PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS RUMAH

  • Siti Dewi Sartika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yhadi Firdiansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Self Study, Parent’s Attention, Doing Homework

Abstract

The purpose of this study was to (1) the influence of self-study against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject, (2) parent’s attention against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject, and (3) the influence of self-study and parent’s attention against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject. This study uses a quantitative research with the type of correlation research. The population used were all students and parents of MTs NU Pakis and the samples used were 64 students and 64 parents. The analysis technique used is the classical assumption test in the form of normality test, heteroscedasticity test, and multicollinearity test with hypothesis testing in the form of t test and f test. The results showed 1) the influence self-study has a significant positive effect on student’s ability to do homework; 2) parent’s attention has a significant positive effect on student’s ability to do homework; 3) the influence of self-study and parent’s attention has a significant positive effect on the student’s ability in doing their homework.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS, (2) menjelaskan pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS, dan (3) menjelaskan pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dan orang tua MTs NU Pakis dan sampel yang digunakan adalah 64 siswa dan 64 orang tua. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas dengan uji hipotesis berupa uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah, 2) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah, 3) kemandirian belajar dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahda, A. S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Probing Promting Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa Kelas IV sub Tema II di Sekolah MINU Jatirejoyoso Kepanjen Kabupaten Malang.

Al Fatihah, M. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam.

Anggoro, Chamdani, & Suhartono. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Efendi, A. (2018). Pendidik Sebagai Model Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak. Jurnal Alim, 2(1).

Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.

Mujis, D. (2008). Effective Teaching. Pustaka Pelajar.

Muslim. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Deepublish.

Nurhaziza, I. Y. (2021). Pengaruh sarana prasarana dan kemandirian belajar siswa Kelas VIII terhadap hasil belajar IPS di MTs Ahmad Yani Jabung Malang.

Prihatini, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Rumah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3).

Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Resibook.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik Dan Efikasi Diri). Penerbit Adab.

Sumiyati, T., Amri, B., & Sukayasa. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Kelas VIII Smp Negeri Di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Mitra Sains, 5(2).

Susanti, A. M. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Mengerjakan Tugas Rumah. Jurnal of Education Research, 3(1).

PlumX Metrics

Published
2023-01-30