FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PIPS PADA INTERNATIONAL CLASS PROGRAM

  • Nurul Masruroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alfiana Yuli Efiyanti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Factor analysis, International Class Program, Interest

Abstract

The rapid development of technology in various fields demands quality human resources. Educational institutions as of the institutions that provide quality graduates have to improve. At UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,   the International Class Program (ICP) is an effort to prepare students to answer these challenges. However, not all students are enthusiastic about participating in the program, especially students of the Social Sciences Education study program. The purpose of this article is to determine what factors influence Social Studies Education students in choosing the ICP and what factors are the most dominant. The approach in this article uses quantitative with the type of exploratory research. The sample in this study were students of Social Studies Education Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Class of 2018, 2019, and 2020 with a total of 195 students. The data collection instrument used a questionnaire. The analysis technique used is factor analysis with KMO, MSA, Communality, Total Variance Explained, and Rotated Component Matrix analysis. The results showed that the factors that influenced students' interest in  ICP consisted of 26 factors. These factors formed 4 different factors: the first is the prospect factor with a total factor load of 5,147 with a percentage of 39%. Second, the motivation and support factors with a total factor load of 5,134 with a percentage of 39%. Third, the talent and ability factor with a total factor load of 1,420 with a percentage of 11%. Fourth, the factor of program costs with a total factor load of 1,388 with a percentage of 11%. Thus, it can be concluded that the factor that has the greatest influence on student interest in ICP is the prospect factor.

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat di berbagai bidang menuntut sumber daya manusia yang berkualitas.  Institusi pendidikan menjadi salah satu lembaga penyedia lulusan yang berkualitas harus tetap berbenah.  Di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,   International Class Program (ICP) merupakan upaya untuk mempersiapkan mahasiswa menjawab tantangan tersebut.  Namun tidak semua mahasiswa antusias mengikuti program tersebut, terutama mahasiswa program studi Pendidikan IPS.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Pendidikan IPS dalam memilih program ICP dan faktor apa sajakah yang paling dominan.   Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksploratif.  Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2018, 2019 dan 2020 dengan jumlah 195 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis faktor dengan uji KMO, MSA, Communality, Total Variance Explained, dan Analisis Rotated Component Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap  ICP terdiri dari 26 faktor.  Dari factor tersebut terbentuk 4 faktor yang berbeda: yang pertama adalah faktor prospek dengan jumlah muatan faktor sebesar 5.147 dengan presentase sebesar  39%.  Kedua, faktor motivasi dan dukungan dengan jumlah muatan faktor sebesar 5.134 dengan presentase sebesar 39%.  Ketiga, faktor bakat dan kemampuan dengan jumlah muatan faktor sebesar 1.420 dengan presentase sebesar 11%  serta yang keempat faktor biaya program dengan jumlah muatan faktor sebesar 1.388 dengan presentase sebesar 11%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor yang memberikan pengaruh paling besar mengenai minat mahasiswa terhadap ICP adalah faktor prospek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aischa, R. (2010). Memilih Sekolah untuk Anak (inti media (ed.).

Amaliya, R. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Darmalaksana, W. (2016). Outlook Penelitian Dosen : Studi atas Penelitian Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2010-2015. Jurnal Informasi Riset Dan Inovasi.

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI. (2018). Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti Kementerian Agama Republik Indonesia. 1–60. http://kopertais10.or.id/file/f8b5347e49593cdec22189f5356585e9.pdf

Fitry, R. I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skripsi.

Hayurika, T. L. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Jurusan Akuntansi Kelas X Di Smk N 1 Demak. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Jurusan Akuntansi Kelas X Di Smk N 1 Demak, 10(1), 88–103. https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5097

ICP. (2020). Data Mahasiswa. FITK, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mahani, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Sikap Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan DEngan Minat Sebagai Variabel Moderating Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. In Pakistan Research Journal of Management Sciences (Vol. 7, Issue 5). http://content.ebscohost.com

Norris, E. M., & Gillespie, J. (2008). How Study Abroad Shapes Global Careers: Evidence from the United States. Journal of Studies in International Education. Journal of Studies in International Education, 20(10).

Santoso, M. Al. (2016). Teaching and learning strategies in Tarbiyah International Class Program To Develop Academic Skill Of Islamic Education Students. June, 1–12.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia Group.

Widagdo, A. A., & Rahardjo, S. T. (2012). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pembelian Pada Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Undip Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(1), 262–266. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

PlumX Metrics

Published
2022-06-09