KEPEMIMPINAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGELOLA KINERJA GURU DAN PEGAWAI DI YAYASAN HIDAYATUL MUBTADI'IN TASIKMADU KOTA MALANG

  • Mochammad Ghivar Rizal Ariffin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kepemimpinan; Mengelola; Kinerja Guru dan Pegawai, Leadership; Manage; Teacher Performance; Employee Performance

Abstract

ABSTRAK

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Yayasan Pendidikan Islam Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik (1) interview (wawancara), (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan yang dilakuakan oleh ketua yayasan dalam mengelola kinerja guru dan pegawai dengan mengadakan rapat bersama yang dilaksanakan di akhir tahun ajaran. Sejak tahun 2013 yayasan sudah menetapkan rancangan mengenai pengelolaan guru dan pegawai, (2) implementasi atau pelaksanaan yang dilakuakan oleh ketua yayasan dalam mengelola kinerja guru dan pegawai dengan menempatkan guru maupun pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikan terakhirnya, memberikan motivasi, kedisiplinan, pelatihan dan memberikan penghargaan bagi guru dan pegawai yang berprestasi, (3) evaluasi yang dilakuakan oleh ketua yayasan dalam mengelola kinerja guru dan pegawai yaitu dengan diadakan rapat secara berkala. Setiap satuan pendidikan evaluasi dilaksanakan sebanyak satu semester sekali melalui laporan supervisi kepala madrasah.

Kata-Kata Kunci: Kepemimpinan; Mengelola; Kinerja Guru dan Pegawai

 

ABSTRACT

Researchers used qualitative research with a descriptive approach. The research location is at the Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Islamic Education Foundation, Malang City. This study uses data collection techniques with techniques of (1) interviews (interviews), (2) observation and (3) documentation. Data analysis used is data collection, reduction and verification. The results of the study show (1) the planning carried out by the chairman of the foundation in managing the performance of teachers and employees by holding joint meetings held at the end of the school year. Since 2013 the foundation has established a plan regarding the management of teachers and staff, (2) the implementation or implementation carried out by the chairman of the foundation in managing the performance of teachers and employees by placing teachers and employees according to their latest educational background, providing motivation, discipline, training and providing awards for teachers and employees who excel, (3) evaluations carried out by the chairman of the foundation in managing the performance of teachers and employees, namely by holding regular meetings. Each educational evaluation unit is carried out once in a semester through the supervision report of the madrasah head.

Keywords: Leadership; Manage; Teacher Performance; Employee Performance

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fattah, Nanag. (1996). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makawimbang. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.Sutrisno,

Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Astuti, Widji. (2008). Bahan Ajar MSDM Pendidikan. Program Pascasarjana UIN Malang.

P.Siagian, Sondang. (2009). Tipe-Tipe Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fahmi, Irham. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Stephen P, Robbins. (2008). Perilaku Organisasi Edisi Kedua Belas. Salemba Empat: Jakarta.

Meldona. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang: UIN Malang Press.

Mangkunegara, A. A Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Trihandini, Mcirnayati Fabiola. (2005). Analisi Pengaruh Emosional, Kecerdasan Intelektuan dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja. Semarang: Universitas Diponegoro.

Umar, Husein. (2003). Riset Sumber daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Tisnawati S, Ernie & Kurniawan Saefullah. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Asiah, Nur and others. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Smks Yapta Takalar, Jurnal Education and Development, 9 (4), 179.

Suwanto & Donni Priansa. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Administrasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwatno. (2003). Azas-azas Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Suci Press.

Hasibun, Melayu. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Fadilah, Asri and other. (2017). Pengaruh Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Publik, 1 (5), 849.

Syaidam, Gauzali. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: Djambatan.

Syamsul, Herwati. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Idharah, 1 (2), 238.

Tohardi, Ahmad. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar.

Hesrey, Paul & Ken Blanchard. (1995). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Manusia. Terjemah Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Soandang Siagian, P. (2006). Kiat-kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Simanjuntak dan Payman J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lemaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

S. Panggabean, Mutiara. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia Teori, Aplikasi Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Zubair, Ahmad. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Jurnal Manajer Pendidikan, 1 (4), 310.

PlumX Metrics

Published
2022-12-30