PERAN MA’HAD SUNAN AMPEL AL-‘ALY DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASANTRI

  • Izzul Muaffa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Nasith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Ma’had, Social Interaction, Learning Motivation

Abstract

Learning outcomes will be maximized when social interaction and learning motivation from students goes well. Social interaction will run when one person with another communicates and knows each other. When students have a high social interaction spirit, they will get a positive influence from the association between one person and another. Ma’had not only as a gathering place for students, ma'had is also a place to study. With the existence of a program of activities both academic and non-academic that has the potential to foster learning motivation for students. The purpose of this study was to determine the role of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly in increasing social interaction among students of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly and to determine the role of Ma'had Sunan Ampel Al-Aly in increasing learning motivation in students. This research used descriptive-qualitative method. The reason for using this method is because the data presented in the form of descriptions obtained by researchers through interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that in Ma'had there is a good relationship between the students and the Caregivers of Ma'had, Murobbi/ah, Musyrif/ah, as well as with fellow students. There is a good form of cooperation in ma'had activities and their daily activities. And there is a form of deliberation to solve some problems in the daily life of students. The implementation of several program activities at Ma'had Sunan Ampel Al-Aly, giving awards or rewards to exemplary students. There is support for facilities in the form of comfortable, safe and adequate infrastructure. This facility also includes the role of educators (caregivers, Muallim/ah, Murobbi/ah, Musyrif/ah, and others). The influence of a supportive group in the learning process, so that each individual is encouraged to study hard and earnestly.

Abstrak

Hasil belajar akan menjadi maksimal ketika interaksi sosial dan motivasi belajar dari peserta didik berjalan dengan baik. Interaksi sosial akan berjalan ketika satu orang dengan yang lain saling berkomunikasi dan mengenal satu sama lain. Ketika peserta didik memiliki jiwa interaksi sosial yang tinggi maka akan memperoleh pengaruh positif dari adanya pergaulan antara satu orang dengan yang lain. Ma’had tidak hanya sebagai tempat berkumpul santri, ma’had juga sebagai tempat menempuh pendidikan. Dengan adanya program kegiatan baik akademik maupun non akademik yang berpotensi menumbuhkan motivasi belajar bagi mahasantri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan interaksi sosial pada mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly serta untuk mengetahui peran dari Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasantri. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Alasan dari penggunaan metode ini adalah karena data yang dipaparkan dalam bentuk deskripsi yang diperoleh peneliti melalui wawancara, pengamatan, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya di ma’had terjalin hubungan yang baik antara mahasantri dengan Pengasuh Ma’had, Murobbi/ah, Musyrif/ah, juga dengan sesama mahasantri. Adanya bentuk kerjasama yang baik dalam kegiatan-kegiatan ma’had maupun aktivitas keseharian mereka. Adanya bentuk musyawarah untuk menyelesaikan beberapa persoalan dalam keseharian mahasantri. Serta penerapan beberapa program kegiatan yang ada di Ma‘had Sunan Ampel Al-Aly, pemberian penghargaan atau reward kepada mahasantri teladan, dukungan fasilitas yang berupa sarana prasarana yang nyaman, aman dan memadai. Fasilitas ini juga mencakup peran pendidik (Pengasuh, Muallim/ah, Murobbi/ah, Musyrif/ah, dan lainnya). Pengaruh kelompok yang mendukung dalam proses pembelajaran, sehingga dalam diri masing- masing individu terdorong untuk belajar giat dan sungguh-sungguh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Darul. (2020). Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf dan Khalaf). Sleman: Budi Utama.

Amir, Haedri. (2004). Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Jakarta: IRP Press.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dayaksini dan Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Harwantiyoko. (2005). Pengantar Sosiologi dan Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Gunadarma.

Humaidy, Mohammad Ali Al. (2020). Etnis Tionghoa di Madura (Interaksi Sosial Etnis Tionghoa dengan Etnis Madura di Sumenep Madura). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Iqbal Harisuddin, Muhammad. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Terra Firma.

Kompri. (2018). Manajemen & Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenada Media Group.

Lubis, Saiful Akhyar. (2007). Konseling Islam Kiyai dan Pesantren. Yogyakarta: elSAQ Press.

Maryam, Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Munawaroh. (2010). Simpati dan Intense Proposial pada Perawat. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Oemar, Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soyomukti, Nuraini. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Syarbaini, S dan Rusdiyanta. (2010). Dasar-dasar Sosialisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, Hamzah. 2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren, Edisi Pertama. Yogyakarta: KIS.

Zamakhsyari, Dhofier. (2010). Tradisi Pesantren. Jakarta: Bumi Aksara.

PlumX Metrics

Published
2022-09-29