MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI MAN 3 MALANG

  • Ilmiah Nafhah Karimah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Manajemen Humas, Citra Madrasah, Partisipasi Masyarakat

Abstract

ABSTRACT: Image is the impression that people give to madrasah so that madrasah should constantly increase image by communicating well, either in the internal or external environment. The image had an impact on madrasah's existence, so it was a challenge for MAN 3 Malang to create a positive image in the face of growing problems and competition. A positive image is achieved by providing competent services, programs or graduates that can attract public attention to contribute to the madrasah. Research uses a descriptive qualitative approach with a type of case study in MAN 3 Malang with a data collection technique of observation, interview and documentation.The results of research on public-relations management in boostering the image of madrasah and participation of the MAN 3 Malang, include: (1) planning through several stages, beginning with the problem identification for program planning, budgeting and time and deliberating by concerned parties. Program planning is carried out with a three-period: period of short, medium and long-term. (2) implement by carrying out a previously planned and designated program using several strategies: socializing, publications, cooperation, service and excellence programs, and activities involve both externally and internally both the perpetrators act and direct act. (3) evaluations include small evaluations, big evaluations, and conditional evaluations of public-relation programs.

Abstrak: Citra merupakan kesan yang diberikan masyarakat terhadap madrasah sehingga madrasah hendaknya terus menerus meningkatkan citra dengan mengkomunikasikan dengan baik dalam lingkungan internal atau lingkungan eksternal. Citra memberikan pengaruh terhadap eksistensi madrasah sehingga tantangan tersendiri bagi MAN 3 Malang untuk menciptakan citra positif di tengah permasalahan dan persaingan yang semakin kompleks. Citra positif di laksanakan dengan memberikan layanan, program ataupun lulusan yang berkompeten sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk ikut berkontribusi dengan madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitaif deskripsif dengan jenis penelitian studi kasus di MAN 3 Malang dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari manajemen humas dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MAN 3 Malang meliputi yaitu: (1) Perencanaan dengan melalui beberapa tahapan, mulai dari identifikasi masalah untuk perencanaan program, merencanaan anggran dan waktu dan musyawarah oleh pihak berkepentingan. Perencanaan program dilaksanakan dengan 3 jangka waktu yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. (2) Pelaksanaan dengan melaksanakan program yang sudah direncanakan sebelumnya dan ditentukan dengan menggunakan beberapa strategi yaitu: sosialisasi, publikasi, kerja sama, pelayanan dan program unggulan, dan kegiatan melibatkan eksternal maupun internal baik indirect act dan direct act. (3) Evaluasi dilakukan meliputi evaluasi kecil, evaluasi besar, dan evaluasi kondisional terhadap program humas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharudin, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Chotimah, C. (2014, Januari). Strategi Public Relation Pondok Pesantren Sidogiri dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Islamica (Studi Keislaman), 7, No. 1, 186-210.

Dwiningrum, S. I. (2015). Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis Dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

E, Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fajri Dwiyama, A. I. (2020, Februari). Manajemen Humas: Membangun Peran Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10, No. 1, 63-71.

Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Indonesia, P. R. (2003). UUD Republik Indonesia Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan. Indonesia.

Ira Nur Harini, K. (2014, April). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam upaya Peningkatan Citra Sekolah (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Surabaya)). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4 No. 4, 8-20.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Cet 5. Jakarta : Grafiti.

Kolwalski, T. (2004). Public Relations In School. New Jersey : Pearson Merill Pretineet Hall.

Kusumawati, F. (2002). Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan . Malang: UMM Press.

Ruslan, Rosady. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Ruslan, Rosady. (2018). Kampany Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sholeh, D. S. (2021). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Inpirasi Manajemen Pendidikan, 09, No. 02, 281-289.

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sufyarma, M. (2003). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-13. Bandung: Alfabeta.

Suryobroto. (2012). Hubungan Sekolah dngan Mayarakat (School Public Relations ). Jakarta: Rineke Cipta.

Suryosubroto, B. (2012). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (School Public Relations). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wiranto, B. (2016, Juni). Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, No. 1, 29.

Yulianita. (2005). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas.

PlumX Metrics

Published
2022-06-02