PENGEMBANGAN MEDIA BLOG TERINTEGRASI SAINS-ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI

  • Endayani Rostika SMA Negeri 6 Garut
Keywords: Media Blogs, Science-Islam Integration, Geography Learning Outcomes

Abstract

The use of technology in the form of integrated science-Islamic blog media in geography learning is the latest step as a solution to improve student learning outcomes. This study aims to determine 1) the feasibility of the product development of science-Islam integrated blog media and 2) increase learning outcomes of Geography after using science-Islam integrated blog media on the distribution of world flora and fauna. This study uses the ADDIE development model consisting of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The product is validated by subject matter experts on geography, media, and science-Islam integration and is limited to teachers and students. The product trial subjects consisted of a small group of 25 students and a large group of 35 students of class XI SMAN 6 Garut. Instruments in the form of a questionnaire to determine the feasibility of integrated science-Islamic blog media and test questions to determine the increase in learning outcomes of Geography. Data were analyzed descriptively. The results showed that: 1) the integrated science-Islamic blog media was appropriate for use in learning with the very good category (feasibility value = 93.77%) and 2) the science-Islam integrated blog media increased learning outcomes in geography with the high category = 34.28% and moderate = 54.29%.

Abstrak

Pemanfaatan teknologi berupa media blog terintegrasi sains Islam dalam pembelajaran geografi merupakan langkah terbaru sebagai salah satu solusi untuk meningkakan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan produk pengembangan media blog terintegrasi sains-Islam dan 2) peningkatan hasil belajar Geografi setelah menggunakan media blog terintegrasi sains-Islam pada materi Peserbaran Flora dan Fauna Dunia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk divalidasi oleh ahli materi Geografi, media, dan integrasi sains-Islam serta diujicobakan terbatas kepada guru dan siswa. Subyek uji coba produk terdiri dari kelompok kecil sebanyak 25 siswa dan kelompok besar sebanyak 35 siswa kelas XI  SMAN 6 Garut. Instrumen berupa kuesioner untuk mengetahui kelayakan media blog terintegrasi sains-Islam dan soal tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Geografi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media blog terintegrasi sains-Islam layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori amat baik (nilai kelayakan = 93,77%) dan 2) media blog terintegrasi sains-Islam meningkatkan hasil belajar Geografi dengan kategori tinggi = 34,28% dan sedang = 54,29%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, I., & Lubis, J. (2021). Manajemen Pembelajaran SD Negeri 117505 Panjang Tongah pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Lingua, 18(1), 44–50.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.

Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 65. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088

Buana, V. G., & Kasanah, S. U. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Permainan Engklek dalam Upaya Pengembangan Karakter Sejak Usia Dini. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 495–502. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.254

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 2. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.60

Fardiana, I. U. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 7(1), 01. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.362

Gulo, S. (2019). Tantangan Pendidikan di Era Revolusi 4.0. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/sozi/5cf4846995760e765c2937e9/tantangan-pendidikan-di-era-revolusi-4-0

Hamalik, O., & Kustandi. (2014). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. AGASTYA: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 7(2), 84. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1491

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1150

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 3. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Niyati, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Fisika Bercirikan Integrasi Islam pada Materi Suhu dan Kalor untuk Kelas XI SMA/MA [Undergraduate Thesis]. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, priyono B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Purwendri, R. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran dengan Program Berbasis Lectora untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Konsep Gerak Tropisme pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 17(2), 12–18.

Rukayah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Animasi Berbasis Integrasi Sains dan Islam [Undergraduate Thesis, IAIN Salatiga]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6496/

Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15575/kp.v4i2.19478

Sumarmi̇, Bachri̇, S., Irawan, L. Y., Putra, D. B. P., Ri̇snani̇, & Ali̇man, M. (2020). The Effect of Experiential Learning Models on High School Students Learning Scores and Disaster Countermeasures Education Abilities. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 1. https://doi.org/10.17478/jegys.635632

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role For Old-Style Public Health Measures in the Novel Coronavirus (2019-Ncov) Outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020

Yuliawati, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional dalam Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains di SD/MI Kelas 5. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 3. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1874

PlumX Metrics

Published
2023-01-26