NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAN DALAM BUKU ENSIKLOPEDIA BERJUDUL NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI WIRAUSAHAWAN KARYA ZAIDAH KUSUMAWATI

  • Luthfi Mubarok Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Imam Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: The Value of Entrepreneurship, Prophet Muhammad, Encyclopedia Book

Abstract

The Value of entrepreneurship is a norm or rule that is considered important by each individual when carrying out activities related to business. Prophet Muhammad SAW is a messenger of Allah who has been sent to perfect the teachings of the previous prophet and be the closing of the prophets, as well as being a role model for all mankind. During his lifetime he has carried out many business activities in which he applies noble values. However, the entrepreneurial values that had once been applied by the Prophet Muhammad SAW are now starting to fade slowly. The encyclopedia book entitled Prophet Muhammad SAW an entrepreneur by Zaidah Kusumawati is included in one of the books that explains the complete biography of the Prophet Muhammad, especially in volume 8 explaining about the business trips he has done.  The first point of study in this study is to bring up the entrepreneurial values in the encyclopedia book. The method used is a literature study with a qualitative type of research. The collection of data on the entrepreneurial values of prophet Muhammad SAW was carried out by looking for it in the main book entitled encyclopedia of the prophet Muhammad SAW as an entrepreneur volume 8, added with books about the history of other Prophet Muhammad SAW. The results of this study show that there are 22 entrepreneurial values in the encyclopedia book including honesty, trust, discipline, responsibility, self-confidence, patience, hard work, time efficiency, resource optimization, leadership spirit, opportunity analysis, dare to take risks, adapt to conditions and the environment, keep promises, analyze market conditions, maximize opportunities, think creatively, act quickly, innovate during times.  front, provide customer satisfaction, build relationships or network, love the work done. But of these only 14 values are relevant at this time

ABSTRAK

Nilai kewirausahaan merupakan sebuah norma atau aturan yang dianggap penting oleh setiap individu ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang telah diutus untuk menyempurnakan ajaran nabi terdahulu dan menjadi penutup dari para nabi, serta menjadi panutan bagi seluruh umat manusia. Semasa hidupnya dia telah melakukan banyak kegiatan bisnis yang didalamnya menerapkan nilai-nilai luhur. Akan tetapi nilai-nilai kewirausahaan yang dulu telah diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW kini mulai luntur secara perlahan. Buku ensiklopedia berjudul Nabi Muhammad SAW sebagai wirausahawan karya Zaidah Kusumawati termasuk kedalam salah satu buku yang menjelaskan biografi Nabi Muhammad secara lengkap, khususnya pada jilid 8 menjelaskan tentang perjalanan bisnis yang telah dilakukanya. Fokus kajian pada penelitian ini adalah memunculkan nilai-nilai kewirausahaan yang ada dalam buku ensiklopedia tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data tentang nilai-nilai kewirausahaan Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan mencarinya pada buku utama yang berjudul ensiklopedia nabi Muhammad SAW sebagai wirausahawan jilid 8, ditambahkan dengan buku tentang sejarah Nabi Muhammad SAW yang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat 22 nilai kewirausahaan dalam buku ensiklopedia tersebut diantaranya adalah kejujuran, kepercayaan, kedisiplinan, Bertanggung jawab, percaya diri, kesabaran, bekerja keras, efisiensi waktu, optimalisasi sumberdaya, berjiwa kepemimpinan, analisis peluang, berani mengambil resiko, adaptasi dengan kondisi dan lingkungan, menepati janji, analisis kondisi pasar, memaksimalkan kesempatan, berfikir kreatif, bertindak cepat, berinovasi pada masa depan, memberikan kepuasan pelanggan, membangun relasi atau berjejaring, mencintai pekerjaan yang dilakukan. Namun dari jumlah tersebut hanya 14 nilai-nilai yang relevan pada masa ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Atsari, A. I. (2010). Sirah Nabi Muhammad. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Al-Qudsy, H. (2004). Sejarah Kehidupan Muhammad SAW. Semarang: Pustaka Nuun.

Antonio, M. S. (2010). Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW. Jakarta: Tazkia Publishing.

At-Tirmidzi, I. (2010). Sifat dan Figur Rasulullah. Sleman: Pustaka As-Sunnah.

Firmansyah, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.

Gunara, T., & Sudibyo, U. H. (2007). Marketing Muhammad. Bandung: Madania Prima.

Kusumawati, Z. et al. (2011). Ensiklopedia Nabi Muhammad SAW. Jakarta: PT Lentera Abadi.

Lings, M. (2016). Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Nuraida, D., & Mahmudatun. N. U. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi, dan Fisiologi Pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Jurnal Proceeding Biology Education Conference 14.

Rahim, A. R., & Rusydi, M. (2016). Manajemen Bisnis Syariah Muhammad. Makasar: Lembaga perpustakaan dan penerbitan Universitas Muhammadiyah Makasar.

Robiah, F. (2018). Marketing Hebat Ala rasulullah. Solo: Tinta Medina.

Sanawiri. Brillyanes., & Iqbal. M. (2018) Kewirausahaan. Malang: UB Press.

Subhani, J. (2000). Ar-Risalah Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW. Jakarta: PT Lentera Basritama.

Syahrum., & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media.

Yusuf. A. H., Sari. E. B. (2017). Pemahaman Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Zed, mustika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

PlumX Metrics

Published
2024-03-31