IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KEPEDULIAN SOSIAL SISWA

  • Lia Latifa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Imam Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Cooperative Learning Model Type Jigsaw, The Value of Social Concern, Social Studies Learning

Abstract

Type cooperative learning model jigsaw is a learning model where students can collaborate, cooperate, and be responsible for understanding certain material and deliver it to a group of friends. So that its application in learning activities can indirectly foster the value of students' social care. The purpose of carrying out this research is to describe how to plan, implement and evaluate the type of cooperative learning model jigsaw to foster the value of students' social care in social studies class VIII students at MTsN 4 Pasuruan. The type of research used in qualitative research with a descriptive approach. The data collection technique was through observation, documentation, and interviews with resource persons from the madrasah head, deputy head of curriculum, social studies teacher and several class VIII students. Furthermore, the data was analyzed through several stages, namely data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results of this study indicate the type of cooperative learning planning model jigsaw to foster the value of social care, namely by starting to compile a lesson plan that is integrated with the value of social care. While in its implementation through six stages of learning in which the application of students shows an attitude that reflects the value of social care. As for the evaluation of the learning process by implementing the type cooperative model jigsaw can foster students' social caring attitudes such as accepting differences, mutual respect,cooperation and positive interdependence, in which these attitudes appear during the learning process. As for that obstacles appear in learning activities namely the condition of students who differ both in terms of ability or motivation to learn, then in terms of time, and the readiness of all components in the application of the learning model.

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran dimana siswa dapat berkolaborasi, bekerjasama, dan bertanggung jawab untuk memahami materi tertentu dan menyampaikannya kepada teman satu kelompoknya. Sehingga pada penerapannya dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung dapat menumbuhkan nilai kepedulian sosial siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk menumbuhkan nilai kepedulian sosial siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTsN 4 Pasuruan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru IPS dan beberapa siswa kelas VIII. Selanjutnya data dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk menumbuhkan nilai kepedulian sosial yaitu dengan mulai menyusun RPP yang diintegrasikan dengan nilai kepedulian sosial. Sedangkan dalam pelaksanaannya melalui enam tahapan pembelajaran yang mana dalam penerapannya siswa menunjukkan sikap yang mencerminkan nilai kepedulian sosial. Adapun Evaluasi proses pembelajaran dengan mengimplementasikan model kooperatif tipe jigsaw dapat menumbuhkan sikap kepedulian sosial siswa seperti menerima perbedaan, saling menghargai, kerjasama dan saling ketergantungan positif, yang mana sikap-sikap tersebut tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun hambatan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yakni kondisi siswa yang berbeda-beda baik itu dari segi kemampuan ataupun motivasi belajarnya, kemudian dalam aspek waktu, dan kesiapan seluruh komponen dalam penerapan model pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B., Mulyadi, H., Razati, G., & Nuryati, B. L. (2010). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Alfabeta.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1).

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama.

Kristiana, M., & Gregorius, J. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya. JPGSD, 2(2), 1–10.

Kuntjojo. (2010). Model-model Pembelajaran. Nusantara PGRI Kediri.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Ruang Kelas. Grasindo.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Rajagrafindo Persada.

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan karakter : pendidikan berbasis agama & budaya bangsa. Pustaka Setia.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep & Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas, & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo. (2014). Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Garudhawaca.

Slavin. (2010). Cooperative Learning ( Teori, Riset, Praktik). Nusa Media.

Solihatin, E., & Raharjo. (2011). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.

Sulhan, N. (2011). Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Sinergi Sekolah dengan Rumah. Jaring Pena.

UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) (7th ed.). (2016). Redaksi Sinar Grafika.

Wibowo, R., Sujadi A, A., & Harini, E. (2014). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

PlumX Metrics

Published
2023-06-30