PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MTs NEGERI 3 MALANG

  • Siska Rachma Dianty Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Imam Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstrak

Many teachers still use traditional models in teaching and learning activities, while students get bored easily which affects learning outcomes. So we need a learning model that is in accordance with the circumstances of students and in accordance with the times, one of which is the model Flipped Classroom which contains the collaboration of traditional learning models and the use of digital media which is one of the characteristics of learning models in the 21st century where learning already uses technology. This research uses the method quasi experiment by design Pretest-Post test Control Group Design. The research subjects were 30 students of class VIII J (Experiment) and 30 students of class VIII I (Control) at MTs Negeri 3 Malang. Determination of research subjects using techniques of purposive sampling. Data collection used a test in the form of a multiple-choice test with the appropriate material. Independent Sample t-test which is done with SPSS 25.0 For Windows to test the hypothesis of this study. Research shows that the learning model flipped classroom positive effect on the acquisition of sig. 0.000 < 0.05. In conclusion, the learning model flipped classroom can improve social studies learning outcomes of students.

ABSTRAK

Pengajar masih banyak yang menggunakan model tradisional dalam KBM, sedangkan siswa mudah merasa bosan yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Maka di perlukan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dan sesuai dengan perkembangan zaman, salah satunya yaitu model Flipped Classroom yang berisi kolaborasi model pembelajaran tradisional dan pemanfaatan media digital yang merupakah salah satu ciri model pembelajaran pada abad ke 21 dimana pembelajaran yang sudah menggunakan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian 30 siswa kelas VIII J (Eksperimen) dan 30 siswa kelas VIII I (Kontrol) di MTs Negeri 3 Malang. Penentuan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes berupa tes pilihan ganda dengan materi yang sesuai. Independent Sample t-test yang dilakukan dengan SPSS 25.0 For Windows menjadi uji hipotesis penelitian ini. Hasil Penelitian bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh positif dengan perolehan sig. 0,000 < 0,05. Kesimpulannya model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asfiati. (2016). Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum. Perdana Publishing.

Awidi, & Paynter. (2019). The impact of a flipped classroom approach on student learning experience. Computers & Education, 128, 269–283.

Bergmann, & Sams, A. (2011). Flipped Your Classroom. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8).

Deslaurier, Schelew, E., & Wieman, C. (2011). Improved Learning in a Large Enrollment Physics Class. Science 332.

Enfield. (2013). Looking at the impact of the flipped classroom model of instruction on undergraduate multimedia students at CSUN. TechTrends, 57(6), 14–27.

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. QUALITY, 8(1), 149. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503

Hanif, H. N. (2016). Perbandingan antara Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi (Eksperimen Kelas X SMK 1 Banyuduno. Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Raya.

Igirisa, N. (2017). Pengaruh Model Flipped Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.

Johnson, G. B. (2013). Student Preceptions of teh Flipped Classroom. The University of British Columbia.

Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Edumaspul, 6(1).

Munir, V. M., & Hamid, A. (2020). Penerapan Flipped Learning Dengan Media Video Pada Fiqih Kelas Xii Ipa 1 Di Ma Bahrul Ulum Blawi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(2). http://dx.doi.org/10.35931/aq.v14i2.347

Natalie, B. M. (2012). The Flipped classroom Strategy What is it and can it best be used? Junal Internasioanl, 9(3), 86.

Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. SIBUKU MEDIA.

Pratiwi, D. A., Kosilah, Asnawi, & Jahja, A. S. (2021). Konsep Dasar IPS by Drs. Abdul Manaf, M.Pd. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ramadhan, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Siskomdig Siswa Kelas X.

Ramadhani, R. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Konsep dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pres.

Sahara, R., & Sofyan, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(3).

Sih, N. D. S. (2019). Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sub Materi Metabolisme Sel. 7.

Sriwijayanti, R. P. (2015). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Membangun Budaya Demokrasi Dalam Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas XI MA Thoyyib Hasyim Kabupaten Probolinggo. PEDAGOGY, 2(2).

Sujdana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sujiranto. (2018). Model Pembelajaran Guru Abad 21. Mujahid Press.

Susanti. (2016). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar dengan Tema Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal JPPI.

Tampubolon, Y., Sitohang, T., & Siagian, B. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa-Siswi Kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. 6(3).

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. Inovasi Pendidikan, 7(1).

Yulhedri, H., & Kurniawati, T. (2019). Flipped Learning Berbasis Web Pada Pembelajaran di Universitas Negeri Padang. Jurnal Universitas Padang, 4(1).

Yurieti, L. A. F., & Mulyono. (2015). Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNS, 13(2).

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-12-29