ANALISIS SELF-PRESENTING DALAM TEORI DRAMATURGI ERVING GOFFMAN PADA TAMPILAN INSTAGRAM MAHASISWA

  • Luky Amelia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Saiful Amin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Self-presenting, Dramaturgy, Instagram

Abstract

This study aims to (1) determine student efforts in self-presentation. (2) Knowing the reasons why students of social science education at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang presented themselves based on dramaturgy theory in the Instagram display. This study uses a qualitative research method with a dramaturgical approach. The research sample amounted to 3 students majoring in Social Studies Education at UIN Malang. Data were collected using interview, observation, and documentation techniques. Data analysis was carried out using descriptive analysis. The results of the study show that (1) the reason why students majoring in Social Studies Education at UIN Malang is because actors want to be seen as ideal figures in front of their followers. (2) The students then made efforts to support his role as the figure he presented on Instagram. Such as editing photos or videos that will be uploaded, visiting viral places, to maintaining attitudes and behavior in front of the camera. Based on this research, it can be concluded that the activities carried out by students can be analyzed using dramaturgy theory. Instagram is a front stage where students present themselves. Meanwhile, performance support activities, where actors practice roles, make efforts to support their performances, and become themselves are referred to as back stages.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya mahasiswa dalam melakukan presentasi diri. (2) Mengetahui alasan mahasiswa pendidikan ilmu pengetahuan sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mempresentasikan diri berdasarkan teori dramaturgi dalam tampilan instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitafif dengan pendekatan dramaturgi. Subyek penelitian berjumlah 3 mahasiswa jurusan Pendidikan IPS UIN Malang. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) alasan mahasiswa jurusan Pendidikan IPS UIN Malang adalah karena aktor ingin dipandang sebagai sosok yang ideal dihadapan followersnya. (2) Para mahasiswa kemudian melakukan upaya-upaya untuk mendukung perannya sebagai sosok yang ia presentasikan di instagram. Seperti melakukan editing pada foto atau video yang akan diunggah, mengunjungi tempat-tempat viral, hingga menjaga sikap dan perilaku di depan kamera. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dapat dianalisis menggunakan teori dramaturgi. Instagram merupakan panggung depan (front stage) tempat mahasiswa mempresentasikan diri. Sedangkan kegiatan pendukung penampilan, tempat aktor berlatih peran, melakukan usaha-usaha untuk mendukung penampilannya, serta menjadi diri sendiri disebut sebagai panggung belakang (back stage).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 7(2), 130–139.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Media Kita.

Ayuningthyas, Vidia, P., & Dkk. (2015). Media Sosial Instagram Sebagai Pangung Presentasi Diri Pada Siswa SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sos Ant, 13(1), 92–106.

Baron, R. A., & Byine, D. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Gelora Aksara Pratama.

Detiknet. (2011). Pengguna Email Berkurang 11% dari Tahun ke Tahun.

Felldman, R. S. (1995). Social Psicology. A simon and Schyster Company.

Goffman, E. (1995). The Presentation of Self in Everyday Life.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25–31.

Lesmana, A. (2012). Analisis Pengaruh Media Sosial Tweeter Terhadap Pembentukan Band Attachment. Universitas Indonesia.

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komunikasi Sosial Lainnya. PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Rajawali Press.

Papacharissi, Z. (2002). The Presentation of Self in Virtual Life: Characteristics of Personal Home Page. Sage Publication.

Poloma, M. M. (2010). Sosiologi Kontemporer. PT Raja Grafindo Persada.

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modern Edisi Ketujuh. Prenamedia Grup.

Statista. (2022). Leading countries based on Instagram audience size as of January 2022 (in millions). https://www.statista.com/statistics/578364/countries-with-most-instagram-users/

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. PT Reflika Aditama.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & O, D. (2009). Psikologi Sosial (Kedua Bela). Kencana.

Ulfah, R., Ratnamulyani, I., & Fitriah. (2016). Fenomena Penggunaan Foto Outfit Of The Day di Instagram Sebagai Media Presentasi Diri. Jurnal Komunikatio, 2(1), 1–14.

Utari, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya. JOM FISIP, 4(2), 1–22.

PlumX Metrics

Published
2022-06-12