MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP PLUS AL-KAUTSAR MALANG

  • Mohammad Murod Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: manajemen sarana prasarana pendidikan, kualitas pendidikan.

Abstract

ABSTRACT : Along with the development of the era which is always advancing rapidly in the era of science and technology, education is required to further improve the quality of education. To achieve this in an educational institution, there are important components that influence the development of quality education, namely the management of educational facilities and infrastructure.

This study aims to find answers from the focus of research on planning, implementing, and evaluating facilities and infrastructure, as well as the impact of improving the quality of education in the implementation of facilities and infrastructure management at SMP Plus Al-Kautsar Malang. In this study, the researcher uses qualitative research methods accompanied by a case study approach which has the aim of achieving the previously determined subject. Therefore, the researcher did it at the research location by looking directly at the condition of the object to be studied. In collecting data, the researcher used interview, observation and documentation techniques. To determine the validity of the data in this study, the researchers used data triangulation techniques, methods and sources. Data reduction, data presentation, and drawing conclusions are techniques in analyzing the data in this study.

Abstrak: Seiring berkembangnya zaman yang senantiasa semakin maju dengan pesat di era ilmu pengetahuan maupun teknologi, pendidikan dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut pada suatu lembaga pendidikan terdapat komponen penting yang mempengaruhi untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas, yaitu manajemen sarana dan prasarana pendidikan.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan jawaban terkait perencanaan, pengimplementasian, dan evaluasi manajemen sarana dan prasarana, serta dampak dari peningkatan kualitas pendidikan dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif disertai dengan pendekatan studi kasus yang memiliki tujuan mencapai perihal yang sebelumnya telah ditetapkan. Maka dari itu, peneliti melakukannya di lokasi penelitian dengan melihat secara langsung kondisi objek yang akan diteliti. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi data, metode dan sumber.  Reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan menjadi teknik dalam menganalisis data pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawir dan usman, basyiruddin. 2002Media Pembelajaran,. Jakarta: Ciputat Press.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto & Farid, Mohammad. 2003. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media..

Dewi, Rina Puspita. 2020. Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Manajer Pendidikan. 14 (3), 104.

Ginting, Prayudi dkk. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Magister Adminitrasi Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. 6 (4), 244.

Gunawan, Ary. 1996. Adminitrasi Sekolah. Jakarta: PT Reineka Cipta.

Jumairi. 2019. Urgensi Manajemen Sarana dan Prasarana Berkualitas dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. STAI Denpasar. 4 (7), 5.

Kurniawati, Putri isnaeni & Sayuti, Suminto A.. 2013 . Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SMKN 1 Kasihan Bantul, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1. Nomor 1, April

Mansur, Budi. 2020. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal al-Amin – Kajian Pendidikan Sosial Kemasyarakatan, 5 (1), 17.

Milles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J.. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhroji. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Jurnal Insania, 16 (1), 58

Mulyadi, Acep. 2020. Dampak Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan, Jurnal Syntax Admiration, 1 (8), 1009.

Mulyasa, E.. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrudin dan Maryadi. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD, Jurnal Managemen Pendidikan, 13 (1), 19.

Oktarina, Rahmi. 2016. Evaluasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran Jurusan Teknik Komputer Jaringan Menggunakan Model CIPP di SMK Negeri 2 Payakumbuh, Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, 4 (2).

Pratama, Alfian S. dkk. 2018. Studi Eksplorisasi Pengelolaan dan Kepuasan dalam Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Workshop yang telah Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Jurnal of Mechanical Engineering Education. 5 (2), 142.

Prihatini, Eka. 2011. Teori Adminitrasi pendidikan. Bandung: Alfabet.

Rosnaeni. 2019. “Manajemen Sarana dan Prasarana”. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Volume VIII. Nomor 1, Januari.

S. Norhasanah. 2018. Monitoring dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam (At-Turats). 12 (1), 132.

Sahertian, Piet, 1994. Dimensi-dimensi Adminitrasi Pendidikan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sofiah, Siti, dkk. 2019. “Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 14, No 1, Mei.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabetha cv.

Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

PlumX Metrics

Published
2022-06-02