UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Nur Fadila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Teacher's Efforts, Learning Achievement, Covid-19 Pandemic

Abstract

The covid-19 pandemic has caused various problems, especially for the learning system. Learning that is usually done face-to-face in class has turned into online learning. The objectives of this study are: (1) to explain the efforts of teachers in improving social science learning achievement during the Covid-19 pandemic. (2) Explaining the supporting and inhibiting factors of teachers' efforts in improving Social Science learning achievement during the Covid-19 pandemic. This research uses a descriptive qualitative method. The key resource persons in this study were the Social Studies teacher for class VIII, the principal, and students at MTs YPI Al Hidayah. Data collection techniques applied in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study reveal that: (1) some of the efforts made by social studies teachers in improving social studies learning achievement during the covid-19 pandemic, namely: doing careful planning, attending educational trainings, using varied teaching methods, choosing learning media that supports, provides motivation to learn, and conducts periodic evaluations; (2) Supporting factors in improving social studies learning achievement during the covid-19 pandemic, namely: giving rewards, peer support, and parental support. As for the inhibiting factors, there are several things, namely: cutting study hours, teacher limitations in controlling online classes, and student delays in taking online classes.

 

Abstrak

Pandemi covid-19 telah menimbulkan berbagai masalah khususnya bagi sistem pembelajaran. Pembelajaran yang biasa dilakukan melalui tatap muka di kelas, berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada masa pandemi Covid-19. (2) Menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Narasumber kunci dalam penelitian ini adalah guru IPS kelas VIII, kepala sekolah, serta peserta didik di MTs YPI Al Hidayah. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) beberapa upaya yang dilakukan oleh guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada masa pandemi covid-19, yaitu: melakukan perencanaan yang matang, mengikuti pelatihan-pelatihan kependidikan, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, memilih media pembelajaran yang mendukung, memberikan motivasi belajar, dan melakukan evaluasi secara berkala; (2) Faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada masa pandemi covid-19, yaitu: pemberian reward, dukungan teman sebaya, dan dukungan orang tua. Sedangkan untuk faktor penghambatnya terdapat beberapa hal, yaitu: pemotongan jam belajar, keterbatasan guru mengontrol kelas daring, dan keterlambatan siswa mengikuti kelas daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A.F. & Adi, D.P. (2020). Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS: Studi Kasus Siswa MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Jurnal Solidarity, 1 (1), 1-12.

Astuti, Melia. (2021). Analisis Efektivitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1 (1), 141-149.

Bararah, Isnawardatul. (2017). Efektivitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisun, 7 (1), 131-147.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hadipoerwono. (2011). Tata Personalia. Djembatan.

Hartini, Sri. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Materi Memahami Devisa Sebagai Alat Pembayaran Luar Negeri melalui Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL), Jurnal Education and Economics, 1 (2), 42-55.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Junal Ittihad, Vol. 1, No. 2, 185-195.

Pradja, M. S. (2010). Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Usaha Nasional.

Putria, H., Maula, L.H., & Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-872.

Riswandi, W., Irwan, D., & Gustian, D. (2020). Pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) terhadap Prestasi Siswa dengan Regresi Linier Berganda di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, ISSN: 1979-2328, 187-195.

Roysa, M. & Hartini, A. (2020). Aplikasi Daring Quizizz Sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (2), 315-326.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.

Salsabila, U. H., Habibah, R., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Trapsila, 2 (2), 1-13.

Santrock, J.W. (2010). Perkembangan Anak. Edisi 11. Erlangga.

Saputra, H. G. & Zinnurrain. (2018). Pengaruh Penggunaan Media MS Power Point Berbasis Game terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3 (1), 11-19.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soni. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2 (1), 17-20.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarto. (2012). Ice Breaker Dalam Pembelajaran Aktif. Cakrawala Media.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Grafindo Persada.

Usman, Moh. Uzer. (2017). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Winata, Koko Adya. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandemi. Jurnal Ad–Man–Pend, 4 (1), 1-6.

Yuzarion. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 107-117.

PlumX Metrics

Published
2022-01-28