PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI DAN NASIONALISME

  • Dahliatus Suadah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Samsul Susilawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Scout Activities, Character, Independent, Nationalism

Abstract

Independent character and nationalism need to be possessed by students, because they are the successors of the nation and will become community leaders in the future. Scouting is one of the activities in schools that has the main task of developing character in students and is an activity that has characteristics to develop the character of students. Focus of the research in this study is how to plan and implement scouting activities in developing independent character and nationalism in MA An-Nur Bululawang. And what is the role of scouting activities in developing independent character and nationalism at MA An-Nur Bululawang. This research was conducted using a qualitative research method of case study type. Data was collected by means of observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the planning process for scouting activities at MA An-Nur Bululawang is carried out through deliberation activities and work meetings carried out by the Ambalan Council with the assistance of the Advisor. The implementation of scouting activities at MA An-Nur Bululawang 60-70% is left to the Ambalan Council. There are many interesting, challenging and educational scouting activities held at MA An-Nur. For the role of scouting activities in growing independent and national character in students namely trough developed activites. Such as leadership activities, wanderings, camps, customizing ceremonies, providing defense and nationality materials and also policies to maintain the identity of the Indonesian nation.

Abstrak

Karakter mandiri dan nasionalisme perlu dimiliki oleh peserta didik, sebab mereka adalah sosok penerus bangsa dan akan menjadi pemimpin masyarakat di masa yang akan datang. Pramuka menjadi salah satu kegiatan di sekolah yang memiliki tugas pokok untuk mengembangkan karakter dalam diri peserta didik dan menjadi kegiatan yang memiliki ciri khas untuk mengembangkan karakter peserta didik.Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pramuka dalam menumbuhkembangkan karakter mandiri dan nasionalisme di MA An-Nur Bululawang dan bagaiaman peran kegiatan pramuka dalam menumbuhkembangkan karakter mandiri dan nasionalisme di MA An-Nur Bululawang.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwasanya proses perencanaan kegiatan pramuka di MA An-Nur Bululawang dilaksanakan melalui kegiatan musyawarah ambalan dan rapat kerja yang dilaksanakan oleh Dewan Ambalan dengan dampingan Pembina. Pelaksanaan kegiatan pramuka di MA An-Nur Bululawang 60-70 % diserahkan kepada Dewan Ambalan.Terdapat banyak kegiatan pramuka yang menarik, menantang dan edukatif yang di laksanakan di MA An-Nur.Adapun peran kegiatan pramuka dalam menumbuhkan karakter mandiri dan nasionalisme dalam diri peserta didik yakni melalui kegiatan-kegiatan yang dikembangkan.Seperti kegiatan latihan kepemimpinan, pengembaraan, perkemahan, pembiasaan upacara, pemberian materi pertahanan dan kebangsaan dan juga kebijakan untuk menjaga identitas bangsa Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, R. S. (2018). Pengembangan Kepramukaan (Y. Popiyanto (ed.)). UWKS Press.

Enggarwati, G. (2014). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sumampir. Universitas Negeri Yogyakarta.

Erliani, S. (2016). Peran Gerakan Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, II(1), 36.

Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriani, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter (A. Gunarsa (ed.)). Refika Aditama.

Hakim, L. N. (2014). DAN NASIONALISME. Info Singkat: Pusat Pengkajian , Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI, VI(22).

Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2019). No TitleAnggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Lestari, P. (2019). Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 114–119. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16525

Nasution, T. (2018). Kemandirian, Siswa dan Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah, 2(1), 1–18.

Nazariah, & Andrian, R. (2018). Pendekatan Kemandirian Belajar Terhadap Kecemasan pada Proses Pembelajaran. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.

Saefullah, K., & Sule, T. E. (2010). Pengantar Manajemen (1st ed.). Kencana.

Siagian, N., & Alia, N. (2020). Strategi penguatan karakter nasionalis di kalangan siswa. Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 190–197.

Surono, K. A. (2018). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1), 23–30. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/12527

Susilowati, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membangun Moralitas Bangsa dalam Dunia Pendidikan. J-PIPS, 1.

Suyadi, S., Susilowati, S., & Supriyatno, T. (2021). Islamic Character Education for Student of Public Higher Education in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 529(Iconetos 2020), 591–598. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.086

Tambusai, J. P., Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255–7260.https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2134

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733

Yusup, J., & Rustini, T. (2016). Panduan Wajib Pramuka Super Lengkap: Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega. Bmedia.

PlumX Metrics

Published
2022-07-29