MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH TURI LAMONGAN

  • M Shine Dari Wayah M UIN Malang
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Pesantren, Manajemen Pembelajaran di Pesantren

Abstract

ABSTRAK
Meski sudah ada sejak berabad-abad lamanya, pendidikan pesantren masih sering dinomor-duakan dalam peta pendidikan nasional. Peran pesantren dalam pendidikan masih sering difungsikan sebagai peran tambahan dalam pendidikan umum siswa, sehingga tak jarang, pesantren jarang mampu bersaing dengan pendidikan umum. Meski demikian, cara pandang masyarakat tersebut mulai bergeser dimana banyak pesantren yang mulai tumbuh menjadi media pendidikan yang mampu bersaing dengan menawarkan program pendidikan yang tak kalah dibandingkan dengan pendidikan umum.
Tujuan dalam penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui tentang : (1) Perencanaan Pembelajaran Pondok Pesantren SPMAA Turi Lamongan; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Pondok Pesantren SPMAA; (3) Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Pondok Pesantren SPMAA
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus (study case). Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview dan observasi. Teknik analisis data menggunkan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Setelah melakukan seluruh rangkaian proses penelitian, dari awal hingga akhir penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, manajemen pembelajaran di Pesantren SPMAA telah dilaksanakan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan: (a) Data yang terkumpul dari masing-masing tahapan; (b) Tersedianya perangkat media dan fasilitas pembelajaran sesuai standard. Kedua, pada tahap pelaksanaan menejemen pembelajaran juga terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan kemampuan Ustadz/ah: (a) Dalam menggunakan beragam metode; (b) Dalam memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan secara optimal. Ketiga, pada tahapan evaluasi telah berjalan dengan baik karena pesantren: (a) Memiliki sistem dalam penilaian hasil belajar; (b) Melaksanakan kendali mutu pendidikan dengan menggunakan evaluasi yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhim, G. B. (n.d.). No Title.

Afwadzi, B., & Miski, M. (2020). Islam Moderat dan Shī‘ah Zaydiyah: Kontribusi Pemikiran Hadis Muḥammad ibn Ismā‘īl al-Ṣan‘ānī bagi Moderasi Islam di Indonesia. UIN-Maliki Press.

Daulay, H. P. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan. Islam Di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Hlm., 9.

Dougiamas, M. (2007). Moodle a free, Open Source Course Management System for Online Learning. http://moodle.org

Engkoswara; Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. CV. Alfabeta.

Madjid, N. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Paramadina.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Muchit, A. (2008). pembelajaran Kontekstual. Rasail Media Grup.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Na’im, G. A. (n.d.). No Title.

Narbuko, C. dan A. A. (2001). Metode Penelitian. Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Prawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. PT LkiS Pelangi Aksara.

Rohman, M. (2013). Strategi dan Disain. Prestasi Pustaka Karya.

Rusman. (2010). No Title. Rajawali.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Suprayogo, I. (2011). Hubungan Antara Pergruan Tinggi dan Pesantren. UIN Malang Press.

Yati, S. T. U. (2013). Manajemen dalam pembalajaran. Pt Indeks.

PlumX Metrics

Published
2022-12-30