MANAJEMEN PESANTREN MAHASISWA DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA SANTRI (STUDI KASUS DI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG)

  • Muhammad Kholil Amin MPI UIN Malang
Keywords: Manajemen, Pesantren Mahasiswa, Moderasi Beragama

Abstract

Radikalisme dan kekerasan yang mengatasnamakan agama telah masuk dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Untuk itulah pesantren sebagai pusat pendidikan Islam harus mengambil peran dalam upaya pengarusutamaan ide-ide dan sikap moderat dalam beragama yang sesuai dengan nilai luhur Islam yang rahmatan lil 'alamiin. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penguatan moderasi beragama bagi santri di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dilakukan secara implisit dengan cara internalisasi nilai-nilai washatiyyah (tasamuh, tawassuth, tawazun, itidal, musawah dan syura)  terhadap program pesantren, yang terbagi dalam tiga program utama yaitu: 1) Kepengasuhan, 2) Pengajaran (Dirosah), dan 3) Kesantrian. Bentuk manajemen yang digunakan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dalam penguatan moderasi beragama yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini sesuai dengan hasil observasi peneliti terkait sikap para santri di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam telah mencerminkan dan mengamalkan nilai pendidikan Islam moderat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghargai agama lain, menghargai pendapat orang lain, peduli terhadap lingkungan sekitar, tolong menolong dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nurmania. “Wamenag: Tujuan Moderasi Agama Yakni Hadirkan keharmonisan” https://www.tagar.id/wamenag-tujuan-moderasi-agama-yakni-hadirkan-keharmonisan diakses pada 14 Maret 2022
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren (Studi Pandangan hidup Kyai dan Visinya. Mengenai Masa depan Indonesia). Jakarta: LP3ES
Efendi, Nur. 2014. Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren: Konstruksi Teoritik dan Praktik Pengelolaan Perubahan sebagai Upaya Pewarisan Tradisi dan Menatap Tantangan Masa Depan. Yogyakarta: Teras
Hasan, Noorhaidi. 2006. Laskar Jihad: Islam, Militancy, and the Quest for Identity in Post-New Order Indonesia. Ithaca: Cornell Southeast Asia Program Publications
Huda, Ulul., dkk. 2018. STRATEGI PENANGGULANGAN RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI KABUPATEN BANYUMAS. An-Nidzam, 5 (1)
Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Persada
Ibad, Muh. Ariful. 2021. Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri: Jurnal, 4

Ilyasin, Nurhayati. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Aditya Media Publishing
Ismail, Luthfiansyah Hadi. 2022. Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren: Pengalaman Pesantren di Bandung Barat, Jawa Barat. Definisi: Jurnal Agama dan Sosial-Humaniora. 3 (2)
Kurniadin, Didin & Muchali, Imam. 2016. Manajemen Pendidikan : Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS
Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri: Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan. Yogyakarta: Teras
Said, Akhmad., Stai Ma’had, and Aly Al-Hikam Malang. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Islam Di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 9
Saifuddin, Lukman Hakim. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian RI
Sulistyorini. 2009. Manajemen pendidikan Islam: konsep, strategi, dan aplikasi. Yogyakarta: Teras
Ulya, Miftahul. 2019. Manajemen Pondok Pesantren El-Fira Purwokerto. IAIN Purwokerto: Tesis
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo
Zubaidillah, Muh Haris. 2018. Prinsip Dan Alat Evaluasi Dalam Pendidikan. Jurnal OSF Preprints

PlumX Metrics

Published
2022-12-30