PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA
Abstract
Social attitude is one of the things that students must develop if they want to succeed in becoming a warm person in the community and create a harmonious and peaceful living atmosphere. However, many studies show that currently students have low social attitudes. The formation of social attitudes is influenced by parenting patterns, mass media, schools, and peers. This study aims to determine (1) the effect of using social media on students' social attitudes at SMPN 1 Tajinan, (2) the effect of parenting styles on students' social attitudes at SMPN 1 Tajinan, (3) the effect of using social media and parenting patterns of parents on the social attitudes of students at SMPN 1 Tajinan. The research method used in this study is a quantitative approach with a correlational type. The population in the study were all students at SMPN 1 Tajinan totaling 468 students. Sampling was carried out by stratified random sampling technique using the slovin formula and got the results of 82 students. The instrument used in this research is a questionnaire or questionnaire. Data analysis used descriptive statistical analysis, classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing including the t test and f test. The results of study showed that: (1) there was no positive and significant effect of social media use on students' social attitudes at SMPN 1 Tajinan, (2) there was a positive and significant influence on parenting style on students' social attitudes at SMPN 1 Tajinan, (3) the simultaneous use of social media and parenting styles parents influence the social attitudes of students at SMPN 1 Tajinan.
ABSTRAK
Sikap sosial merupakan salah satu hal yang harus dikembangkan siswa apabila ingin berhasil menjadi pribadi yang hangat di tengah masyarakat serta tercipta suasana hidup yang rukun dan tentram. Namun, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa saat ini siswa memiliki sikap sosial yang rendah. Pembentukan sikap sosial dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, media massa, sekolah, dan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan media sosial terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan, (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan, (3) pengaruh penggunaan media sosial dan pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdapat di SMPN 1 Tajinan berjumlah 468 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling menggunakan rumus slovin dan mendapat hasil sebanyak 82 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis meliputi uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh positif dan siginifikan penggunaan media sosial terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan, (3) secara simultan penggunaan media sosial dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tajinan.
Downloads
References
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. CV Pustaka Setia.
Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(2), 329–345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018
Candika Pakaya, W. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.
Handari, W. D. (2022). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Perilaku Sikap Jujur dan Disiplin Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.28926/jprp.v2i3.438
Haryanto, A. T. (t.t.). Jumlah Pengguna Internet RI Tembus 212,9 Juta di Awal 2023. detikinet. Diambil 12 Juni 2023, dari https://inet.detik.com/telecommunication/d-6582738 /jumlah-pengguna-internet-ri-tembus-2129-juta-di-awal-2023
Hasanah, H., Drs. I Gede Nurjaya, M. P., & I Made Astika, S. P. (2017). Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2), Article 2. https://doi.org /10.23887/jjpbs.v7i2.11579
Ibdalsyah, Muhyani, & Mukhlis, D. Z. (2019). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), Article 02. https://doi.org /10.30868/ei.v8i2.538
J, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64.
Kartika Putri, A. T. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Pada Remaja [Thesis, Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id
Kodir, A., & Haris, B. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Sikap Sosial Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Jurnal Serambi Akademica, 9(7), Article 7. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i7.3373
Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471
Kusumastuti, F. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial [Thesis, IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10279/
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.115-122
Manalu, E., & Supianto, N. L. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial Siswa SD Negeri Se-Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6353
Mutafidoh, S., & Wibowo, E. W. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), Article 1.
Nufus, H., & Adu, L. (2020). Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak (1 ed.). LP2M IAIN Ambon. http://repository.iainambon.ac.id/1526/1/BUKU%3B%20Pola%20 asuh%20berbasis%20qalbu%20dan%20perkembangan%20belajar%20anak.pdf
Pahlevi. (2022). Penetrasi Internet di Kalangan Remaja Tertinggi di Indonesia. Databoks.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/10/penetrasi-internet-di-kalangan-remaja-tertinggi-di-indonesia
Pratama, B. A., & Mulia, A. P.-P. K. B. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kecenderungan Sikap Apatis Terhadap Lingkungan Sekitar Pada Siswa SMP N 1 Sukoharjo, Kec/Kab Sukoharjo, Jawa Tengah. Indonesian Journal on Medical Science, 6(1), Article 1. http://ejournal.poltekkesbhaktimulia.ac.id/index.php/ijms/article/view /167
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S, M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rahayu, F. S., Kristiani, L., & Wersemetawar, S. F. (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/ inotek.v3i1.511
Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1. https://doi.org /10.31004/edukatif.v2i1.87
Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), Article 1.https://doi.org/10.31004 /jpdk.v2i1.597
Sari, D. Y. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Disiplin Anak di Masa Pandemi. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31851 /pernik.v4i2.5424
Sarnoto, A. Z., & Andini, D. (2017). Sikap Sosial dalam Kurikulum 2013. MADANI Institute, 6(1), 59–70.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ khatulistiwa/issue/archive/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055
Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), Article 1. https://doi.org /10.24235/awlady.v3i1.1331
Uyuni, Y. R. (2019). Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Perspektif Islam Terhadap Tumbuh Kembang Anak Dalam Keluarga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1964
W. Finaka, A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi. IndonesiaBaik.id. https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Widayani, S. (2020). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), Article 1.
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i2.5340
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), Article 1.