PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA

  • Supiani Supiani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Active Student Learning, Teams Games Tournament, Microsoft Powerpoint

Abstract

Active student learning is the involvement of students physically, mentally, intellectually, emotionally in learning to support the achievement of learning objectives. Interactive learning methods will help improve low student learning activity, one of which is the team games tournament (TGT) learning method. Choosing the right learning media will support the increase in student learning activity, one of which is Microsoft Powerpoint Media. The purpose of this study was to: (1) find out whether there is a significant influence between the team games tournament (TGT) learning method and Microsoft PowerPoint media on student learning activeness in social studies class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang City. This research method uses research quantitative with the type of quasi-experimental research (quasi experiment) with pre-test and post-test. The subjects of this study were class VIII students of MTs Sunan Kalijogo Malang, based on the number of students in the experimental class and control class, each of which consisted of 28 students. The data collection technique uses a questionnaire pre-test and post-test student learning activeness. Test the hypothesis using the independent sample T-test after fulfilling the normality test and homogeneity test. (2-tailed) of 0.042 <0.05. (2) the learning activeness of experimental class students with an average of 70.71, higher than the learning activeness of control class students with an average of 65.18, meaning that there is a significant influence between the learning methods of Teams Games Tournament (TGT) and Microsoft PowerPoint media on student learning activeness in social studies class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang City.

Abstrak

Keaktifan belajar siswa adalah keterlibatan siswa secara fisik, mental, intelektual, emosional dalam pembelajaran untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran interaktif akan membantu meningkatkan keaktifan belajar siswa yang rendah, salah satunya metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mendukung peningkatan keaktifan belajar siswa, salah satunya Media Microsoft Powerpoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media microsoft power point terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kota Malang.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kota Malang, berdasarkan jumlah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pre-test dan post-test keaktifan belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan independent sample T-test setelah memenuhi uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan hasil Uji-T didapatkan hasil thitung 2.083 > ttabel 2.004 dan nilai probabilitas nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.042 < 0.05. (2) keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 70,71, lebih tinggi dari keaktifan belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata 65,18, artinya terdapat pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media microsoft powerpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziyah, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) melalui media powerpoint guna meningkatkan hasil belajar sejarah peserta …. Jurnal Basicedu, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19460.07045

Fikasari, L., Utami, S., & Sugiyono. (2016). Pengaruh Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar PKn SDN 34 Pontianak. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 5(12), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17780

G.I, M. (2020). Kuasi Eksperimen. Nashir Al-Kutub Indonesia.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso (The Difference Of Student Learning Outcomes In The Study Of Human Body Anatomy In Human Digestion System Using Powerpoint And Media Torso Media). Bioedusiana, 3(2), 64–68. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan Oleh: Sitti Mania ∗. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66 Keywords: Media, Power

Nasution, S. (2012). Didaktik Asas-Asas Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Nur, Z. (2017). Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Ar-Razz Media.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning : teori, riset dan praktik (15th ed.). Nusamedia.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Taniredja, T. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Alfabet.

Tazminar. (2015). Meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Jupendas, 2(1), 45–57. https://www.neliti.com/publications/71013/meningkatkan-keaktifan-belajar-dan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). PT. Bumi Aksara.

Wyk, M. M. van. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183–193. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895

Yurnalis, Y. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Sekolah Binaan Kecamatan Cerenti. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(4), 505. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5691

PlumX Metrics

Published
2023-06-30