MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT JOMBANG

  • Naufal Achmad Fauzan UIN Maulana Malik Ibrahim
  • M. Fahim Tharaba UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Management, Curriculum Development, School Quality

Abstract

Curriculum development in education is inevitable. The existence of the times and the modernization of technology have an effect on learning activities in schools. In addition, the socio-cultural and political paradigm are contributing to the development of education which specifically leads to the development and/or renewal of the curriculum. The community's need for increasing the ability of students urges the education providers, namely schools to develop curriculum to meet the needs and at the same time improve the quality of schools so that graduates are able to compete when they graduate. The purpose of this study was to determine the management process of curriculum development at SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang and its effect on improving school quality. The method used is qualitative research with the type of case study research. The data obtained came from field research using observation, interview, and documentation techniques. The collected data is then analyzed in several stages, namely data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results of the study indicate that the implementation of curriculum development management at SMA Darul Ulum 1 Superior BPPT Jombang is carried out in several processes, namely: 1) Curriculum development planning includes the formation of a curriculum development team, a curriculum supervision team, and planning for partnerships with universities to improve teacher competence. and students, 2) the implementation of curriculum development is carried out by referring to the agreement on planning results such as learning that refers to the results of the subject teacher forum agreement, and 3) the evaluation of curriculum development is carried out by several meeting activities, such as monthly meetings, semester meetings, and year-end meetings with the school ommittee and parents.

Abstrak

Pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah hal yang tidak terelakkan. Adanya perkembangan zaman dan modernisasi teknologi berpengaruh pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, faktor paradigma sosio-kultural dan politik turut andil dalam perkembangan pendidikan yang secara spesifik mengarah kepada pengembangan dan atau pembaharuan kurikulum. Kebutuhan masyarakat akan peningkatan kemampuan peserta didik mendesak pihak penyelenggara pendidikan yaitu sekolah melakukan pengembangan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan dan sekaligus meningkatkan mutu sekolah agar para lulusan mampu bersaing ketika lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen pengembangan kurikulum di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang dan pengaruhnya terhadap peningkatan mutu sekolah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh berasal dari penelitian lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang dilaksanakan dengan beberapa proses, yakni: 1) Perencanaan pengembangan kurikulum meliputi pembentukan tim pengembang kurikulum, tim supervisi kurikulum, dan perencanaan jalinan kemitraan dengan perguruan tinggi untuk peningkatan kompetensi guru dan siswa, 2) pelaksanaan pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada kesepakatan hasil perencanaan seperti pembelajaran yang mengacu pada hasil kesepakatan forum guru mata pelajaran, dan 3) evaluasi pengembangan kurikulum dilakukan dengan beberapa kegiatan rapat, seperti rapat bulanan, rapat semester, dan rapat akhir tahun bersama komite sekolah dan wali murid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addakhil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Epistimologi. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 01–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v8i2

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. AE Publishing.

Ali, M. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas Terhadap Kreativitas Guru Serta Dampaknya Terhadap Prestasi Sekolah. Jurnal Dialogika, 1(2), 72–85. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/404/262

Arbangi, Dakir, & Umiarso. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Mutu_Pendidikan/5KbJDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati, W., Syaefudin, & Muslimah, U. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan). Semesta Aksara.

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kusumawati, N., & Rulviana, V. (2017). Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dasar. CV AE Media Grafika.

Lismina. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Uwais Inspirasi Indoensia.

Mulyadi, S. (2019). Manajemen Humas Dan Publik Opinion Building. Duta Media Publishing.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik(1st ed.). Kencana.

Musfiqon. (2016). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Offirstson, T. (2014). Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Deepublish.Sarkadi. (2019). Manajemen Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.

Setiadi, B. (2020). Supervisi Dalam Pendidikan. CV. Sarnu Untung.

Suryana, Y., & Pratama, F. Y. (2018). Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3287

Tharaba, M. F. (2020). Mencari Model Pendidikan Karakter Di Sekolah. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ), 5(1), 66–81. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8750

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran(Yanita Nur Indah Sari (ed.); Cetakan 1). Bumi Aksara.

Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5(11), 150–161. https://www.neliti.com/publications/56738/manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningkatkan-mutu-sekolah

Published
2022-06-27