http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi/issue/feed Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2024-03-19T09:12:47+07:00 Prayudi Lestantyo j-iems@uin-malang.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</strong> adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang manajemen pendidikan Islam, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini&nbsp;terbit empat kali dalam setahun di bulan Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia dan Inggris. <strong>Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</strong>&nbsp;dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.</p> <p><strong>Journal Template:</strong> <a href="https://docs.google.com/uc?export=download&amp;id=15GGWNOvGBsVWGoS8_xbuj1RQnRmW__aK" target="_blank" rel="noopener">Dowload Here</a></p> <p><strong>E-ISSN:&nbsp;<a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220309302362756" target="_blank" rel="noopener">2830-1420</a></strong></p> http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi/article/view/824 Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran di Kota Batu 2024-02-05T08:11:05+07:00 Nurul Yaqien nyaqien@gmail.com Imam Fikri Haikal imam.fikri41@gmail.com Rizky Maulida rizkymaulida2017@gmail.com <p>Dengan tujuan pemulihan pembelajaran tahun 2022 sampai tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pandemi Covid-19 yang menyebabkan berbagai permasalahan dalam proses belajar-mengajar di lembaga pendidikan sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan. Kurikulum 2013 sebelum adanya Covid-19 menjadi satu-satunya kurikulum yang diimplementasikan. Masa pandemi Covid-19 yang berawal dari tahun 2020-2021 menyebabkan Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat. Masa pandemi pada tahun 2021-2022 Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan menjadi wasilah untuk memperbaiki dan pemulihan proses pembelajaran yang dikeluarkan pada tahun 2021.&nbsp; SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu merupakan sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.</p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, (2) Implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, dan (3) Hasil implementasi dari kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu.</p> <p>Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumenn pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan mengamati secara langsung ke lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa reduksi data dan triangulasi baik sumber metode dan waktu.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah, (1) Pada tahap perencanaan Kurikulum Merdeka, kedua sekolah sudah melaksakan sesuai dengan arahan yang diberikan saat pelatihan, yaitu Kurikulum Merdeka harus menerapkan perancangan kurikulum operasional pendidikan,&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; (2) Implementasi Kurikulum Merdeka pada kedua sekolah berjalan dengan baik. Di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 sudah menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan (3) Hasil implementasi dari Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Batu adalah peserta didik lebih sigap dan aktif karena kegiatan proyek mengharuskan diterapkan secara berkelompok atau kerja tim. Adapun hasil implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah 8 adalah guru lebih leluasa mengajar dalam hal memberikan materi ajar kepada peserta didik.</p> <p>Antara SMP Muhammadiyah 8 dan SMA Negeri 2 Batu dalam tahapan sekolah penggerak sudah masuk pada tahap 4. Pada tahap 4 ini memuat beberapa poin, seperti berpusat pada siswa, refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi, serta guru dan kepala sekolah melakukan pengimbasan. Ke dua lembaga tersebut sudah memusatkan segala kegiatan pendidikan kepada siswa serta guru sudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran seperti melakukan penyesuaian pengajaran yang dilihat dari karakteristik siswa.</p> 2024-02-05T08:10:43+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi/article/view/865 Manajemen Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Malang 2024-02-05T13:45:59+07:00 Gita Adam Insani gitaadaminsani6@gmail.com <p>Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dapat terwujud melalui usaha optimal dari guru. Guru perlu melakukan perencanaan proses pembelajaran dengan baik, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan tindak lanjut hasil proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi salah satunya yaitu dengan kompetensi pedagogik. Apalagi di masa pandemi, sistem pembelajaran akademik maupun non akademik di sekolah dilakukan secara daring sehingga membutuhkan sistem pembelajaran yang baru guna meningkatkan antusiasme dari siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi perlunya peningkatan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini akan dipaparkan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan keahlian dalam pengajaran guru di masa pandemic covid-19. Berdasarkan latar belakang, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana perencanaan peningkatan kapasitas ilmu pendidikan tenaga pendidik pada masa epidemi covid-19 untuk mendeskripsikan implementasi kualifikasi keguruan oleh pengajar pada masa wabah covid-19, untuk mendeskripsikan evaluasi kemampuan tenaga pengajar di era merebaknya virus di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.&nbsp; Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah&nbsp; pertama observasi lapangan, kedua teknik wawancara, dan yang ketiga adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data&nbsp; adalah teknik analisis&nbsp; deskriptif kualitatif&nbsp; dengan langkah&nbsp; meliputi <em>editing, virifying, classifying, analizying,&nbsp; dan concluding.</em> Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kegiatan&nbsp; rapat bersama yang dilakukan satu minggu sekali, rapat kerja bulanan, dan rapat kerja tahunan, yang melibatkan pimpinan staff&nbsp; dan guru&nbsp; yang bisa dilakukan secara <em>online</em> dan&nbsp; bertahap mulai dari pelatihan pembuatan video hingga pembuatan kelas dalam aplikasi <em>zoom meet</em>&nbsp; kegiatan yang diseleggarakan pendekatan internal maupun eksternal. Setelah itu, sekolah membuat pemetaan permasalahan, mencari alternatif solusi apa saja yang mungkin dilakukan dari segi materi, dan melakukan kerjasama dengan sekolah lain melalui kepala sekolah berupa organisasi yang dinamakan K3S (Kelompok Kepala Sekolah.</p> 2024-02-05T13:44:27+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi/article/view/1376 Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Mutu dan Daya Saing Sekolah di SMA Brawijaya Smart School Malang 2024-03-19T09:12:47+07:00 Amiga Putri Minanda putriminanda23@gmail.com <p>The principal is a leader who has an important role in improving the quality and competitiveness of schools. Principals must have a serious attitude and high work ethic so that they can produce mature strategies. The strategy aims to make change truly materialized by the birth of new innovations that have an impact on improving the quality and competitiveness of education in schools. Democratic leadership style is a leadership style in which the leader involves all subordinates in making policies and actions. The purpose of this study was to determine and describe 1) the planning of the implementation of democratic leadership by the principal in building a culture of quality and school competitiveness at SMA Brawijaya Smart School Malang, 2) the implementation of the democratic leadership of the principal in building a culture of quality and school competitiveness at SMA Brawijaya Smart. School Malang, 3) the results of the planning of the implementation of the Principal's Democratic Leadership in Building a Culture of Quality and School Competitiveness at SMA Brawijaya Smart School Malang. The results showed that the implementation of the Principal's Democratic Leadership in Building a Culture of Quality and School Competitiveness at Sma Brawijaya Smart School Malang, namely 1) planning by making superior programs that are guided by the vision, mission and goals of the school in order to create a culture of quality and school competitiveness. which is SMART (Spiritual, Motivated, Active, Respectfull, Technological), 2) its implementation is in the form of student activities in the field of student affairs and academics that are accommodated by the school, 3) the result is the realization of a quality culture and school competitiveness as evidenced by behavior and achievements obtained by students.</p> 2024-03-19T09:12:47+07:00 ##submission.copyrightStatement##