STRATEGI KYAI UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN

  • Elok Arofatul Maghfiroh Uin Malang
Keywords: Kata Kunci: Strategi Kyai, Mutu Pembelajaran santri

Abstract

ABSTRAK

Strategi Kyai merupakan hal yang krusial untuk keberlangsungan organisasi lembaga kepesantrenan. Penelitian ini membuktikan bahwa strategi Kyai untuk peningkatan mutu pemebelajaran santri dinilai signifikan di pondok pesantren. Meskipun Kyai di pondok pesantren Terpadu Al-kamal ini tidal turun secara langsung atas keseluruhan kegiatan santri namun tetap memiliki andil yang sangat penting terhadap perkembangan kualitas dari berbagai aspek di dalam pondok peantren dibuktikan dengan adanya evalusi secara rutin dilakukan satu bulan sekali. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti dalam meneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan mengambil Objek penelitian di Pondok Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodai Blitar. Pengumpulan data penggunakan tehnik wawancara, dokumentasi serta obervasi secara langsung di tenmpat penelitian. Sedangkan Untuk menguji keabsahannya peneliti menggunakan trigulasi sumber, trigulasi tehnik dan juga trigulasi waktuHasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menunjang pembelajran santri perlu adanya program-program yang diterapkan di luar belajar wajib Diniyah diantaranya Majelis Murotil Al-Qur`an, Tashih Nahwu, Tashih Lughoh, Paket Semester serta ekstrakulikuler santri terbukti mutu pembelajaran di pondok pesantren naik dengan signifikat dengan bukti bahwa nilai di santri rata-rata memenuhi standart KKM (Kriteria Ketuntasan Minimun) yang telah ditentukan di pondok pesantren.

Kata Kunci: Strategi Kyai, Mutu Pembelajaran santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amilia, A. n. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Mengenai diri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Asrl, R. A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Eri Purwanti, N. K. (2018). Implmplementasi Manajemen strategi dalam upayah peningkatan mutu pendidikan di pondok pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh, 90.

Hartono, S. d. (2008). Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hendra, E. (2012). Al-Qur`an Cordobba Terjemah. Bandung: PT Cordoba Internasional Indonesia.

Mu`awanah. (2011). Strategi Pembelajaran. Jawa Timur: STAIN Kediri Press.

Nasution, M. N. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Yogyakarta: Ekonisia.

Nasution, S. (2013). Beerbagai pendekatan dalam Prosees Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Qomar, M. (2006). Pesantren dari Transformasi menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

robinson, J. A. (2008). Manajemen Strategi Formulasi, Implementasidan Pengendalian . Jakarta: selemba Empat.

Sanjaya, w. (2006). Strategi Pembelajaran berorientasi standart proses pendidikan. Jakarta: Kencan Prenada Media Group.

Stiawan, E. (2012, Desember 20). Kamus Besar BAhasa Indonesia. Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/santri.html

Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yasmadi. (2006). Modernisasi Pesantren: Kritik Nurkholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Nasional. Jakarta: Ciputat.

Zamroni. (2012). Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta: PSAPB Muhamadiyah.

PlumX Metrics

Published
2022-12-30