MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA MALANG

  • Alifia Rohani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Madrasah development, excellent programs, achievement and image improvement

Abstract

This article discusses the management of superior program development which is motivated by the times that require educational institutions to have uniqueness and advantages if they still hope that the public is interested. These advantages can be implemented through superior programs that are designed in such a way as to produce superior output and also a good image. The research was carried out at MAN 2 Malang City, where this madrasa was included in the nomination for outstanding madrasah as evidenced by a myriad of academic and non-academic achievements. The purpose of this study is to describe the planning, implementation and results of the development of superior programs in MAN 2 Malang City. The type of research used is qualitative with a descriptive approach. The source of the data obtained by the researcher is through primary data obtained from informants and secondary data obtained through observation, interviews, and documentation. Meanwhile, the data analysis used by the researcher is data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that, (1) planning in developing superior programs at MAN 2 Malang City refers to the vision and mission of madrasah, government policies related to academic excellence madrasah, as well as several guidebooks such as strategic plans, basic management guidelines, and the results of annual work meetings, (2) the flagship program at MAN 2 Malang City consists of three programs, namely the MADU MANJA program, the TOEFL program, and the Olympic and research program. The implementation of the development of superior programs has strategies and stages that are adapted to each superior program, (3) the results of developing superior programs lead to an increase in student achievement with the number of winners obtained by students from national and international competitions and an increase in the interest of new students.

Abstrak

Artikel ini membahas tentang manajemen pengembangan program unggulan yang dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang menuntut Lembaga pendidikan memiliki keunikan dan keunggulan jika masih berharap diminati masyarakat. Keunggulan tersebut dapat diimplementasikan melalui program unggulan yang dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan output yang unggul dan juga citra yang baik. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kota Malang yang mana madrasah ini termasuk dalam nominasi madrasah berprestasi yang dibuktikan dengan segudang prestasi akademik dan non akademik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari pengembangan program unggulan yang ada di MAN 2 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang didapatkan peneliti yakni melalui data primer yang diperoleh dari informan dan data sekunder yang diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti yakni pengumpulan data, resuksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan dalam mengembangakan program unggulan di MAN 2 Kota Malang mengacu pada visi dan misi madrasah, kebijakan pemerintah terkait madrasah unggulan akademik, serta beberapa buku pedoman seperti rencana strategis, pedoman dasar manajemen, serta hasil rapat kerja tahunan, (2) program unggulan di MAN 2 Kota Malang terdiri dari tiga program yaitu rogram MADU MANJA, program TOEFL, dan program olimpiade dan riset. Pelaksanaan pengembangan program unggulan memiliki strategi dan tahapan yang disesuaikan dengan masing-masing program unggulan, (3) hasil dari pengembangan program unggulan memunculkan adanya peningkatan prestasi siswa dengan banyaknya juara yang didapatkan siswa dari ajang perlombaan nasional maupun internasional dan peningkatan minat peserta didik baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. (2018). Jam Mengejar Guru: Tinjauan dari Sisi Lain. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 1.

Agustin, E. dkk. (2018). Dampak Program Unggulan Madrasah dalam Pengembangan Karakter Siswa di MAN1 Palembang. Jurnal Empirika, 3(2), 1.

Ahmad, M. Y. dkk. (2017). Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah,14(2), 3.

Aji, S. (2012). Model Peningkatan Minat Masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah di Jawa Tengah. Nadwa, 6(1), 1.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Asmani, J. M.(2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggul. Diva Press.

Atthamimy, A. (2020). Manajemen kelas Unggulan di MAN Purbalingga. IAIN Purwokerto.

Ayu, P.E. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan pada Lembaga Pendidikan Non-Formal LP3N Kerinci. Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1.

Budi, S. dan L. Y. (2016). Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan: Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Pendidikan Dan Kebudayaan,1(2), 17.

Calam, A. dan A. Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah SAINTIKOM,15(1), 1.

Danim, S. (2006).Visi Baru Manajemen Sekolah .Bumi Aksara.

Farida, K. dkk. (2020). Peningkatan Kompetensi Siswa melalui Kompetisi Sains. Transformasi, 4(2),1.

Fatqur, N. dan Z. A. (2021). Model Program Unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Poorogo. Suhuf, 33(2), 3.

Fitri, N. dan S. (2021). alisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo.Pendidikan Tambuasai, 5(1),1.

Genefri, R. (2020). Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa-Siswi Sekolah. https://smkbanisaleh.sch.id/2020/04/16/mengembangkan-minat-dan-bakat/

Hanun, F. (2016). Membangun Citra Madrasah Melalui Program Unggulan di MTsN 2 Bandar Lampung. Edukasi, 14(3), 1.

Hasan,M.N.(2015). Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika, 2(2), 7.

Haudi. (2021).Manajemen Kurikulum. Insan Cendekia Mandiri.

Hayudiani, M. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Program Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 2.

Kadarman, A. dan Y.U.(1997). Pengantar Ilmu Manajemen. Gramedia Pustaka Utama.

KBBI.(n.d.). Arti Kata Tahap. https://jagokata.com/arti-kata/tahap.html#:~:text=%5Btahap%5D

Published
2022-06-27