiyah anak-anak di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang melalui penggunaan metode multimedia/gadget. (b) Mengetahui dampak penggunaan metode multimedia/gadget terhadap motivasi dan minat anak-anak dalam menghafal Huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tahun pelajaran 2023-2024.  Data  yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (35%), siklus I (65%), siklus III (75%). Simpulan dari penelitian ini peningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Metode Multimedia/Gadget Kelompok B2 Di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang sangat signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Usia Dini di TK Al-Falah Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 54-68.

Al-Amin, M. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Al-Quran di PAUD. Jurnal Ilmiah Al Jamiah, 16(2), 177-197.

Amalia, R., & Rahim, R. (2019). The Use of Multimedia in Learning Arabic Alphabet in Early Childhood Education. Proceedings of the 3rd Conference on Language, Literature, Culture, and Education, 357-362.

Aziz, A. A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 1(2), 164-180.

Fitri, R. (2020). Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TK Islam Al-Fatih Medan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 180-190.

Handayani, Nur. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan Tahun 2013/2014.” Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA, 2014. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085/.

Putri, Selly Lutfiana. “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di BA Aisyiyah Tambakboyo Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.” S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013. https://doi.org/10/LAMPIRAN.pdf.

Tri Lestari, Waraningsih. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Ngaglik Sleman.” Skripsi, PG PAUD, 2015. https://eprints.uny.ac.id/13530/.

PlumX Metrics

Published
2023-08-10
How to Cite
Nur, N., Yaqien, N., & Rossidy, I. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA/GADGET KELOMPOK B2 DI TK TANWIRUL HUDA PADANGSARI MAJENANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 238-241. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i3.6953