MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SDN KETAWANGGEDE MALANG

  • Nurusshofiyatul Ula MPI UIN Malang
  • Ali Nasith UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Scout Extracurricular Management, Disciplined Character, Independence

Abstract

Character education is a fundamental thing that must be instilled in elementary school students. The character of discipline and independence are two of the many characters that have a big influence on the lives of students. In accordance with the vision, mission, and goals of the school, SDN Ketawanggede wants students who are disciplined and independent in character. This is realized through scout extracurriculars, which also have the aim of growing the character of students. So that in order for activities to run according to the objectives, it is necessary to have a good management system in scout extracurricular activities.To fulfill the research objectives, the researcher used a qualitative approach with a descriptive type. The results showed that: 1) Scout extracurricular planning in fostering the disciplined character and independence of students was carried out by analyzing and identifying problems, coordinating related programs, formulate strategies, determine and ratify, then inform the results of planning in the form of a syllabus; 2) Scout extracurricular implementation in fostering the character of students' discipline and independence is carried out using habituation patterns, exemplary patterns, and education; 3) Scout extracurricular evaluation in cultivating the character of discipline and independence of students is carried out in two stages, namely monthly evaluation and end of year evaluation.

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan hal mendasar yang harus ditanamkan di usia peserta didik tingkat SD. Karakter disiplin dan kemandirian merupakan dua dari banyaknya karakter yang berpengaruh besar dalam kehidupan peserta didik. Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, SDN Ketawanggede menginginkan peserta didik yang berkarakter disiplin dan mandiri. Hal tersebut diwujudkan melalui ekstrakurikuler pramuka, yang didalamnya juga memiliki tujuan untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Sehingga guna kegiatan berjalan dengan sesuai dengan tujuan, diperlukan adanya suatu sistem manajemen yang baik dalam ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik di SDN Ketawanggede Malang; 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik di SDN Ketawanggede Malang; 3) Evaluasi ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik di SDN Ketawanggede Malang. Untuk memenuhi tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti memiliki peran sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan data, yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan narasumber yaitu kepala sekolah, koordinator ekstrakurikuler pramuka, pembina pramuka, dan empat siswa kelas IV dan V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik dilakukan dengan menganalisis dan mengidentifikasi masalah, berkoordinasi terkait program, menyusun strategi, penetapan dan pengesahan, lalu menginformasikan hasil perencanaan yang berupa silabus; 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik dilaksanakan dengan menggunakan pola pembiasaan, pola keteladanan, dan edukasi; 3) Evaluasi ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian peserta didik dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu evaluasi bulanan dan evaluasi akhir tahun pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ajat, Sudrajat. 2011.Mengapa Pembentukan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1, (1).

Amka. 2021. Manajemen dan Administrasi Sekolah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Jogjakarta: Diva Press.

Anwar, Azrul. 2012. Bangun Kembali Jati Diri Bangsa melalui Pramuka. Hasil Wawancara: Tabloid Komunika. 2,(VIII).

Budiman, Nandang. 2010. Perkembangan Kemandirian pada Remaja.Jurnal Pendidikan. 3, (1).

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Mesiono. 2019. Islam dan Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Mesiono., Mursal Aziz. 2020. Manajemen dalam Perspektif Ayat-Ayat Al-Qur’an.Medan: Perdana Publishing.

Miles, Mathew B., A.M. Huberman, dan Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods SourcebookEdition 3. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter “Pengintegrasian 18 Nilai Karakter dalam Mata Pelajaran”. Yogyakarta: Familia.

Pah, Tim. 2015. Panduan Lengkap Gerakan Pramuka. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008, tentang Wajib BelajarPermendikbud No. 62 Tahun 2014, tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sukarna. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Tisnawati Sule, Ernie., Kurniawan Saefullah. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

PlumX Metrics

Published
2022-06-27