UPAYA PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN IPS

  • Isma Fitriyatul Amaniyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Nasith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Social Care Character, School Culture, Social Studies Learning

Abstract

Character of social care is one of the characters that needs to be instilled at this time because social caring character is starting to fade, especially among students, this is evident from several problems that occur among students such as quarrels, bullying and others. The focus of the research in this study is: how to inculcate social care characters in class eight grade students of MTs Al-Ula 1 Pamekasan through school culture and social studies learning. This research uses a descriptive qualitative method. Data collection techniques used observation, documentation, and interviews with sources namely the principal, social studies teacher for class eight, waka curriculum and several students of class eight. Data analysis used in this research is data collection, data condensation, data presentation and conclusion drawing. The results showed that: efforts to inculcate social care character through school culture were carried out with self-development activities (routine, spontaneous, exemplary activities), facilitating social activities, providing donation facilities, raising money for victims of natural disasters, building class harmony and empathizing with others. Then through social studies learning by integrating the values of social care characters in the syllabus and lesson plans as well as in learning activities. Obstacles in planting social care characters at MTs Al-Ula 1 are caused by internal factors, namely from family and technological advances. The solution that can be done is to always control and pay attention to students, and between teachers, parents must work together in planting socially caring characters. 

  

Abstrak

Karakter peduli sosial merupakan salah satu karakter yang perlu ditanamkan pada masa sekarang karena karakter peduli sosial mulai memudar khususnya dikalangan peserta didik hal ini terbukti dari beberapa permasalahan yang terjadi di kalangan peserta didik seperti pertengkaran, bullying dan lain-lain. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: bagaimana upaya penanaman karakter peduli sosial pada siswa kelas VIII MTs Al-Ula 1 Pamekasan dengan melalui budaya sekolah dan pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber yaitu kepala sekolah, guru IPS kelas VIII, wakil kepala bagian kurikulum dan beberapa siswa kelas VIII. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam upaya penanaman karakter peduli sosial melalui budaya sekolah dilakukan dengan kegiatan pengembangan diri (kegiatan rutin, spontan dan keteladanan), memfasilitasi kegiatan sosial, menyediakan fasilitas menyumbang, mengumpulkan uang untuk korban bencana alam, membangun kerukunan warga kelas, dan berempati kepada sesama. Kemudian melalui pembelajaran IPS dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli sosial dalam silabus dan RPP serta dalam kegiatan pembelajaran. Kendala dalam penanaman karakter peduli sosial di MTs Al-Ula 1 disebabkan faktor internal atau dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu dari keluarga dan kemajuan teknologi. Solusi yang bisa dilakukan yaitu selalu mengontrol dan memberikan perhatian pada siswa, kemudian guru dan orang tua harus bekerja sama dalam penanaman karakter peduli sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180.

Albertus, D. K. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. PT Kanisius.

Anggraini, M. S. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 151–158.

Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriany, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter (A. Gunarsa (ed.); Cet. 2). PT Refika Aditama.

Hasanah, U. (2016). Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 66. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8750

Himmah, F., Tukidi, T., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 158–163. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36421

Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak: Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial (Pristanti (ed.); Cet. 1). Cosmic Media Nusantara.

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan (JISIP), 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Laksana, S. D. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal MUADDIB, 05(01), 167–184.

Lickona, T. (2021). Menciptakan Budaya Moral Positif di Sekolah: Seri Pendidikan Karakter. Nusa Media.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96.

Mawardi, & Indayani, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 SD 6 Subussalam Kota Subulussalam. JIHAFAS, 3(2), 14–29.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=oMT6wQEACAAJ

Rakhmawati. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1).

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 778–783.

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS (Cet. 1). PT Remaja Rosdakarya.

Surahman, E., & Mukminin. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1). https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Wiyani, N. A. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management: Konsep dan Aplikasi di Sekolah (N. Hidayah (ed.)). Ar-Ruzz Media.

PlumX Metrics

Published
2022-04-16