MANAJEMEN INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN MELALUI PENERAPAN APLIKASI SLiMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LITERASI SISWA DI MTsN 2 KOTA KEDIRI

MANAJEMEN INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN MELALUI PENERAPAN APLIKASI SLiMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LITERASI SISWA DI MTsN 2 KOTA KEDIRI

  • BINTI NUR ROHMAH UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Keywords: Manajemen Inovasi, Pelayanan Perpustakaan, Kepuasan, Literasi Siswa.

Abstract

Dalam dunia pendidikan salah satu sarana pendukung pendidikan adalah perpustakaan. Perpustakaan adalah penunjang pendidikan harus dikelola dengan baik dan juga maksimal untuk mendukung kegiatan pewmbelajaran di sekolah. Manajemen inovasi pelayanan perpustakaan perlu diterapkan agar meningkatkan kepuasan serta literasi siswa.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti lebih dalam bagaimana perencanaan manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa di MTsN 2 Kota Kediri. Bagaimana pelaksanaan manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa di MTsN 2 Kota Kediri. Bagaimana evaluasi manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa di MTsN 2 Kota Kediri.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi studi kasus deskriptif karena data dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama,  manajemen inovasi pelayanan perpustakaan melalui penerapan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) dalam meningkatkan kepuasan dan literasi siswa mampu meningkatkan kepuasan serta literasi siswa; kedua, inovasi yang dilakukan mampu membuat siswa tertarik dalam mengunjungi perpustakaan, kemudahan dan efektifitas penggunaan aplikasi SLiMS memudahkan setiap kegiatan siswa di perpustakaan, ketiga penggunaan aplikasi SLiMS memiliki banyak keunggulan serta pelayanan perpustakaan dapat di modernisasi dari sistem konvensional ke sistem digital dengan berbagai kemudahan serta waktu yang relatif singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. 2017. Inovasi Dalam Perspektif Hadis. Jurnal Tahdis. Volume 8. Nomor 1.
Aji, Rustam. 2016. Digitalisasi: Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal. Vol. 1 No. 1.
Ancok, Djamaluddin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Surabaya: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendiekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ash Shiddiqy, M. Hasbi. 2018. Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan Berbasis SLiMS (Senayan Library Management System) 7 Cendana dalam Menunjang Kegiatan di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Astuti, Deni Endri. 2011. Pemanfaatan Software SLiMS (Senayan Library Management System) dalam Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan Stikes ‘Aisyiyah Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maretr Surakarta.
Ayu, Dyah, dkk. Penerapan Digital Library Untuk Otomatisasi Administrasi Perpustakaan. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS). Vol: 2. No. 2.
Aziz, Mesiono Mursal. 2020. Manajemen dalam Perspektif Ayat-Ayat Al-Qur’an. Medan: Perdana Publishing.
Bafedal, Ibrahim. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, Sulistyo. 1992. Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: Gramedia.
Cahyono, Jefri Eko dan Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfaatan Senayan Library Management System (SLiMS) di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Volume 2. Nomor 3.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Kamus Pusat Bahasa.
Destrianto, Mochammad Riski dan Heriyanto. 2020. Komunitas SLiMS Semarang sebagai Ruang Inovasi Pustakawan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Institut Pertanian Stiper. Vol. 8. No. 2.
Dhamayanti, Lucya dkk. 2011. Standar Nasional Perpustakaan (Snp) Bidang Perpustakaan Sekolah Dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
El-Khaeri, Mezan, dkk. 2021. Penerapan Aplikasi SLiMS Dalam Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Endarti, Sri. 2019. Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Di Perpustakaan, Upt Perpustakaan Isi Yogyakarta Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Fatmawati, Rita. 2019. Manajemen Pelayanan Perpustakaan Berbasis SLiMS Akasia di UPT. Perpustakaan UMMAT. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Faturrohman. 2014. Esensi Manajemen. Yogyakarta: Teras.
Gesi, Burhanudin, dkk. 2019. Manajemen Dan Eksekutif, Jurnal Manajemen, Vol. 3 No. 2.
Hamim, Muhammad. 2018. Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Perpustakaan Melalui Kegiatan Komunitas SLiMS Kediri Raya. Indonesian Journal of Academic Librarianship. Vol. 2. No. 1.
Ibrahim, Andi. 2016. Manajemen Dan Administrasi perpustakaan. Makassar: Penerbit Sahadah.
id.wikipedia.org/wiki/Fenomenologi_(filsafat)
Imron, Ali. 2013. Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kartikawati, Theresia Siwi, dkk. 2021. Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak Melalui Pengembangan Perpustakaan Digital. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian). Vol. 1. No. 12.
Manullang, M. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Mesiono. 2019. Islam dan Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
Miles, Mathew B., dkk. 2014. Quallitative Data Analisis: A Methods Sourcebook Edition 3. Terjemahan Tjejep Rohindi. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy j. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. J. 2016. Metode Penenlitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Musa, Deliva, dkk. 2020. Penerapan Aplikasi SLiMS Dalam Pengolahan Bahan Pustaka di Upt Perpustakaan Universitas Khairun Ternate. Acta Diurna Komunikasi 2. No. 4.
Noor, Irwan. 2013. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: UB press.
Nurcahyono, dkk. 2015. Pedoman Penyelengaraan Perpustakaan Sekolah Edisi ke-1. Cetakan ke-1. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Nurkholis, Oki. 2009. Evaluasi Layanan Perpustakaan Di Mts N 1 Bandar Lampung, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Rahmawati, Laila. 2020. Peran Pustakawan Perguruan Tinggi Dalam Era Informasi dan Digitalisasi. Jurnal Ta’lim II (3), 105-33.
Ratnawulan, Elis dan H.A Rusdiana. 2014. Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
R.F, Hurley & Hult, G.T.M. 1998. Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning an Integration and Empirical Examination, Journal of Marketing.
Ridwan dan Supriyadin Susanto. 2019. Penerapan Aplikasi SLiMS Akasia dalam Pelayanan Informasi Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Mataram Periode 2019. JIPER (Jurnal Ilmu Perpustakaan).Vol. 1. No. 1.
Rijali, Ahmad. 2019. Analisis Data Kualitatif, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17.33.
Rogers, Everett, dan F. Floyd Shoemaker. 1987. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru, Terjemahan Abdillah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional.
Rokan, M.Reza. 2017. Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra’. Volume 11. No. 1.
Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Said, M. Mas’ud. 2007. Birokrasi di Negara Birokrasi. Malang: UMM Press.
Saputra, Ade Akhmad, dkk. 2019. Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains Vol. 8, No. 2.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan, cet. Ke-VII. Bandung: Alfabeta.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.
Sinaga, Dian. 2009. Perpustakaan Daerah. http://www.ahmadheryawan.com/ lintasjabar/pendidikan/4989-harus-sesuai-dengan-kebutuhan-masyarakat.pc. diakses pada 22 September 2022
Sofiana, Ofy, dkk. 2019. Laporan Akhir: Kajian Kepuasan Pemustaka Layanan Perpusnas. Jakarta: PT SWA Sembada Media Bisnis.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. 2010. Management Gems. Jakarta: Kompas.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Usman, Husaini. 2018. Manajemen, Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

PlumX Metrics

Published
2022-09-30