STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SIKAP SOSIAL SISWA MTSN 6 BLITAR

  • Fitria Ayu Firda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alfiana Yuli Efiyanti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Teacher Strategy, Social Attitude, Social Science Learning

Abstract

Social attitudes are values or attitudes that describe human relationships with other humans or the surrounding environment. However, nowadays social attitudes in students are starting to fade due to several factors, one of which is the covid 19 pandemic. The problems that arise start from the lack of etiquette in speaking, the choice of caring attitude, responsibility, and discipline. So, with some problems that arise, teachers need to have a strategy to solve problems social attitudes in class VII students of MTsN 6 Blitar. The purpose of this study were to determine: (1) the social attitudes of seventh grade students at MTSN 6 Blitar; (2) the strategy of social science teachers in overcoming the problems of social attitudes of class VII students; (3) the driving and inhibiting factors of social studies teachers in overcoming the problem of social attitudes of class VII MTSN 6 Blitar students. This study uses a qualitative approach with a descriptive type, with the main data collection through observation, interviews, and documentation. The analysis technique used is data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that social science teachers used an active learning strategy with two processes, namely habituation patterns and modeling patterns, with the driving factors being the environment and parents while the inhibiting factors were parents, environment, and peers.

Abstrak

Sikap sosial merupakan nilai atau sikap yang menggambarkan hubungan manusia dengan manusia lain ataupun lingkungan sekitarnya. Namun, pada zaman sekarang sikap sosial pada siswa mulai memudar dikarenakan adanya beberapa faktor, salah satunya yaitu pandemi covid 19. Permasalahan-permasalahan yang muncul mulai dari kurangnya adab berbicara, hilangnya sikap kepedulian, tanggung jawab, dan kedisplinan. Maka, dengan adanya beberapa permasalahan yang muncul guru perlu mempunyai strategi untuk mengatasi permasalahan sikap sosial dalam diri siswa kelas VII MTsN 6 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) sikap sosial siswa kelas VII MTSN 6 Blitar; (2) strategi guru IPS dalam mengatasi permasalahan sikap sosial siswa kelas VII; (3) faktor pendorong dan penghambat guru ips dalam mengatasi permasalahan sikap sosial siswa kelas VII MTSN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan pengambilan data utama melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ips menggunakan strategi pembelajaran aktif dengan dua proses yaitu pola pembiasaan dan pola pemberian contoh (modeling), dengan faktor pendorong yaitu lingkungan dan orangtua sedangkan faktor penghambat adalah orangtua, lingkungan, dan teman sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajhuri, Kayyis Fithri. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Lukman (ed.); Cetakan I). Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, V ol. 1 No. 2, 119-126.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151.

Arifin, Bambang Syamsul. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Aswan, D. H. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Sleman: Aswaja Pressindo.

Bakhruddin, M., Holisin, I., Ginting, S., Lestari, I. W., Pudyastuti, Z. E., Zainuddin, M., & Alam, V. (2021). Strategi Belajar Mengajar Konsep Dasar dan Implementasinya (Ik. Tawakkal (ed.); Cetakan I,). Bojonegoro: CV Agrapana Media.

Basri, A. S. H. (2016). Fenomena Tawuran Antar Pelajar Dan Intervensinya. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–25. https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.121-06.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2 (2), 56–72.

Gusviani, E. (2017). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127.

Hamid, Abdul. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127.

Kadir, F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Meningkatkan Pendidikan Masa Depan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 135–149.

Kasih, R. C. (2019). Modelling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Dengan Intellectual Disability. Jurnal Diversita, 5(1), 51–57. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i1.2372.

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2020). Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri. Jurnal STUPA, 1(2), 1695. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4487.

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616.

Rina, Tatii, N., & Masdudi. (2016). Partisipasi Orangtua Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Remaja Di Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos, 5(1), 65–77. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/download/993/817.

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164.

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 111. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352.

Surahman, E. & Mukminan, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258.

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43.

PlumX Metrics

Published
2022-06-16