PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP NASIONALISME

  • Ainun Husna Nadiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Luthfiya Fathi Pusposari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Citizenship Education, School Environment, Nationalism

Abstract

Today's sense of nationalism in young people is getting lost, in SMAN 1 Glenmore students this is marked by their lack of being able to imitate the attitudes of the heroes such as respecting differences, being responsible, enthusiastic, unyielding and disciplined, as well as a lack of willingness to preserve regional culture. Citizenship education is the government's contribution in the field of education, which is expected to develop a sense of nationalism in today's young generation. In addition, the environment will also affect the main school environment as a place to learn, play and socialize will also affect the behavior formed in students. The purpose of the study was to determine whether there was an effect of civic education and school environment on nationalism in the students of SMAN 1 Glenmore, either partially or simultaneously. The research method uses a quantitative approach and the type of correlational research. Questionnaire as research instrument and multiple linear regression as data analysis. The total population is 182 students and takes a sample of 125 students. The results showed that there was a significant effect of civic education and the school environment on the nationalism of SMAN 1 Glenmore students, civic education got a coefficient value of 0.945, and the school environment was 0.176, while jointly influencing nationalism by 76.5%, while the remaining 23.5 % is influenced by other factors.

 

Abstrak

Rasa nasionalisme pada anak muda saat ini semakin hilang, pada siswa SMAN 1 Glenmore hal ini ditandai dengan kurang bisa meneladani sikap para pahlawan seperti menghargai perbedaan, bertanggung jawab, semangat, pantang menyerah dan kedisiplinan, serta kurangnya kemauan untuk melestarikan kebudayaan daerah. Pendidikan kewarganegaran merupakan kontribusi pemerintah dalam bidang pendidikan, diharapkan dapat mengembangkan rasa nasionalisme pada generasi muda saat ini. Selain itu, lingkungan juga akan berpengaruh utamanya lingkungan sekolah sebagai tempat belajar, bermain dan bersosialisasi juga akan mempengaruhi perilaku yang terbentuk pada siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kewarganegaraan dan lingkungan sekolah terhadap nasionalisme pada siswa SMAN 1 Glenmore baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Angket/kuesioner sebagai instrumen penelitian serta regresi linier berganda sebagai analisis data. Jumlah populasi 182 siswa dan ambil sampel sebesar 125 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan Pendidikan Kewarganegaraan dan lingkungan sekolah terhadap nasionalisme siswa SMAN 1 Glenmore, pendidikan kewarganegaraan mendapat nilai koefisien sebesar 0,945, dan lingkungan sekolah sebesar 0,176, sedangkan secara bersama-sama mempengaruhi nasionalisme sebesar 76,5%, sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. (2014). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Penerbit Ombak.

Cogan, J.J., dan Derricott, R. (2014). Citizenship for the 21st Century : An International Perspective on Education. 1 ed. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315880877.

Damri, dan Putra, Fauzi Eka. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. 1 ed. Jakarta: Kencana.

Darmayati, O., Suntoro, I., dan Yanzi, H. (2015). Pengaruh Budaya dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi 3, No. 4.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional RI.

Dianti, Puspa. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23, No. 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062

Halimah, Lili. (2018). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Nasionalisme Peserta Didik Sekolah Menengah Kota Cimahi. Pedagogia 16, No. 3. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.13242

Hamidi, J. dan Lutfi, M. (2010). Civic Education: Antara Realitas Politik dan Implementasi Hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariono. (2012). Pancasila : Nasionalisme dan Generasi Muda Indonesia. Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim.

Hasanah, Ika Aryastuti. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Perkembangan Moral Siswa di SDIT Jambi Islamic School Mahabatullah Kota Jambi. Tesis: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/11400/.

Hendrastomo, Grendi. (2007). Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi 1, No. 1.

Khamdariah, Siti. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar PKn terhadap Kesadaran Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Kecamatan Kebonagung Demak. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Mulyasana, Dedi. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Erni Juliana Al Hasanah. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dan Komunikasi Pembelajaran Jarak Jauh dalam Membangkitkan Nasionalisme Mahasiswa Menghadapi Pandemi Covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis 4, No. 2.

Nata, Abuddin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. 1 ed. 1. Kencana.

Pangalila, Theodorus. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7, No. 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3553

Sudrajat, Ajat. (2011). Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. UNY Press.

Sudrajat, Ajat. (2014). Budaya Sekolah dan Pendidikan Karakter. Intan Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sundari. (2009). Hubungan Antara Faktor Pendidikan, Lingkungan dan Peserta Didik Dengan Sikap Nasionalisme di Kalangan Pelajar SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Supardi, Imam. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Alumni.

Taniredja, Tukiran. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta.

Teta, Maria Karolia. (2012). Pengaruh Pelaksanan Pendidikan Karakter pada Pelajaran PKn terhadap Sikap Nasionalisme Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1, No. 1.

Winataputra, Udin S, dan Budimansyah. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. 1 ed. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana UPI.

Yatim, Badri. (1999). Soekarno, Islam, dan Nasionalisme. Logos Wacana Ilmu.

Yusuf, Syamsu. (2001). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2022-01-10