PENGARUH KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMPM 06 DAU

  • Niswatin Maghfiroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Hayyun Lathifaty Yasri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Learning Resources; Interest; Social Studies Learning Outcomes

Abstract

This research is motivated by the number of teachers and social studies textbooks as learning resources which are less than the number of students, and students' interest in participating in the social studies learning process is still lacking. As a result, students achieve learning outcomes that do not meet the specified KKM. The aims of this study were to: (1) explain the effect of the availability of learning resources on social studies learning outcomes for seventh grade students of SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang; (2) explain the effect of interest in learning on the social studies learning outcomes of students. class VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang; (3) explaining the effect of the availability of learning resources and interest in learning on social studies learning outcomes for seventh grade students of SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. This study uses a quantitative approach with descriptive statistics. The population and samples used were all seventh-grade students of SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with a probability level of 0.05. The results of the study show 1) the availability of learning resources has an influence on social studies learning outcomes; 2) interest in learning has an influence on social studies learning outcomes; 3) the availability of learning resources and interest in learning affect social studies learning outcomes with a significance level of (0.01) < (0.05).

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah guru dan buku paket IPS sebagai sumber belajar yang lebih sedikit dari jumlah siswa, dan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran IPS masih kurang. Akibatnya, siswa mencapai hasil belajar yang tidak memenuhi KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang; (2) menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang; (3) menjelaskan pengaruh ketersediaan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis statistik deskriptif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan taraf probabilitas 0.05. Hasil penelitian menunjukkan 1) ketersediaan sumber belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS; 2) minat belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS; 3) ketersediaan sumber belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dengan taraf signifikansi (0.01) < (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andesta, R. (2021). Pengaruh Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan di SMK Pembina 1 Palembang. Jurnal Neraca, 5(1).

Basri, Hasan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Setia.

Damayanti, F. (2017). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Ketersediaan Sumber Belajar, dan Pangkat Golongan terhadap Kemampuan Mengimplementasikan PERMENDIKBUD Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses pada SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Tahun 2017. Skripsi.

Dasar, U.-U. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(7).

Khairini, U. H. (2017). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi KelasX IPS SMAN 1 Sui Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2).

Laras, S. A., Rifai, A., (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah 4(2).

Mastura, Emy Dian. (2018). Pengaruh Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fikih MTs ASWAJA Tunggangri Tulungagung. Skripsi.

Mubarok, A. S. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar dan Kelengkapan Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Islam Al-Ma`arif 01 Singosari. Skripsi.

Mulyasa. (2017). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2018). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT Bumi Aksara.

Oemar, Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Qahfi, M., Norhayati, N., & Fitriaty, M. (2020). Pengaruh sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Paedagogie, 6(1).

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. PT Sinar Baru Algensindo Offset.

Sujarwo, Fitta Ummaya Santi, T. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat. UNY Press.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2022-06-09