STRATEGI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-ALY DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL YANG HUMANIS MAHASANTRI DI ERA PASCA PANDEMI

  • Zaiful Hasan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ni’matuz Zuhroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Ma’had, Social Relations, Humanist

Abstract

The Covid-19 pandemic which was endemic some time ago apart from having a negative impact on several aspects of life, also had a negative impact on the formation of adolescent character. So that efforts to improve humanist social relations are important things that must be done by educational institutions to deal with these problems. This has prompted researchers to find out how Ma'had Sunan Ampel Al-Aly's strategy is in improving humanist social relations for female students in the post-pandemic era. The purpose of this study is to find out Ma'had Sunan Ampel Al-Aly's strategy in improving humanist social relations among female students in the post-pandemic era. The research method used in this research is descriptive-qualitative with the type of research used is a case study. The data collection techniques in this study used observation techniques, interviews, and documentation. The data analysis technique in this study implements the interactive model proposed by Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing, followed by verification. The results of the study show that Ma'had Sunan Ampel Al-Aly's strategy in improving humanist social relations for female students is: (1) Mandatory program to live in a dormitory. (2) Form a program oriented to cooperation and deliberation. (3) Dissemination of religious moderation.

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 yang mewabah beberapa waktu lalu selain menimbulkan dampak negatif pada beberapa aspek kehidupan, juga berdampak negatif terhadap pembentukan karakter remaja. Sehingga upaya peningkatan hubungan sosial yang humanis merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk menangani permasalahan tersebut. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan hubungan sosial yang humanis mahasantri di era pasca pandemi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan hubungan sosial yang humanis pada mahasantri di era pasca pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengimplementasikan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan dilanjut dengan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dalam meningkatkan hubungan sosial yang humanis mahasantri yaitu: (1) Program wajib untuk tinggal di asrama. (2) Membentuk program yang berorientasi kepada kerjasama dan musyawarah. (3) Diseminasi moderasi beragama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. (2014). Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat (Edisi Revisi: Cetakan 7). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hilmi Izzati, Fika. (2019). Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah ke Atas Negeri 8 di Pekanbaru. Skripsi (Program Studi Psikoogi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.

Jamhuri, M. (2018). Humanisme Sebagai Nilai Pendekatan Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Bersikap Perspektif Multikulturalisme Di Universitas Yudharta Pasuruan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, No. 2.

KBBI Daring. Humanis. Diakses dari Hasil Pencarian - KBBI Daring (kemdikbud.go.id) pada 24 November 2022 Pukul 21:09 WIB.

Mas’ud, Yulius. (2015). Menghadapi Kemajemukan Berpendapat Dalam Tradisi Skolastik Islam. Jurnal Al-Aqidah. Vol. 7 No. 1.

Muaffa, Izzul. (2022). Peran Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Mahasantri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi (Malang: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Philipus, Ng dan Nurul Aini. (2011). Sosiologi dan Politik. Jakarta: Rajawali Press.

Septiana, H.E. (2020). Kebijakan Tentang Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di SMA N 1 Purworejo. Seminar Nasional (Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang).

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar: Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press.

Sudariyanto. (2019). Interaksi Sosial. Semarang: ALPRIN.

Trisna Adyatma, Ryan Mulyanto dan Didi Tahyudin. (2020). Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekoolah Dalam Pembentukan Karakter Di SMA Negeri 2 Kayuagung.

Wahyu Fajriani, Suci. Bintarsih Sekarningrum, dan Munandar Sulaeman. (2021). Cyberspace: Dampak Penyimpangan Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi). Vol. 23, No. 1.

Wijayanti, Amalia dan Yayi Arsandrie. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Di Ruang Publik Kota Surakarta (Studi Kasus Stadion Manahan Surakarta). SIAR II: Seminar Ilmiah Arsitektur II (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta).

PlumX Metrics

Published
2023-09-18