PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MA AINUL HASAN DI ERA GLOBALISASI

  • Fika Anjana Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Umi Kulsum Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Shinta Afkarina Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Keywords: Islamic Boarding School, Character, Globalization

Abstract

This study aims to analyze the role of Islamic boarding schools in shaping the character of MA Ainul Hasan students in the era of globalization. The location of this research is Wonorejo Village, Maron District, Probolinggo Regency. This study uses a qualitative approach character. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews, observation, and documentation. The validity of the data used source triangulation techniques and theoretical triangulation. The data analysis technique uses data collection, data reduction, data presentation, and data verification or conclusions. The results show that this research supports the Habitus and Arena Theory. Which basically assumes that the social reality of society has something to do with habitus and arena. Habitus is a habit that is unconsciously carried out by individuals when faced with certain conditions. While the arena is an environment for doing a habit. So that the social practice of society can be said to be influenced by habitus and arena. With the habituation carried out in the Ainul Hasan Islamic boarding school environment, forming a good character. The MA Ainul Hasan Islamic Boarding School is an educational institution that familiarizes its students to follow the rules of the Islamic Boarding School which makes the students familiar with their living environment within the scope of the Islamic Boarding School by inculcating the values ​​of religious moral character.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pondok pesantren dalam membentuk karakter siswa MA Ainul Hasan di era globalisasi. Lokasi penelitian ini di Desa Wonorejo Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori habitus dan arena. yang pada dasarnya menganggap realitas sosial masyarakat ada kaitannya antara habitus dan arena. Habitus merupakan suatu kebiasaan yang tanpa sadar dilakukan oleh individu saat menghadapi suatu kondisi tertentu. Sedangkan arena merupakan lingkungan dilakukannya suatu kebiasaan. Sehingga praktik sosial masyarakat dapat dikatakan dipengaruhi oleh habitus dan arena. Dengan adanya pembiasaan yang dilakukan di lingkungan pondok pesantren Ainul Hasan, membentuk sebuah karakter yang baik. Pondok pesantren MA Ainul Hasan ini merupakan lembaga Pendidikan yang membiasakan para santrinya untuk mengikuti aturan-aturan kepesantrenan yang menjadikan para santri terbiasa dengan lingkungan hidupnya dalam lingkup pondok pesantren dengan ditanamkan nilai-nilai karakter moral yang agamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Aisyah M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (Pertama). Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter/fT3NDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+karakter&pg=PA193&printsec=frontcover

Asroruddin, M. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Santri (Studi ‎Kasus di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Putra Narmada)‎. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 5(1), 51-75. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/3879

Bourdieu, P. (2015). Pierre Bourdieu, Language And Symbolic Power. Jurnal Poetika, 3(2), 154–157. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=6S_OCQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=(Bourdieu,+2015)&ots=udd-23C8Tz&sig=0QCtI2xcf-6ENI2H9Jy0nqPTNSM&redir_esc=y#v=onepage&q=(Bourdieu%2C 2015)&f=false

Chandra, P. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 243. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497

Gumilang, R., & Nurcholis, A. (2018). Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santri. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 42. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2113

Hayati, F. (2011). Pesantren sebagai Alternatif Model Lembaga Pendidikan Kader Bangsa. Mimbar, XXVII(2), 157–163.

Hermawan, D. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja (Studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.136

Khoiriyah, M. A. (2022). Manajemen Pesantren di Era Globalisasi. Airlangga University Press. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=wrF-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=%22jam+ul%22+%22qur+an%22&ots=RG23KCIped&sig=CxjoyG4EvGYSd1GderqKDvKSxzI

Krisdinanto, N. (2016). Pierre Bourdieu, Sang Juru Damai. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 189. https://doi.org/10.21070/kanal.v2i2.300

Kurniawan, A. (2015). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren dalam Menjawab Krisis Sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 1–19.

Megawangi, R. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta: Indonesian Heritage Foundation, 2, 55–64. https://sites.google.com/site/keyanaku/indonesiaberprestasi.pdf

Purnomo, J., Khurun’in, I. & Ardianti, R. (2017). Globalisasi dan Politik Pembangunan Internasional (I). UB Press. https://www.google.co.id/books/edition/Globalisasi_dan_Politik_Pembangunan_Inte/vzJTDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=buku+tentang+globalisasi&pg=PR12&printsec=frontcover

Silfiyasari, M. & Zhafi, A. A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218

Syahri, A., & Hamzah. (2019). Aktualisasi Ajaran Thoriqoh Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah Dalam Membangun Karakter Generasi Millenial Indonesia Akhmad. Al-Munawwarah, 11(2), 96–113.

Yaumi, M. (2014). Konstruksi Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Spiritual Untuk Perbaikan Karakter. Al-Qalam, 20(3), 13. https://doi.org/10.31969/alq.v20i3.338

Zainuddin, M. (2011). Paradigma Pendidikan Islam Holistik. Ulumuna, 15(1), 73-94. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i1.210

PlumX Metrics

Published
2023-01-26