STRATEGI PENGASUH PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN DI TLOGOMAS MALANG

  • Elfani Hunafa Salsabella UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
Keywords: Strategi Pengasuh, Pondok Pesantren, Pengembangan Mutu

Abstract

Pengasuh pondok pesantren atau juga dikenal dengan istilah kyai adalah seseorang yang peranannya sangat penting (key person) peranannya dalam pengembangan di lembaga pondok pesantren dan diharapkan mampu dalam menjalankan strategi kepemimpinan. Salah satu kegiatan pendidikan yang sangat penting yang diberikan kepada santri adalah menghafal Al-Qur’an. Maka, aktivitas mempelajari Al-Qur’an sangat peting untuk dilakukan dan salah satu usaha untuk memenuhinya adalah dengan melalui pendidikan di pesantren.. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk dan mendeskripsikan 1) perencanaan strategi pengembangan mutu program tahfidz al-qur'an di Pondok Pesantren Al Barokah Tlogomas Malang, 2) pengimplementasian strategi pengembangan mutu program tahfidz al-qur'an di Pondok Pesantren Al Barokah Tlogomas Malang, dan 3) hasil implementasi strategi pengembangan mutu program tahfidz al-qur'an di Pondok Pesantren Al-Barokah Tlogomas Malang Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Al-Barokah dalam Pengembangan Mutu Program Tahfidz Al-Qur’an di Tlogomas Malang yaitu: 1) perencanaannya dengan membuat program yang menunjang proses hafalan Al-Qur’an santri, membuat jadwal kegiatan-kegiatan tambahan yang menunjang perkembangan mutu tahfidz Al-Qur’an dan membuat peraturan-peraturan pondok untuk memonitor santri, 2) pengimplementasian berupa diadakannya kegiatan,dan 3) Hasil berupa terwujudnya banyak penghafal Al-Quran serta santri-santri yang semakin lancar bacaan Al-Qur’annya.

Kata-kata Kunci: Strategi Pengasuh, Pondok Pesantren, Pengembangan Mutu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. In Jakarta: Kencana. IAIN AR-RANIRY.

Bachrong, F. (2018). Learning of Kitab Kuning In the Islamic Boarding School Hidayatullah Ternate. Jurnal Pusaka, 6, 1.

bin Hasballah Thaib, H. Z. (2016). Tadarus Alquran: Urgensi, Tahapan, dan Penerapannya. Jurnal Almufida, 1.

E Prints UMM. (n.d.). http://eprints.umm.ac.id/37560/3/jiptummpp-gdl-septianpra-50699-3-babii.pdf

Halim, A. (2008). Manajemen Pesantren. Listafariska Putra.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah (Revisi). Bumi Aksara.

Husein, U. (2003). Strategic Management in Action (Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Managemen Strategis, Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger). In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Makinudin, A. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Al- Qur’an di Sekolah Berbasis Pesantren. uin malang.

Moleong, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. . (2012). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah / H. E. Mulyasa. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=IRpvEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP1%5C&dq=peran+kepemimpinan+otentik+dalam+meningkatkan+kesejahteraan+karyawan+dengan+sistem+kerja+emosional%5C&ots=-UQxi75L4X%5C&sig=0RJQ4jLTpIbhuuxJ_qdGVD-y3gk

Nurul, H. (2016). “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam., Volume 4., 5.

RI., K. A. (2007). Al-Qur’anul Karim Surat Al-hasyr: 18. Sygma exagrafika.

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. PT Indeks.

Sofjan Sauri. (2016). Strategic Management, :Sustainable Competitiv Advantages. Rajawali Pers.

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Erlangga.

Steiner, G. A. (2012). Kebijakan dan strategi manajemen. In Manajemen Stratejik. Erlangga. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=16632&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Suhartini, A. (2007). BELAJAR TUNTAS: Latar Belakang, Tujuan, dan Implikasi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a1

Suharto, B. (2018). Pondok Pesantren dan Perubahan Sosial, Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai Pesantren. Pustaka Ilmu Group.

Sunaengsih, C. (2017). Pengelolaan pendidikan. UPI Sumedang Press.

Uny. (2001). Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. UPT Peerpustakaan Universitas Negeri Yokyakarta.

Zamami, Z., & Maksum, M. S. (2009). Menghafal Al-Qur’an itu Gampang. Mutiara Media.

PlumX Metrics

Published
2023-05-24