STRATEGI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI MAHASISWA

  • Ravi Udin Amirullah Pascasarjana UIN Malang
Keywords: Strategy; College Library; Student Literacy

Abstract

ABSTRACT : One of the things that is an important pillar in the implementation of education in universities is the library. The better quality of a library, the higher positive impact in supporting higher education. The central library of UIN Malang has been accredited A. This library has also developed several electronic services in an effort to increase the effectiveness of providing literature. The purpose of this study is to describe and analyze the planning, implementation and impact of library strategies in increasing the effectiveness of providing literature through electronic services at the central library of UIN Malang. This research uses a qualitative approach, with the type of case study. Data collection techniques using observation, in-depth interviews, and documentation. The data analysis technique is through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study concluded that: (1) Planning strategies for increasing student literacy in the central library of UIN Malang was carried out through four things; namely forming a special team, analyzing all related matters through a SWOT analysis, drawing up a plan, based on 5W+1H questions, aligning planning with capabilities, asking for advice and then establishing a plan. (2) Regarding strategy implementation, there are also four activities, namely organizing and motivating, introducing electronic library services, repairing all problems in complaints, and evaluating electronic services. (3) There are two impacts of this electronic service, namely it can help all students in the development of their research and studies, and also this service has proven to be effective and efficient in improving student literacy.

ABSTRAK: Salah satu hal yang menjadi pilar penting dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi adalah perpustakaan. Semakin baik kualitas sebuah perpustakaan, tentu akan semakin tinggi juga dampak positif dalam menunjang pendidikan di perguruan tinggi. Perpustakaan pusat UIN Malang telah terakreditasi A. Perpustakaan ini juga telah mengembangkan beberapa layanan elektronik dalam upaya meningkatkan efektivitas penyediaan literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, penerapan dan dampak dari strategi perpustakan dalam meningkatkan efektivitas penyediaan literatur melalui layanan elektronik di perpustakaan pusat UIN Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan strategi peningkatan literasi mahasiswa di perpustakaan pusat UIN Malang dilakukan melalui empat hal; yakni membentuk tim khusus, menganalisis segala hal yang berhubungan melalui analisis SWOT, menyusun perencanaan, berdasarkan pertanyaan 5W + 1H, menyelaraskan perencanaan dengan kemampuan, meminta saran kemudian menetapkan perencanaan. (2) Terkait penerapan strateginya juga melalui empat kegiatan, yakni pengorganisasian dan pemotivasian, pengenalan layanan elektronik perpustakaan, memperbaiki seluruh masalah dalam pengaduan, dan melakukan evaluasi layanan elektronik. (3) Terdapat dua dampak dari layanan elektronik ini, yakni dapat membantu seluruh mahasiswa dalam perkembangan riset dan studi mereka, dan juga layanan ini terbukti berhasil secara efektif dan efisien dalam meningkatkan literasi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Amirullah, R. (2020). Manajemen strategi pelayanan perpustakaan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan literasi mahasiswa. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17932

Arsyad, A. (2002). Pokok Managemen: Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekutif. Pustaka Pelajar.

Daryanto, S. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Apollo.

Handoko, T. H. (2013). Manajemen (2nd ed.). BPFE.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Profesional: Dasar-dasar Teori Perpustakaan dan Aplikasinya. Sagung Seto.

Herujito, Y. M. (2001). Dasar-dasar Manajemen. PT. Grasindo.

Indrawijaya, A. I., & Pranoto, J. (2011). Strategi Pembaharuan Administrasi dan Manajemen Publik. Alfabeta.

Jogiyanto. (2006). Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif (2nd ed.). ANDI.

Kadir, A., & Triwaahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi. ANDI OFFSET.

KBBI V (0.2.1 Beta (21)). (2016).

Maksum, Buldansyah, D. L., & Prawati, B. (2008). Aksesibilitas Informasi, Intensitas Komunikasi, dan Efektivitas Layanan Informasi Digital. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 17(2).

Malayu S.P. Hasibuan. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.

Milburga, C. L. (2001). Membina Perpustakaan Sekolah. Kanisius.

Miner, G. A. S. dan J. B. (1988). Kebijakan dan Strategi Manajemen (T. dan A. Dharma (Trans.); 2nd ed.). Airlangga.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1982). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jemmars.

NS, S. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Yayasan Obor Indonesia.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2007). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sule, E. T., & Saefullah, K. (2005). Pengantar Manajemen. Kencana Prenada Media Group.

Usman, H., & Setiady, P. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Wahyudi, A. S. (1996). Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berfikir Strategik. Bina Rupa Aksara.

Yusanto, & Ismail, M. (2003). Manajemen Strategis Perspektif Syariah. Khairul Bayaan.

PlumX Metrics

Published
2022-06-02