Manajemen Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Malang

  • Gita Adam Insani UIN MALANG
Keywords: Management, pedagogic competency, Teacher, pandemic covid-19

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dapat terwujud melalui usaha optimal dari guru. Guru perlu melakukan perencanaan proses pembelajaran dengan baik, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan tindak lanjut hasil proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi salah satunya yaitu dengan kompetensi pedagogik. Apalagi di masa pandemi, sistem pembelajaran akademik maupun non akademik di sekolah dilakukan secara daring sehingga membutuhkan sistem pembelajaran yang baru guna meningkatkan antusiasme dari siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi perlunya peningkatan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini akan dipaparkan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan keahlian dalam pengajaran guru di masa pandemic covid-19. Berdasarkan latar belakang, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana perencanaan peningkatan kapasitas ilmu pendidikan tenaga pendidik pada masa epidemi covid-19 untuk mendeskripsikan implementasi kualifikasi keguruan oleh pengajar pada masa wabah covid-19, untuk mendeskripsikan evaluasi kemampuan tenaga pengajar di era merebaknya virus di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah  pertama observasi lapangan, kedua teknik wawancara, dan yang ketiga adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data  adalah teknik analisis  deskriptif kualitatif  dengan langkah  meliputi editing, virifying, classifying, analizying,  dan concluding. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kegiatan  rapat bersama yang dilakukan satu minggu sekali, rapat kerja bulanan, dan rapat kerja tahunan, yang melibatkan pimpinan staff  dan guru  yang bisa dilakukan secara online dan  bertahap mulai dari pelatihan pembuatan video hingga pembuatan kelas dalam aplikasi zoom meet  kegiatan yang diseleggarakan pendekatan internal maupun eksternal. Setelah itu, sekolah membuat pemetaan permasalahan, mencari alternatif solusi apa saja yang mungkin dilakukan dari segi materi, dan melakukan kerjasama dengan sekolah lain melalui kepala sekolah berupa organisasi yang dinamakan K3S (Kelompok Kepala Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-02-05