http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/issue/feed Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2024-02-19T11:37:23+07:00 Ulil Fauziyah mutaalim@uin-malang.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam</strong>&nbsp;adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan agama Islam, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini&nbsp;terbit empat kali dalam setahun di bulan januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia, Inggris, dan Arab.&nbsp;<strong>Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam</strong>&nbsp;dikelola oleh <a href="https://fitk.uin-malang.ac.id/project/pendidikan-agama-islam/" target="_blank" rel="noopener">Program Studi Pendidikan Agama Islam</a> <a href="https://fitk.uin-malang.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan</a> <a href="https://www.uin-malang.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang</a>.</p> <p><strong>Journal Template:</strong> <a href="https://docs.google.com/uc?export=download&amp;id=1BdLFM8LO8YZl5C8tcZYZdfyGvSutLDpi" target="_blank" rel="noopener">Download Here</a></p> <p><strong>E-ISSN:&nbsp;<a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220307141068755" target="_blank" rel="noopener">2828-6227</a></strong></p> http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6937 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD NEGERI KARANGGINTUNG 02 KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP 2024-02-19T10:24:51+07:00 Siti Nurlaeli Siti_Nurlaeli@gmail.com Muhamad Amin Nur aminur@gmail.com Mujtahid Mujtahid mujtahid@pai.uin-malang.ac.id <p>Researchers are interested in using audio-visual media to improve student learning outcomes. The problem raised in this research is whether the use of audio visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in Class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District. This research uses a classroom action research design. This research procedure consisted of two learning cycles. Data collection techniques were carried out using test and observation techniques. Data analysis uses qualitative descriptive analysis techniques and descriptive statistical analysis. The results of this research reveal that the use of audio-visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District. This is based on the results of learning evaluations which show an increase in student learning outcomes from one cycle to the next. Before implementing the action, the average student score was 69.25 with a completion percentage of 70%, but after implementing the action in cycle I the average student score increased to 74.40 and the percentage of learning completion also increased to 85% of all students. In cycle II the students' average score was 76.50 and the percentage of learning completion reached 100%. This achievement has exceeded the research performance indicator, namely "75% of students experienced learning completion" so it can be concluded that the research hypothesis can be accepted, which means that the use of audio-visual media can improve student learning outcomes in PAI subjects in class IV of SD Negeri Karanggintung 02, Gandrungmangu District.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstrak</p> <p>Peneliti tertarik untuk menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Sebelum pelaksanaan tindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 69,25 dengan persentasee ketuntasan sebesar 70%, namun setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,40 dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 85% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Pencapaian tersebut, telah melampaui indikator kinerja penelitian yaitu “75% siswa mengalami ketuntasan belajar” sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian dapatditerima yang artinya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri Karanggintung 02 Kecamatan Gandrungmangu</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6949 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KESERASIAN ANTARA GERAKAN DAN BACAAN SHALAT SISWA KELAS III SD NEGERI 1 DONOMULYO 2024-02-19T10:53:52+07:00 Faridotul Khonifah Faridotul89@gmail.com Abdul Fattah abdul.fattah@pai.uin-malang.ac.id Devi Pramitha devipramitha@uin-malang.ac.id <p>This research aims to determine: 1) the application of the Explicit Instruction learning model. 2) improvement in PAI learning outcomes regarding the harmony between student movements and prayer reading after implementing explicit instruction for class III students at SD Negeri 1 Donomulyo. This research is classroom action research that uses a qualitative approach although the data analysis also uses a simple quantitative strategy which aims to describe the percentage increase in PAI learning outcomes regarding the harmony between movements and prayer readings for class III students at SD Negeri 1 Donomulyo. Data collection used in this research, namely. 1) observation. 2) Documentation. 3) Test. 4) interview. Then the results of this research are reviewed from planning, application or execution, observation and reflection to reach conclusions. The conclusions from the results of this research are: 1) Application of the Explicit Instruction learning model to class III A students at SD Negeri 1 Rejosari. The implementation of PAI learning in class III of SD Negeri 1 Donomulyo which is carried out by the teacher is in reality less than satisfactory. The application of the Explicit Instruction learning model to this subject can be accepted with positive responses from students which always increase significantly. Step-by-step learning of students' learning activities can actually improve PAI learning outcomes, including the harmony between movements and prayer readings for students to continue to be active in learning.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) peningkatan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa setelah diterapkan explicit instruction siswa kelas III SD Negeri 1 Donomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan strategi kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan persentase peningkatan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa kelas III &nbsp;&nbsp;SD Negeri 1 Donomulyo. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni. 1) observasi. 2) Dokumentasi. 3) Tes. 4) wawancara. Kemudian Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sampai pada mencapai kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III A SD Negeri 1 Rejosari. Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas III SD Negeri 1 Donomulyo yang di laksanakan oleh guru pada realitanya kurang memuaskan. Penerapan Model pembelajaran Explicit Instuction terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan respon positif dari siswa yang selalu meningkat secara signifikan. Pembelajaran selangkah demi selangkah terhadap aktivitas belajar siswa ternyata dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi keserasian antara gerakan dan bacaan sholat siswa untuk terus aktif dalam belajar.</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6950 IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'ANMATERI SURAH AL-HUJURAT/49:13 KELAS IV SDNEGERI 2 JEDONG 2024-02-19T11:09:36+07:00 Ahmad Bayidi ahmadbayyidi@gmail.com Abd. Gafur gafur@pgmi.uin-malang.ac.id Ahmad Barizi abarizi_mdr@uin-malang.ac.id <p>This research is based on the problem. What are the results of learning the Al-Qur'an using the Jibril method and audio-visual media on the material Surah Al-Hujurat/49:13 Class IV SD Negeri 2 Jedong Wagir Academic Year 2023/2024? Meanwhile, the aim of this research is to improve students' ability to read the Al-Qur'an and the quality of Al-Qur'an learning in the Islamic Religious Education learning process on the material "Let's Recite and Study the Q.S. Al-Hujurat/49:13 and Hadith about Diversity” after using Jibril's method and audio visual media for class IV SD Negeri 2 Jedong Wagir for the 2023/2024 academic year. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class IV students for the 2023-2024 academic year. Based on research, it has been proven that there has been an increase in Islamic Religious Education learning outcomes for class IV students at SD Negeri 2 Jedong in 2023/2024 who have reached the KKM, before implementing learning using the Jibril method, Islamic Religious Education learning outcomes for class IV students were still low. After implementing learning using the Jibril method in the first cycle, namely with a total of 30 students. 18 students have completed with a percentage of 60%, while 12 students have not completed with a percentage of 40%. Furthermore, in the second cycle, 24 students completed it with a percentage of 80%, while 6 students did not complete it with a percentage of 20%. It can be concluded that the application of learning using the singing method can improve the learning outcomes of class IV students at SD Negeri 2 Jedong in 2023/2024, namely from the number of students who completed 18 students (60%) in cycle I and 24 (80%) students in cycle II. This means that there has been a very significant increase, reaching 20%</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6951 UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI POKOK SHALAT JUM’AT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SONOWANGI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN MALANG 2024-02-19T11:19:51+07:00 Andika Bramantara hmandika@gmail.com Ahmad Nurul Kawakip akhmad.nurul@pai.uin-malang.ac.id Mohammad Asrori asrori@pai.uin-malang.ac.id <p>This research is based on the problem of (a) Can the application of the Demonstration method improve the learning outcomes of Friday Prayer material for class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi (b) How can the application of the Demonstration method improve the learning outcomes for Friday Prayer material for class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi? The results of this research are (a) To describe the process of implementing the demonstration method in improving student learning achievement in PAI subjects on Friday prayers at SD Negeri 1 Sonowangi. (b) To prove whether the application of the demonstration method in learning PAI Friday prayer material can improve learning achievement in class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class IV students for the 2023-2024 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the analysis results, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, pre-cycle (30%), cycle I (65%), cycle II (90%). The conclusion of this research is that efforts to increase learning achievement in Islamic jurisprudence on the main subject of Friday prayers through the demonstration method in class IV students at SD Negeri 1 Sonowangi, Ampelgading District, Malang Regency are increasing. Therefore, we need an innovative way of packaging learning in delivering learning to students. One of them is by demonstrating or giving examples and carrying it out together so that students experience the experience of praying directly with the guidance of the teacher, and to strengthen their memorization of the prayer readings which are programmed before study time starts regularly together reading the prayer readings starting with intention, takbiratul Ikhram to greetings, this is done every two days alternating with reading juz Amma.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi Shalat Jumat peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi (b) Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar materi Shalat Jumat peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat Jumat di SD Negeri 1 Sonowangi. (b) Untuk membuktikan apakah dengan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI materi shalat Jumat dapat meningkatkan prestasi belajar belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sonowangi. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun pelajaran 2023-2024.&nbsp; Data&nbsp; yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (30%), siklus I (65%), siklus II (90%). Simpulan dari penelitian ini bahwa Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fikih Materi Pokok Shalat Jum’at Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV&nbsp; SD Negeri 1 Sonowangi Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang meningkat. Oleh karena itu diperlukan suatu cara mengemas pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikan pembelajaran ke siswa. Salah satunya adalah dengan mendemosnstrasikan atau memberi contoh dan dilaksanakan bersama-sama sehingga siswa merasakan pengalaman melaksanakan shalat secara langsung dengan bimbingan guru, dan untuk memperkuat hafalan bacaan shalat di programkan sebelum jam belajar dimulai secara rutin secara bersama-sama membacara bacaan shalat mulai niat, takbiratul ikhram sampai dengan salam, hal ini dilaksanakan setiap dua hari sekali bergantian dengan membaca juz Amma.</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6952 PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK PEMBAHASAN MENGENAL IBADAH PADA BULAN RAMADHAN DI KELAS VI SDN SUMBERSARI 04 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 2024-02-19T11:27:24+07:00 Nastiti Nurul Jannah Nastiti67@gmail.com Muhammad Walid walidpgmi@pgmi.uin-malang.ac.id Ni'matuz Zuhroh zuhroh@pips.uin-malang.ac.id <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>This research is based on the problem of (a) How can the application of the discussion method in the Islamic Religious Education (PAI) subject, the topic of discussion about Getting to Know Worship in the Month of Ramadan, improve student learning achievement in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year? Meanwhile, the aim of this research is to determine the application of the discussion method in the subject of Islamic Religious Education (PAI), the main topic of discussion about Getting to Know Worship in the Month of Ramadhan can improve student learning achievement in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is class VI students for the 2022-2023 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that the low results of the Islamic Religious Education test at SDN Sumbersari 04 is a challenge for educators to improve the quality of education at SDN Sumbersari 04. Therefore, the author is interested in conducting research related to discussion methods in the subject of Islamic Religious Education ( PAI) which the author formulated in the title "Application of Active Learning with Discussion Methods to Improve Student Achievement in Islamic Religious Education Subjects. Discussion Points: Getting to Know the Worship of the Month of Ramadan in Class VI SDN Sumbersari 04 Odd Semester 2022/2023 Academic Year".</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok pembahasan tentang Mengenal Ibadah pada Bulan Ramadhan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok pembahasan tentang Mengenal Ibadah pada Bulan Ramadhan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Tahun pelajaran 2022-2023.&nbsp; Data&nbsp; yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa rendahnya hasil tes Pendidikan Agama Islam di SDN Sumbersari 04 merupakan tantangan bagi para pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN Sumbersari 04.&nbsp; Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berhubungan dengan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang penulis formulasikan dalam judul “Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pokok Pembahasan Mengenal Ibadah Bulan Ramadhan di Kelas VI SDN Sumbersari 04 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023”.</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/6953 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA/GADGET KELOMPOK B2 DI TK TANWIRUL HUDA PADANGSARI MAJENANG 2024-02-19T11:37:23+07:00 Neli Alfi Nur alfinur@gmail.com Nurul Yaqien nyaqien@mpi.uin-malang.ac.id Imron Rossidy imron@pai.uin-malang.ac.id <p>This research is based on the problem of (a) How is the application of multimedia/gadget methods in improving the ability to memorize Hijaiyah letters in Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang? (b) What is the impact of using multimedia/gadget methods on children's motivation and interest in memorizing the Hijaiyah Letters at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang? Meanwhile, the aim of this research is (a) Improving the ability to memorize the Hijaiyah letters of children at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang through the use of multimedia/gadget methods. (b) Knowing the impact of using multimedia/gadget methods on children's motivation and interest in memorizing Hijaiyah Letters at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: Planning, Action, observation and reflection. The target of this research is grade 1 students for the 2023-2024 academic year. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that student learning achievement increased from cycle I to cycle II, namely, pre-cycle (35%), cycle I (65%), cycle III (75%). The conclusion of this research is that the increase in the ability to memorize Hijaiyah letters using the Multimedia/Gadget Method for Group B2 at Tanwirul Huda Kindergarten Padangsari Majenang is very significant</p> <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan metode multimedia/gadget dalam meningkatkan kemampuan menghafal huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang? (b) Apa dampak penggunaan metode multimedia/gadget terhadap motivasi dan minat anak-anak dalam menghafal Huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Meningkatkan kemampuan menghafal Huruf Hijaiyah anak-anak di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang melalui penggunaan metode multimedia/gadget. (b) Mengetahui dampak penggunaan metode multimedia/gadget terhadap motivasi dan minat anak-anak dalam menghafal Huruf Hijaiyah di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tahun pelajaran 2023-2024.&nbsp; Data&nbsp; yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (35%), siklus I (65%), siklus III (75%). Simpulan dari penelitian ini peningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Metode Multimedia/Gadget Kelompok B2 Di TK Tanwirul Huda Padangsari Majenang sangat signifikan</p> 2023-08-10T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##