MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENDUKUNG MUTU PENDIDIKAN DI MTS ROUDLOTUL ULUM KABUPATEN MALANG

  • M. Husyem Hidayatus Syech UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kata-Kata Kunci: Manajemen sarana dan prasarana, Mutu Pendidikan

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan yang berkualitas akan mengalami kesulitan untuk mencapai harapan visi dan misi bila tidak diiringi dengan lengkapnya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses di Sekolah, dikarenakan memang sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk mendukung dan memperlancar proses pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif, untuk jenis penelitian sendiri menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: 1) Wawancara 2) Observasi 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di MTs Roudlotul Ulum mulai dari 1) perencanaan yang terlaksana tapi masih belum berjalan maksimal, 2) pengadaan menyesuaikan kebutuhan yang paling penting, 3) penginventarisan yang masih belum ada secara pembukuan, 4) pemeliharaan yang lebih menitikberatkan kepada kesadaran bersama untuk saling menjaga apabila terdapat barang-barang yang perlu diperbaiki atau diperbarui, 5) penggunaan yang belum adanya pencatatan peminjaman sehingga memungkinkan peminjaman tanpa konfirmasi kepada pihak yang memiliki tanggung jawab di sarana dan prasarana, 6) penghapusan lebih kepada pembaharuan barang dan jasa apabila diketahui rusak. Problematika yang dihadapi yaitu 1) minimnya kelas yang digunakan murid dan guru dalam proses belajar dan mengajar. 2) belum memiliki pedoman atau pakem dalam melakukan evaluasi penilaiaan sarana dan prasarana, sehingga pengecekan dan pengadaan sarana dan prasarana kondisional sesuai kebutuhan. 3) pembiayaan yang digunakan melalui bantuan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dana Mandiri dari sekolah, dan juga bekerja sama dengan. 4) Yayasan. MTs Roudlotul Ulum terkendala belum adanya sumber dana yang pasti, dan 5) kurangnya lahan, sehingga dalam proses manajemen sarana dan prasarana untuk menggapai mutu pendidikan yang baik terhambat, atau belum bisa berjalan sebagaimana mestinya sesuai apa yang telah direncanakan di MTs Roudlotul Ulum.

Kata-Kata Kunci: Manajemen sarana dan prasarana, Mutu Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdus Salam. (2014). Manajemen Insani dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Bambang Ismaya. (2015). Pengelolaan Pendidikan. PT. Refika Aditama.

Barnawi, M. A. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.

David F. Salisbury. (1996). Five Technologies Change Educations. Prentice Hall.

Eka Prihatin. (2017). Teori Administrasi Pendidikan. Gramedia Pustaka.

Hendarman. (2015). Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Index.

Kemendikbud. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Laksana.

Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. eLKAF.

PlumX Metrics

Published
2022-12-30