STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONAL DAN KARAKTER DISIPLIN GURU DI MA AL-MAWADDAH BLITAR

STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONAL DAN KARAKTER DISIPLIN GURU DI MA AL-MAWADDAH BLITAR

  • Lilla Kamila UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Strategi Komunikasi, Profesional Karakter Disiplin

Abstract

Pendidikan merupakan kunci pembangunan saat ini dan masa depan, karena setiap orang berharap dapat meningkatkan kualitas dirinya dalam bidang pendidikan melalui pendidikan. Pokok bahasan tersebut termuat dalam sebuah kajian yang dilakukan di MA Al-Mawaddah Blitar, dimana madrasah ini dijadikan sebagai sumber data untuk memperoleh potret, deskripsi, jawaban dan hasil strategi komunikasi kepala sekolah dalam membangun karakter profesional dan disiplin kepala madrasah. guru. Informasi ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengelompokkan hasilnya ke dalam kalimat-kalimat yang disusun sedemikian rupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendrikus Nai, Wiwik Wijayanti. “Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah Pendidikan Menengah Negeri”Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol. 6 No. 2 September 2018.
Murtiningsih Murtiningsih dan Bukman Lian, (2017)“Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru SMP’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2.1
Yuenti, Armi. “Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru” Journal of Aministration and Educational Management. Vol. 2, No. 2 Desember 2019.
Muh Nasrullah and others, (2017)“Pengaruh Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Makassar”, Ad’ministrare, 4.2
Fatmawati, Zusniya. “Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Warga Sekolah Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No. 2 Juni 2018.
Zultrianti Sri, Mia. 2022“Strategi Belajar Mengajar” Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI JAWA BARAT.
Arif Yusuf Hamali, 2016 Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Kencana, Bandung.
Abdillah, Rizky & Alsukri, “Manajemen Strategi Komunikasi Pemasaran Waroen Baper Pekanbaru” Journal of Communication and Organization, Vol. 1 No. 1 Juni 2022.
Mahadi, Ujang. “Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran)” Journal of Public Policy and Administration Silampari, Vol. 2, No. 2 Juni 2021
Ety Nur Inah, 2013 “ Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan,” AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 1 (2013)
Saepul Anwar, Aep & Mubin Fathkul, 2020“Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1.
Heri Gunawan, 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, (Bandung : Alfabeta)
Fadhallah, 2020. “Wawancara” UNJ Press.
9
Saleh, Normazaini and others. “Penggunaan Whatsapp Sebagai Alat Komunikasi Formal dalam Organisasi: Satu Tinjauan Awal” Proceding of the 5th International Conference on Management and Muamalah 2018 (ICoMM 2018)

PlumX Metrics

Published
2022-09-30