STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 1 PROBOLINGGO

  • Nindyah Yosinia Safitri UIN Malang
Keywords: 1; Strategi Kepala Madrasah 2; Budaya Religius 3; Karakter

Abstract

Strategi kepala madrasah mengenai budaya religius yang diterapkan di madrasah merupaya upaya untuk membentuk karakter siswa melalui pembiasaan budaya religius. Sebagaimana pendidikan nasional, peserta didik diupayakan mampu mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan dan akhlaq mulia. Sehingga strategi kepala sekolah dalam pengembangan budya religius penting diterapkan untuk membentuk karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa MAN 1 Probolinggo. (2) Untuk mengetahui implementasi strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa MAN 1 Probolinggo. (3) Untuk mengetahui hasil strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa MAN 1 Probolinggo. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dengan mengambil objek MAN 1 Probolinggo. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk mengetahui keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi data, metode, dan sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengn langkah-langkah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama. Perencanaan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa meliputi: a) visi dan misi; b) mansapro ahsan (ahli dan santun). Kedua. Implementasi strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa meliputi: a) 5s (senyum, sapa, salam, sopan, santun); b) penyambutan siswa pagi hari di depan gerbang; c) sholat dhuha berjama’ah; d) tahsin; e) sholat dhuhur berjama’ah; f) peringatan hari besar islam (PHBI); g) MAN PK putri. Ketiga. Hasil strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa meliputi: a) disiplin; b) religius; c) mandiri; d) berakhlaqul karimah.

Kata Kunci 1; Strategi Kepala Madrasah 2;  Budaya Religius 3;  Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2006

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala sekolah, Tinjauan Toritik dan Prmasalahannya, Jakarta; PT Rajagrafindo Persada, 1999

Tharaba, M Fahim (2016). Dasar-dasar Pendidikan IsIam, MaIang: CV. Dream Iitera Buana.

Asmaun Sahlan, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah : Upaya Mengembangkan PAI dari Teori Aksi, (Malang; UIN-Maliki Press, 2010)

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Persepektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Muchlas Samani & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011),

David , Fred R, , Manajemen Strategi, edisi sepuluh, (Jakarta; Selemba Empat, 2006)

Sutopo, Hedayat, Manajemen Pendidikan, (Malang: Program Pascasarjana Universitas

Negeri Malang, 2001)

PlumX Metrics

Published
2022-12-30