PENGARUH POLA KOMUNIKASI MAHASISWA DENGAN DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI UIN MALANG

  • Nurinda Putri Lestari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Communication Patterns of Students-Academic Advisory Lecturer Achievement, Learning Motivation, Learning Achievement

Abstract

Communication pattern is a form of interaction that is carried out by the communicant and communicator. Communication patterns of student-academic supervisors can create good interactions between the two, this can foster good motivation for students. Good motivation can foster students' enthusiasm for learning in the academic field, this is evidenced by their increasing learning achievements.This study aims to: 1) determine the effect of communication patterns between students and academic supervisors on learning achievement. 2) Knowing the influence of student learning motivation and academic supervisors on learning achievement. 3) Knowing the communication patterns of student-lecturer academic supervisors and learning motivation on learning achievement.This research is a type of quantitative research. The research sample was 40 students majoring in PIPS at UIN Malang. Data on communication patterns of students and academic supervisors, and learning motivation and learning achievement were taken using a questionnaire/questionnaire. The data analysis technique used multiple regression test.The results of this study indicate that 1) the communication pattern of students and academic supervisors has an effect on academic achievement with a significant value of 0.002. 2) Learning motivation has a significant effect on learning achievement with a significant value of 0.010. 3) Student-lecturer communication pattern of academic supervisors and learning motivation have an effect on learning achievement with a significant value of 0.000.

 

Abstrak

Pola komunikasi merupakan bentuk interaksi yang dilakukan oleh komunikan dan komunikator. Pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik dapat menciptakan interaksi yang baik di antara keduanya hal ini dapat menumbuhkan motivasi yang baik kepada mahasiswa. Motivasi yang baik dapat menumbuhkan semangat belajar mahasiswa dalam bidang akademik hal ini dibuktikan dengan prestasi belajar nya yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik terhadap prestasi belajar. 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa-dosen pembimbing akademik terhadap prestasi belajar. 3) Mengetahui pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di UIN Malang. Data pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik, dan motivasi belajar dan prestasi belajar diambil dengan menggunakan angket/quisioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik berpengaruh terhadap prestasi akademik dengan nilai signifikan 0,002. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,010. 3) Pola komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing akademik dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adler, R. B. (2009). Understanding Human Communication. Oxford University Press.

Azhari, S. (2015). Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Di Panti Sosial Taman Penitipan Anak. Jurnal Pekommas.

Bakar, A. & F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antara Dosen Dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas.

Bochner, A.P. & Kelly, C. W. (1974). Interpersonal Competence Rationale, Philosophy. And Implementation of A Conceptual Framework. The Speech Teacher.

Dimyati dan Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud.

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Ilmu Teori Komunikasi dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakri.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Journal: Lantanida Uin Ar Raniry Banda Aceh, 5(2).

Hartanti, J. (2019). Pengaruh Pola Komunikasi Dan Motivasi Belajar Guru Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTSN 2 Bengkulu Selatan. Jurnal: Al Batsu Bengkulu, 4(20).

Mediawati, E. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 5(2).

Miller, K. (2009). Organization Communication: Approacher And Processes (6thn Edition). Wadsworth Publishing Company.

Mulyana, D. (2001). Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Press.

Rusdiansyah, M. (2019). Motivasi Belajar Yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surah Al-Mujadalah Ayat 11. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soejanto, A. (2001). Psikolog Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sunyata, L. (2019). Strategi Komunikasi Pada Program Wwf- Indonesia Program Kalbar. KOMUNIKA-Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Rajagrafindo Persada.

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi Dalam Pembelajaran. UIN Malang Press.

PlumX Metrics

Published
2022-01-10