STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KESEJAHTERAAN GURU DI MI PAS BAITUL QUR’AN GONTOR PONOROGO

  • Zulfa Nailatul Husna UIN Malana Malik Ibrahim MAlang
Keywords: Teacher’s Performance, Teacher’s Welfare, Headmaster’s Strategy

Abstract

The role of teacher performance is very important in improving the quality of education. This is because the teacher is the main character who interacts directly with students. One of the factors supporting teacher performance lies in the welfare of teachers. Therefore, to improve the quality of education, madrasah principals must be able to manage and develop the performance and welfare of teachers as an effort to improve the quality of education. This study aims to determine the performance and welfare of teachers at MI PAS Baitul Qur'an Gontor Ponorogo and how the headmaster's strategy to improve it. This study uses a descriptive qualitative approach. Data obtained from interviews, observations, and documentation. The results showed that (1) in addition to teaching ability, teacher performance was seen from the teacher's activity in participating in training and committees (2) teacher welfare was divided into two types, namely material welfare in the form of fulfilling life needs and non-material welfare in the form of a sense of kinship, blessing, and development opportunities. themselves through training and committees (3) the leadership strategy of the head of the madrasa is implemented through working meetings, regeneration systems, supervision, value sessions, cooperation, welfare improvement, assignment of tasks and responsibilities and inculcation of the concept of blessing.

Abstrak

Peran kinerja guru sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini karena guru merupakan sosok tokoh utama yang berinteraksi langsung dengan peserta didik. Salah satu faktor penunjang kinerja guru terletak pada kesejahteraan guru. Oleh karenanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kepala madrasah harus mampu mengelola dan mengembangkan kinerja serta kesejahteraan guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan kesejahteraan guru di MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo serta bagaimana strategi kepala madrasah untuk meningkatkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) selain kemampuan mengajar kinerja guru dilihat dari keaktifan guru dalam mengikuti pelatihan dan kepanitiaan (2) kesejahteraan guru dibagi menjadi dua jenis yaitu kesejahteraan materi berupa pemenuhan kebutuhan hidup dan kesejahteraan non materi berupa rasa kekeluargaan, keberkahan, serta kesempatan pengembangan diri melalui pelatihan dan kepanitiaan (3) strategi kepemimpinan kepala madrasah diterapkan melalui raker, sistem kaderisasi, supervisi, sidang nilai, kerja sama, peningkatan kesejahteraan, pemberian tugas dan tanggung jawab dan penanaman konsep keberkahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipratama, Zoga, Raden Bambang Sumarsono, and Nurul Ulfatin. 2018. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Sekolah Alam Berciri Khas Islam.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen PendidikanVol 1, No.: 372–80. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p372.

Afwadzi, Benny, and Miski Miski. 2020. Islam Moderat Dan Shī‘ah Zaydiyah: Kontribusi Pemikiran Hadis Muḥammad Ibn Ismā‘īl Al-Ṣan‘ānī Bagi Moderasi Islam Di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press.

Ahmad, La Ode Ismail. 2017. “Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Idaarah1 (1): 138–39. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.

Alexandro, Rinto, Misnawati, and Wahidin. 2021. Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Edited by Anwarsani. Guepedia.

Andriani, Dwi Esti. 2011. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Efektif.” Jurnal Manajemen Pendidikan, 57–58.

Anggusti, Martono. 2019. Pengelolaan Perusahaan & Kesejahteraan Tenaga Kerja. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Azmi, Saiful, Cut Zahri Harun, Khairuddin, and Universitas Syiah Kuala. 2021. “Strategi Kepemimpinan Kepala Dinas Dalam Meningkatkan KInerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora10: 524. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i3.38173.

Cut Suryani. 2015. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. 16 No: 24.

Damayanti, Sofia Isti. 2017. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Di SD Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo.” IAIN Ponorogo.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2009. Al-Qur’an Dan Terjemahan & Asbabun Nuzul. Surakarta: Pustaka Al Hanan.

Fauzi, Akhmad, and Rusdi Hidayat Nugroho. 2020. Manajemen Kinerja. Surabaya: Airlangga University Press.

Ferdy Ramesyah. 2020. “PISA: Skor Pendidikan Indonesia Masih Di Bawah Rata-Rata Dunia.” Kumparan.Com. 2020.

Gunawan, Imam. 2015. “Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program Yang Ditawarkan Oleh Kepala Sekolah?” Prosiding Seminar Nasional1 (1): 305-312. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/36_Imam-Gunawan-AP.pdf.

Habib, Asep, and Idrus Alawi. 2019. “Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah.” Journal of Islamic Education1 (1): 177–202.

Hartawan, H. Aan. 2020. “Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru3 (2): 386. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087.

Kulla, Samuel Kali. 2017. “Pengaruh Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Di Kabupaten Sumba Barat.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1, No. 2: 79–90.

Lailatussaadah. 2015. “Upaya Peningkatan Kinerja Guru.” Intelektualita3, NO. 1: 243106.

Muspawi, Mohamad. 2021. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi21 (1): 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265.

Nurhayati, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar. 2021. “Manajemen POAC Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Luring Di SDII Luqman Al Hakim Batam” 13, Nomor.

Oktafiana, Riska, Fathiyani, Musdalifah, and IAIN Bone. 2020. “Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan.”Jurnal Mappesona3: 6.

Rorimpandey, Widdy H. F. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: Ahlimedia Press.

Salam, Abdus. 2014. Manajemen Insani Dan Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Edited by Suryani and Restu Damayanti. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto, Bambang S Sulasmono, and Krisma Widi Wardani. 2017. “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial27, NO. 2: 38–47. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5718.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprayogo, Imam. 2011. Hubungan Antara Pergruan Tinggi Dan Pesantren. Malang: UIN Malang Press.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, Dan Implementasinya. Prenada Media.“Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.” 1982, 3. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x.

Wahyudin, Dadang. 2021. “Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan5, No. 2: 135–48.

Zainuddin. 2017. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe.” Jurnal Manajemen Pendidikan IslamVolume 1,: 84.

Published
2022-06-27